Tips Menjalankan Ide Bisnis Rumahan yang Sesuai Kondisi Rumah

Tips Menjalankan Ide Bisnis Rumahan yang Sesuai Kondisi Rumah

Harga sewa lokasi yang melambung, ongkos transportasi yang meroket, ruwetnya kemacetan lalu-lintas, kesulitan menemukan SDM trampil, dan kebutuhan untuk selalu berada dekat dengan keluarga, akhirnya menimbulkan terbersitnya ide bisnis rumahan. Ide ini bisa diaplikasikan ke berbagai ragam komoditi dan jasa, yang jelas, ide bisnis ini memungkinkan efisiensi logistik secara signifikan dan memberi ruang leluasa lebih bagi optimalisasi produktivitas. 

Ide-Ide Bisnis Rumahan yang Potensial di 2019

Sejak awal 2018 hingga pertengahan 2019, terjadi gejala pergeseran minat dari gaya kerja kantoran menjadi entrepreneur ataupun investor yang berfokus pada bisnis rumahan seperti:

  1. Cuci motor
  2. Print foto & stiker
  3. Jasa pengetikan dan penerjemah
  4. Kedai Kopi
  5. Laundry
  6. Jasa jahit
  7. Pangkas Rambut
  8. Konter pulsa, paket internet, dan pembayaran online
  9. Trading Forex, Emas dan Saham
  10. dan masih banyak lagi.

Ide-ide bisnis modal kecil yang cocok dilakukan di rumah, serta relatif mudah direncanakan dan tidak membu, mudah direalisasikan, dan mudah dikelola, namun konsekuensinya persaingannya pun sangat ketat.

Kenyamanan Berbisnis di Rumah

Produktivitas bisa jadi lebih maksimal, dari bangun tidur sampai waktunya tidur lagi, pemilik bisnis bisa langsung menuangkan ide, memberi instruksi, mensupervisi produksi, dan mengecek pengiriman. Keleluasaan itu ditambah lagi dengan keluwesan aturan penampilan serta formalitas lainnya. Faktor yang paling menentukan adalah kesesuaian tata letak ruang rumah dengan aktivitas kinerja bisnis rumahan tersebut.

Misalnya, jika rumah kamu memiliki halaman yang rimbun, hijau, dan sejuk, maka ide bisnis rumahan warung makan dan pangkas rambut sangat cocok, karena suasana asrinya menambah nikmat pengalaman kuliner konsumen.

Namun, jika rumah memiliki ruang depan yang luas, maka ide bisnis rumahan yang cocok adalah toko kelontong dan toko barang bekas/antik. Sedangkan, jika rumah memiliki banyak kamar tak terpakai, maka ide bisnis rumahan yang cocok adalah jasa sewa kamar atau kos, dan seterusnya.

Tantangan & Risiko Mengelola Bisnis Rumahan

Namun di samping kenyamanan, pasti ada juga tantangan dan risiko dalam menjalankan bisnis rumahan, yaitu:

  1. Home Not So Sweet Home; siap-siap berbagi privacy dengan banyak orang serta konfliknya masing-masing. Cobalah belajar menikmati kebisingan dan iklas kehilangan ketenangan.
  2. Kerusakan bangunan lebih cepat akibat aktivitas bisnis, biaya maintenance membengkak.
  3. Jika harus pindah rumah, akan kerepotan mencari lokasi pengganti yang dekat, agar tidak kehilangan pelanggan.

Gimana? Sudah kepikiran? Jangan ditunda-tunda lagi, mulai aja dulu! Untuk bisnis jenis ini, dinamika naik-turunnya lebih terukur, terkontrol dan nggak terlalu bikin “jantungan”. Selain itu, kamu juga tidak memerlukan modal yang banyak. Potensinya juga stabil, asalkan tidak kehilangan semangat dan kecintaan!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait