Bisnis & Kerja Sampingan

Contoh Bisnis Plan untuk Membangun Kedai Kopi

Contoh Bisnis Plan untuk Membangun Kedai Kopi

Sebagian orang bercita-cita menjadi pegawai dengan penghasilan tetap dan jaminannya. Namun ada segelintir orang dengan jiwa bisnis tinggi yang passion-nya adalah menjadi seorang enterprenuer. Orang-orang seperti itu yang kemudian selalu penuh dengan contoh bisnis plan di kepalanya.

Berbisnis bagi sebagai orang adalah tindakan yang berisiko tinggi dan menakutkan. Betapa tidak, kamu mempertaruhkan sejumlah uang untuk proses produksi dan mengharapkan pengembalian modal dan keuntungan dari hasil penjualannya.

Kemungkinannya sebanding, sukses jika target pasarmu tertarik untuk membelinya atau malah rugi ketika rencana bisnismu tidak berjalan dengan baik. Keberanian berspekulasi inilah yang kerap kali tidak berani dihadapi orang meskipun potensi cuannya tinggi.

Itulah kemudian banyak yang bertahan dalam struktur organisasi kantoran dengan penghasilan tetap namun terbatas. Sebenarnya ketakutan tersebut bisa dienyahkan dengan membuat sebuah businnes plan yang matang. Sesuatu yang kerap luput di pemikira seorang pebisnis pemula.

Banyak yang menyangka jika ide bisnis unik dengan pasar pasar prospektif adalah bekal yang cukup digunakan untuk merintis usaha. Padahal ada banyak hal yang harus dilakukan dan disiapkan untuk terjun dalam rimba bisnis yang penuh persaingan. Contoh bisnis plan yang kemudian menuntun pelaksaan sehari-hari bisnis tersebut agar sesuai dengan tujuan.

Seorang pebisnis ulung tahu benar bagaimana memanfaatkan sumber daya manusia maupun lainnya untuk mendapatkan untung semaksimal mungkin. Misalkan saja membuat kemasan yang menarik untuk membedakan produk dari milik pesaing atau menggunakan strategi promosi yang jitu.

Pada dasarnya, sebuah bisnis plan adalah rencana usaha secara detail dan matang sebagai dasar eksekusinya. Data yang penting untuk masuk dalam rencana bisnis ini antara lain latar belakang, visi, misi, strategi pemasaran, bentuk produk, sampai data soal target market yang dituju. Semakin detail maka semakin baik untuk usaha yang kamu rintis.

Itulah kenapa bisnis plan suatu UMKM akan sangat berbeda dengan perusahaan multi nasional. Bahkan antara UMKM yang satu dengan lainnya bisa saja berbeda tergantung produknya.

Kedai Kopi, Tren Usaha dengan Contoh Bisnis Plan yang Harus Matang

Minum kopi sekarang bukan lagi menjadi kebiasaan pria setengah baya namun juga milenial. Bahkan lebih dari itu, bagi generasi ini minum kopi sudah menjadi bukti eksistensi yang tak terbantahkan. Kurang hits rasanya jika belum mencicipi kedai kopi terbaru sembari posting di sosial media.

Tren ini yang kemudian menjadi pemicu bertebarannya bisnis kedai kopi di berbagai kota. Membuka sebuah kedai kopi menjadi investasi menarik. Terbukti bisnis kedai kopi kekinian masih menjamur hingga ini. Ada yang membeli waralaba/franchise kedai kopi atau membangun kedai kopi dari nol.

Sebagian besar pelakunya adalah anak muda dengan modal yang biasanya terbatas. Sayangnya banyak pula bisnis kedai kopi yang kemudian kukut di tengah jalan karena tak mampu bersaing. Fakta ini sendiri tak menyurutkan banyak enterpreneur lainnya untuk ikut merintis usaha kopi kekinian.

Buat kamu yang ingin membangun bisnis kedai kopi, kamu harus membuat rencana bisnis yang matang kalau ingin terhindar dari kebangkrutan di tengah jalan. Kalau bingung cara bikinnya, ada banyak contoh bisnis plan di internet yang bisa kamu adaptasi. Tentunya kamu tidak bisa semata-mata menconteknya begitu saja karena beda bisnis beda pula rencananya.

Setelah memikirkan metode membangun kedai kopi, pikirkan soal bisnis plan/ proposal usaha. Dokumen penting ini dibuat tertulis secara formal berisi tujuan, visi, sarana operasi bisnis, serta metode dan time frame untuk mencapai tujuan. Kalau belum pernah membuatnya, ada beragam contoh bisnis plan yang bisa kamu manfaatkan seperti HubSpot, PandaDoc, LivePlan, dan lainnya.

Namun jika memutuskan ingin membuatnya secara manual juga bukan suatu masalah. Hal apa saja yang harus ditulis? Berikut ini contoh bisnis plan yang bisa kamu tiru dan terapkan untuk bisnismu.

1.  Abstraksi

Hal pertama yang harus ditulis dalam bisnis plan adalah abstraksi atau ringkasan. Abstraksi menjelaskan mengenai bisnis (dalam hal ini kedai kopi) secara singkat namun menarik perhatian. Uraikan soal idemu yang menjadi alasan kedai kopi rintisanmu adalah hal yang berbeda dibandingkan yang sudah ada.

Abstraksi menjadi identitas bisnismu dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Jika diniatkan untuk menarik investor, abstraksi ini harus bisa langsung memaparkan nilai jual bisnis yang ingin kamu mulai sehingga menarik minat investor untuk mendalami lebih jauh.

2.  Pendahuluan

Seperti membuat karya tulis, pendahuluan di lembar bisnis plan memuat latar belakang bisnis, nama bisnis, logo dan filosofinya, dan lokasi. Jelaskan pula visi dan tujuan bisnis. Kenalkan pula siapa saja di balik bisnis kedai kopi.

Misalnya, kamu membangun kedai kopi tak sekadar menjual segelas kopi berkualitas. Tetapi juga berikan kedai berkonsep artsy nan Instagramable, serta pelayanan berorientasi terhadap kepuasan klien. Era saat ini bukan hanya menuntut kualitas produk yang baik namun juga kemasan menarik maupun pelayanan yang prima.

3.  Strategi Marketing

Contoh membuat bisnis plan yang baik juga menguraikan strategi pemasaran. Persaingan bisnis itu sengit dan dunia usaha selalu bergerak cepat. Maka jelaskan secara gamblang strategi pemasaran. Seperti langkah apa saja untuk memasarkan kedai kopi, materi dan platform pemasaran, target market, hingga brand positioning.

Bagian strategi marketing ini cukup penting. Karena akan berguna saat kamu menawarkan bisnis kedai kopi kepada kepada calon investor, kolega bisnis, hingga kerjasama dengan vendor. Sejauh mana sebuah bisnis sukses menerapan strategi promosi menentukan kesuksesan omzetnya. Banyak produk bagus yang kalah bersaing hanya karena tak mampu menerapkan cara promosi terkini dan jitu.

4.  Sistem Produksi

Sistem produksi menerangkan bahan baku, asalnya dari mana, kualitas produk, proses produk, pengemasan, distribusi, dan hal-hal terkait produksi. Bagaimana berbagai faktor tersebut menetukan hasil produknya juga sebaiknya diuraikan.

Jika ada produk selain kopi, sebaiknya kamu jelaskan juga. Bisnis kedai kopi saat ini harus sanggup berinovasi dengan mampu menyediakan ragam varian minuman selain kopi. Pasalnya banyak orang yang ingin berkunjung ke kedai kopi namun tak mampu minum cairan sarat kafein ini.

5.  Keuangan

Tak ada contoh bisnis plan yang tidak memuat bagian keuangan. Mengingat ini hal penting dalam dunia bisnis. Bisnis tak akan berjalan lancar tanpa rencana keuangan yang baik.

Sehingga uraikan mengenai modal awal, biaya produksi dan marketing, proyeksi pendapatan dan pengeluaran, dan laba. Jangan abaikan hal lain di luar yang telah diuraikan di atas. Sebut saja sewa gedung, perawatan mesin, biaya listrik dan air, internet, sampai gaji karyawan.

Perincian ini membantu kamu berdisiplin soal keuangan. Biaya apapun yang keluar nantinya harus masuk dalam proyeksimu. Banyak bisnis yang gagal berkembang karena lalai memperkirakan biaya apa saja yang harus dikeluarkan dan ditanggung.

Rencana keuangan akan sangat berguna kalau kamu ingin menggaet investor. Pemodal akan tahu seberapa berpeluang bisnismu menghasilkan keuntungan dengan perencanaan keuangan yang kamu susun.

6.  Pengembangan dan Risiko

Dalam bagian ini, tulis proyeksi jika bisnis mencapai tujuan dan pengembangan yang akan dilakukan. Baik pengembangan produk, pertambahan kedai, atau membuka waralaba. Lalu tulis mengenai risiko bisnis.

Tentu, tak ada entrepreneur yang menginginkan bisnisnya hancur. Namun semua industri pasti ada risikonya. Tak terkecuali bisnis kedai kopi. Contoh bisnis plan mengajak kamu mempersiapkan exit strategy atau rencana kalau kedai kopi gulung tikar.

Dengan mengikuti contoh bisnis plan di atas, salah satunya untuk mengetahui progres bisnis dan rencana yang sudah terealisasi, maka kamu sudah selangkah lebih maju menjadi enterpreneur dalam bisnis kopi. Siap membangun kedai kopimu?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Artikel Terkait