Contoh Bisnis Plan untuk Membangun Kedai Kopi

Contoh Bisnis Plan untuk Membangun Kedai Kopi

Buat kamu yang ingin membangun bisnis kedai kopi, kamu harus membuat bisnis plan. Kalau bingung cara bikinnya, cari contoh bisnis plan di internet!

Membuka sebuah kedai kopi menjadi investasi menarik. Terbukti bisnis kedai kopi kekinian masih menjamur hingga ini. Ada yang membeli waralaba/franchise kedai kopi atau membangun kedai kopi dari nol.

Setelah memikirkan metode membangun kedai kopi, pikirkan soal bisnis plan/ proposal usaha. Dokumen penting ini dibuat tertulis secara formal berisi tujuan, visi, sarana operasi bisnis, serta metode dan time frame untuk mencapai tujuan.

Kalau belum pernah membuatnya, ada beragam contoh bisnis plan yang bisa kamu manfaatkan. Seperti HubSpot, PandaDoc, LivePlan, dan lainnya. Hal apa saja yang harus ditulis? Berikut ini contoh bisnis plan.

Abstraksi

Hal pertama yang harus ditulis dalam bisnis plan adalah abstraksi atau ringkasan. Abstraksi menjelaskan mengenai bisnis (dalam hal ini kedai kopi) secara singkat namun menarik perhatian.

Pendahuluan

Seperti membuat karya tulis, pendahuluan di lembar bisnis plan memuat latar belakang bisnis, nama bisnis, logo dan filosofinya, dan lokasi. Jelaskan pula visi dan tujuan bisnis. Kenalkan pula siapa saja di balik bisnis kedai kopi.

Misalnya, kamu membangun kedai kopi tak sekadar menjual segelas kopi berkualitas. Tetapi juga berikan kedai berkonsep artsy nan Instagramable, serta pelayanan berorientasi terhadap kepuasan klien.

Strategi Marketing

Contoh bisnis plan juga menguraikan strategi pemasaran. Persaingan bisnis itu sengit dan dunia usaha selalu bergerak cepat. Maka jelaskan secara gamblang strategi pemasaran. Seperti langkah apa saja untuk memasarkan kedai kopi, materi dan platform pemasaran, target market, hingga brand positioning.

Bagian strategi marketing ini cukup penting. Karena akan berguna saat kamu menawarkan bisnis kedai kopi kepada kepada calon investor, kolega bisnis, hingga kerjasama dengan vendor.

Sistem Produksi

Sistem produksi menerangkan bahan baku, asalnya dari mana, kualitas produk, proses produk, pengemasan, distribusi, dan hal-hal terkait produksi. Jika ada produk selain kopi, sebaiknya kamu jelaskan juga.

Keuangan

Tak ada contoh bisnis plan yang tidak memuat bagian keuangan. Mengingat ini hal penting dalam dunia bisnis. Bisnis tak akan berjalan lancar tanpa rencana keuangan yang baik. Sehingga uraikan mengenai modal awal, biaya produksi dan marketing, proyeksi pendapatan dan pengeluaran, dan laba.

Jangan abaikan hal lain di luar yang telah diuraikan di atas. Sebut saja sewa gedung, perawatan mesin, biaya listrik dan air, internet, sampai gaji karyawan. Perincian ini membantu kamu berdisiplin soal keuangan. Rencana keuangan akan sangat berguna kalau kamu ingin menggaet investor.

Pengembangan dan Risiko

Dalam bagian ini, tulis proyeksi jika bisnis mencapai tujuan dan pengembangan yang akan dilakukan. Baik pengembangan produk, pertambahan kedai, atau membuka waralaba. Lalu tulis mengenai risiko bisnis.

Tentu, tak ada entrepreneur yang menginginkan bisnisnya hancur. Namun semua industri pasti ada risikonya. Tak terkecuali bisnis kedai kopi. Contoh bisnis plan mengajak kamu mempersiapkan exit strategy atau rencana kalau kedai kopi gulung tikar. Dengan menuliskan bisnis plan, salah satunya untuk mengetahui progres bisnis dan rencana yang sudah terealisasi. Siap membangun sebuah bisnis kedai kopi?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait