Bisnis Franchise Kopi Kekinian, Peluang Bermodal Kecil

bisnis franchise
bisnis franchise

Bisnis franchise adalah salah satu konsep usaha yang dianggap paling aman bagi pemula. Brand yang sudah dikenal dan sudah memiliki pangsa pasarnya sendiri merupakan keunggulan utamanya. Pemilik usaha tak perlu biaya untuk riset dan menciptakan produk yang bakal disukai pasar. Selain itu, biaya promosi yang dikeluarkan juga lebih kecil jika membuka bisnis waralaba.

Salah satu bisnis franchise yang kini sedang naik daun adalah kopi kekinian. Kopi dan berbagai variannya kini digandrungi milenial sehingga peluang bisnis masih terbuka lebar. Bisnis kopi sekarang juga tak perlu kedai luas sejak ada layanan antar dari Gojek dan Grab. Melansir dari CNNindonesia.com, penambahan order franchise dari online mencapai 15%.

Kalau selama ini hanya sekedar jadi pecinta kopi, kenapa tidak menjajal bisnis waralaba ini. Hampir semua orang saat ini doyan ngopi didukung dengan variasi kopi yang sangat beragam sehingga lebih ramah di lidah. Bisnis waralaba kopi dipercaya masih akan tumbuh secara siginifikan. Tercatat selama 2018, omzet waralaba mencapai Rp150 triliun. Selain itu, Indonesia juga masih membutuhkan sekitar 4 juta pengusaha baru untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Ada sejumlah merk kopi yang membuka franchise dengan sistem kemitraan. Brand tersebut sudah terbukti sukses dan disukai masyarakat. Modal yang dibutuhkan juga relatif kecil, ada yang mulai dari Rp5 juta saja.

Kopi Kulo

Waralaba ini sekarang merupakan salah satu brand terfavorit di kalangan anak muda. Produk dengan konsep booth ini tersedia dari rentang harga Rp12.000 sampai Rp30.000. Menu andalannya adalah espresso yang dikombinasikan dengan buah alpukat dan es krim vanila.

Kamu membutukan uang sebesar Rp125 juta jika berminat menjadi mitra franchise ini. Dana tersebut akan memberikan hak merk, bahan baku, dan booth jualan yang menjadi ciri khasnnya. Saat ini paling tidak sudah ada 300 booth yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Kopi Janji Jiwa

Nama besar merk kopi kekinian lainnya adalah Janji Jiwa. Terkenal dengan kopi susu plus gula arennya, merk ini berhasil jadi favorit milenial. Konsep promosi waralaba ini juga sangat memahami pasar anak muda. Mulai dari slogan ‘kopi dari hati’ sampai penyebutan #temansejiwa untuk konsumennya.

Belum ada informasi jelas berapa dana yang harus dikeluarkan untuk membuka franchise ini. Namun dengan konsep kedai kopi, rasanya kamu perlu merogoh kocek lebih dalam. Namun sudah ada 500 outlet saat ini yang membuktikan jika membuka franchise Janji Jiwa sangat menjanjikan.

Nyopee

Nyopee memang belum sebesar 2 brand waralaba sebelumnya namun prospeknya cukup menjanjikan. Apalagi modal yang harus dikeluarkan jika ingin menjadi mitra sangat terjangkau. Kamu bisa memilih berbaai paket kemitraan mulai dari Rp10 juta.

Tersedia 3 paket yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Selain itu, ada sejumlah promo yang bisa kamu manfaatkan agar modalnya lebih murah. Sebelumnya ada promo kemitraan mulai dari Rp5 juta. Konsepnya berupa booth dengan andalan kopi susu klasik yang nikmat.

Model usaha waralaba memang terkesan lebih gampang dan jaminan sukses. Namun sebenarnya pemilik modal harus paham benar akan target pasar. Dengan menjamurnya kedai kopi kekinian, ada kemungkinan sulit mendapatkan pembeli jika salah langkah. Lakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum membuka bisnis kopimu. 

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2.Alih Bahasa: Bob Sabran, (2012).Erlangga.Jakarta


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait