Bisnis & Kerja Sampingan

Contoh Strategi Pemasaran Kedai Kopi yang Bisa Ditiru

Contoh Bisnis Plan untuk Membangun Kedai Kopi

Ajaib.co.id – Saat ini tren bisnis kedai kopi sedang banyak diminati. Banyak milenial yang hobi minum kopi membuat bisnis kopinya sendiri. Apalagi, bisnis ini memiliki peluang besar dan banyak dicari pelanggan, baik dari usia muda hingga orang tua. Namun, menjadi seorang entrepreneur di kedai kopi tidaklah mudah. Banyaknya pesaing membuat mereka harus memutar otak untuk bisa menang dari pasar. Oleh karena itu diperlukan rencana bisnis yang matang sekaligus strategi pemasaran yang tepat. Nah, bagi kamu yang juga ingin mengambil peluang bisnis ini, di bawah ini Ajaib akan memberikan contoh strategi pemasaran kedai kopi yang bisa kamu amati, tiru, dan juga modifikasi.

Kedai Kopi, Tren Usaha Milenial

Minum kopi sekarang bukan lagi menjadi kebiasaan pria setengah baya namun juga milenial. Bahkan lebih dari itu, bagi generasi ini minum kopi sudah menjadi bukti eksistensi yang tak terbantahkan. Kurang hits rasanya jika belum mencicipi kedai kopi terbaru sembari posting di sosial media.

Tren ini yang kemudian menjadi pemicu bertebarannya bisnis kedai kopi di berbagai kota. Membuka sebuah kedai kopi menjadi investasi menarik. Terbukti bisnis kedai kopi kekinian masih menjamur hingga ini. Ada yang membeli waralaba/franchise kedai kopi atau membangun kedai kopi dari nol.

Sebagian besar pelakunya adalah anak muda dengan modal yang biasanya terbatas. Sayangnya banyak pula bisnis kedai kopi yang kemudian kukut di tengah jalan karena tak mampu bersaing. Fakta ini sendiri tak menyurutkan banyak enterpreneur lainnya untuk ikut merintis usaha kopi kekinian.

Buat Business Plan Sebelum Membangun Kedai Kopi

Meski bisnis kedai kopi yang mau kamu buat hanyalah bisnis kecil-kecilan, kamu tetap harus membuat perencanaan bisnis yang matang agar terhindar dari kebangkrutan di tengah jalan. Kalau bingung cara bikinnya, ada banyak contoh bisnis plan di internet yang bisa kamu adaptasi. Tentunya kamu tidak bisa semata-mata menconteknya begitu saja karena beda bisnis beda pula rencananya.

Setelah memikirkan metode membangun kedai kopi, pikirkan soal bisnis plan/ proposal usaha. Dokumen penting ini dibuat tertulis secara formal berisi tujuan, visi, sarana operasi bisnis, serta metode dan time frame untuk mencapai tujuan. Kalau belum pernah membuatnya, ada beragam contoh bisnis plan yang bisa kamu manfaatkan seperti HubSpot, PandaDoc, LivePlan, dan lainnya.

Strategi Marketing, Salah Satu Komponen yang Harus Ada Dalam Business Plan

Ada beberapa komponen penting yang harus kamu tulis di dalam bisnis plan, salah satunya adalah strategi marketing. Kamu harus jelaskan secara gamblang strategi pemasaran. Seperti langkah apa saja untuk memasarkan kedai kopi, materi dan platform pemasaran, target market, hingga brand positioning.

Bagian strategi marketing ini cukup penting. Karena akan berguna saat kamu menawarkan bisnis kedai kopi kepada kepada calon investor, kolega bisnis, hingga kerjasama dengan vendor. Sejauh mana sebuah bisnis sukses menerapan strategi promosi menentukan kesuksesan omzetnya. Banyak produk bagus yang kalah bersaing hanya karena tak mampu menerapkan cara promosi terkini dan jitu.

Apa itu Strategi Marketing?

Strategi marketing atau pemasaran adalah sebuah strategi yang dirancang untuk mempromosikan barang atau jasa sehingga akan menghasilkan keuntungan. Di mana, strategi pemasaran yang baik bisa membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan terbaik merek, sekaligus memahami kebutuhan konsumen.

Contoh Strategi Pemasaran Kedai Kopi

Dengan membuat strategi pemasaran yang tepat, bukan hanya membantu promosi ke calon pelanggan, tapi juga bisa membantu usaha kedai kopi kamu mendapatkan penghasilan yang besar. Nah, di bawah ini adalah contoh strategi pemasaran yang bisa kamu tiru.

1. Utamakan Kualitas Produk

Sebelum kamu membuat strategi pemasaran, pastikan produkmu memiliki kualitas yang baik. Meskipun harga yang kamu tawarkan relatif lebih mahal dibanding pesaing, namun jika kopi kamu punya rasa yang lezat dan khas dan bisa menarik minat target pasar, maka tidak masalah.

2. Bisa Jadi Rumah Ketiga

Untuk menjawab keinginan pasar, cobalah ciptakan kedai kopi yang kamu buat sebagai “rumah ketiga” bagi semua orang yang berpergian dari rumah dan tempat kerja. Sehingga, kedai kopi kamu bukan hanya sekedar tempat untuk membeli secangkir kopi, melainkan sebuah tempat kumpul untuk bersosialisasi dan berdiskusi, terutama bagi pelajar dan profesional muda. Apalagi saat ini banyak milenial dan gen Z di kota besar yang menjadikan nongkrong di kedai kopi sebagai gaya hidup.

3. Kepuasan Pelanggan No.1

Ketika menjalankan usaha apapun, kepuasan pelanggan harus jadi hal utama. Kamu harus bisa memastikan pelanggan bisa menikmati pengalaman yang tidak terlupakan ketika datang mengunjungi kedai kopimu. Mulai dari pintu masuk ke dalam kedai kopi hingga tetes kopi terakhir.

4. Terus Berinovasi

Untuk menarik pelanggan dan membuat pelanggan loyal dengan kedai kopi kamu, maka janganlah melupakan inovasi. Buatlah ide kreatif dan inovatif dalam menambahkan pilihan produk atau jasa. Kamu bisa menambahkan rasa yang berbeda pada kopi, menambahkan menu makanan, dan juga bisa menyediakan fasilitas internet di kedai kopi.

5. Pemilihan Lokasi

Dalam memilih lokasi kedai, cobalah pilih area yang mudah ditemui di jalanan-jalanan kota. Jika target pasar kamu adalah anak gen Z, kamu bisa coba buka di dekat kampus-kampus. Atau jika targetmu adalah profesional muda, kamu bisa buka di dekat perkantoran.

6. Eksis di Media Sosial

Strategi marketing saat ini sudah wajib kamu lakukan. Di era digital seperti sekarang semua orang pasti memiliki social media. Selain itu, mereka juga mencari berbagai macam produk atau informasi juga melalui social media.

Jadi, pastikan kamu memiliki akun social media untuk memperkuat eksistensi di media digital. Pastikan kamu mempromosikan kedai kopi kamu dengan tepat. Misalnya dengan mengupload foto setiap ruangan unik di kedai kopi kamu. Selain itu, untuk menarik pelanggan untuk mencoba produk kedai kopimu, maka kamu juga bisa memberikan giveaway dengan hadiah voucher kopi atau diskon potongan harga.

7. Buat Promo Spesial di Momen Tertentu

Untuk meramaikan hari terterntu, kamu bisa coba membuat produk baru atau promo diskon. Misalnya, di hari valentine kamu bisa membuat cup kopi berwarna pink dan memberikan promo buy 1 get 1 khusus pasangan. Sehingga, konsumen tertarik untuk datang ke Kedai Kopi kamu.

Itulah beberapa hal terkait strategi marketing dan contoh strategi pemasaran kedai kopi yang bisa kamu tiru sebagai salah satu pelaku bisnis. Dengan strategi yang tepat, maka kamu bisa dengan mudah memasarkan bisnsi sekaligus meningkatkan pendapatan bisnis.

Artikel Terkait