Perlu Ide Bisnis Rumahan Menguntungkan? Coba Jualan Gas Elpiji

Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan? Coba Berjualan Gas Elpiji

Tren bekerja di rumah sekarang berkembang pesat dengan berbagai alasan. Mulai dari bekerja secara remote, freelance, membuka usaha atau bekerja secara online. Karena itu banyak orang berusaha mencari ide bisnis rumahan yang menarik sekaligus menguntungkan.

Perubahan tren ini bukannya tidak beralasan. Bekerja di rumah dianggap kesempatan untuk memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga. Berbeda dengan bekerja kantoran di mana waktu kita habis untuk membuat prestasi atau bahkan menembus kemacetan kota kala berangkat atau pulang kantor.

Dengan berbisnis di rumah, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk menggunakan waktu tersebut untuk hal lain yang lebih penting. Misalnya quality time bersama keluarga atau membaca untuk menambah wawasan.

Terlebih lagi bagi perempuan yang setelah berumah tangga dan punya anak selalu dihadapkan dengan dilema bekerja atau menjadi ibu rumah tangga. Dengan memiliki ide usaha rumahan potensial, dilema itu tidak akan terjadi lagi. Jika pun sibuk, tetap saja para ibu ini tetap bisa untuk mencuri waktu sekejap untuk mengurus keluarga.

Karena itulah bekerja di rumah kerap di jadikan pilihan bekerja oleh orang yang sudah lelah bekerja kantoran. Usaha sampingan yang kini sedang banyak diminati antara lain desain grafis, bisnis online, membuat jasa admin media sosial dan konten kreator.

Namun sebenarnya usaha tradisional konvensional seperti usaha laundry, les privat, toko kelontong dan katering tetap punya peluang bisnis tersendiri. Bahkan memulai usaha sederhana ini relatif lebih gampang bagi sebagian orang. Sistemnya mudah dipahami dan pangsa pasarnya masih sangat terbuka lebar.

Namun dengan ketatnya persaingan usaha sekarang ada baiknya mencari produk yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu ide bisnis rumahan yang tak pernah lekang oleh zaman ialah berjualan kebutuhan bahan pokok.

Sembako selalu menjadi pilihan yang baik meskipun untungnya dinilai tidak terlalu besar. Hanya saja jumlah transaksi per harinya bisa sangat tinggi sehingga keuntungan yang bisa diraup juga cukup besar. Hasilnya cukup menjanjikan untuk dijadikan salah satu sumber pendapatan utama.

Jualan Gas Elpiji, Ide Bisnis Rumahan yang Potensial dan Mudah

Banyak dari masyarakat yang sudah jenuh bekerja di kantoran, akhirnya lebih memilih berbisnis atau berjualan. Namun, tak sedikit yang bingung memilih jenis bisnis itu sendiri, lantaran terkendala modal atau tempat.

Jika kamu memang ingin berbisnis, kenapa tidak coba menjual sesuatu yang dibutuhkan masyarakat. Jika sebelumnya kita tahu bahwa ada sembilan bahan pokok yang kebutuhannya sangat tinggi di masayarakat maka kini ada satu item lagi yang harus ditambahkan.

Kebutuhan itu ialah tabung gas elpiji baik itu yang 3 kg, 5 kg, atau 12 kg. Ya,dengan sudah beralihnya masyarakat Indonesia menggunakan bahan bakar gas hampir secara menyeluruh maka gas elpiji adalah kebutuhan utama yang nyaris tak terelakkan.

Gas elpiji pastinya banyak dicari setiap harinya, khususnya ibu rumah tangga untuk keperluan memasak. Nah, berkaca dari kondisi tersebut disinilah kamu bisa berpeluang membuka bisnis.

#Cara Memulai Bisnis Gas Elpiji

Distribusi gas elpiji sepenuhnya dipegang oleh pemerintah. Namun masyarakat bisa ikut berpartisipasi dan menjadikannya usaha dengan menjadi agen penjual elpiji.

Sebelum kamu memulai berbisnis gas elpiji, ada hal yang perlu diketahui yakni memilih menjadi sebagai agen atau pengecer. Lalu apa bedanya agen dan pengecer? Ada perbedaan yang cukup signifikan selain dari modal yang harus kamu keluarkan.

Untuk menjadi agen penjual gas elpiji kamu harus mendaftarakan diri secara resmi ke Pertamina. Ada formulir yang harus diisi antara lain data soal nama CV atau PT, legalisasi usaha, alamat gudang, NPWP surat rekomendasi perangkat setempat dan rencana wilayah penjualan.

Bagi kamu yang baru pertama kali mengajukan izin dengan agen distributor elpiji biasanya diharuskan sanggup membeli elpiji dalam jumlah besar berkisar 1.000 tabung. Nantinya lokasi usahamu ini akan menjadi pangkalan gas elpiji dan kemudian mendapatkan distributor rutin dari Pertamina.

Menjadi agen penjual tentu memerlukan modal yang cukup besar. Karena secara penjualan dan pembeliannya dalam skala yang besar, namun keuntungan yang didapat juga besar.

Sementara buat kamu yang memiliki modal terbatas, bisa memilih menjadi pengecer. Biasanya penjual eceran ini ditemukan berupa warung kelontong di tenah kompleks atau pedesaan. Namun hanya sekedar fokus berjualan elpiji saja tanpa sembako juga bukan pilihan buruk.

Cara ini jauh lebih mudah dan gampang dilakukan oleh siapapun. Tidak dibutuhkan izin khusus atau administrasi yang harus dipenuhi. Kamu hanya perlu mengeluarkan modal awal untuk membeli sejumlah gas epiji yang akan dijual kembali. Dalam rantai distribusi pemerintah memang tidak ada posisi untuk pengecer gas elpiji.

Namun sebenarnya para pengecer inilah yang banyak menyalurkan langsung gas kepada masyarakat pengguna. Pengecer juga biasanya bisa mendapatkan pasokan gas dari agen atau pangkalan secara rutin dan bisa dijual kembali untuk mendapatakan keuntungan.

Baik agen maupun pengecer, sama-sama menguntungkan dan bisnis ini. Bisa dikatakan pelaku ide bisnis rumahan ini jarang sekali mengalami kerugian. Memang pemerintah sudah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) namun faktanya kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan harga penjualan dengan selisih satu atau dua ribu.

Bahkan tak jarang keuntungan yang didapat bisa lebih tinggi lagi di masa ramai seperti menjelang Lebaran atau Natal. Maka dari itu, berjualan tabung gas elpiji ini tepat untuk kamu, yang bingung mencari bisnis yang cocok untuk di rumah.

#Keuntungan Berbisnis Gas Elpiji

Mungkin kamu sudah banyak melihat banyak sekali yang berjualan gas elpiji, mulai dari warung, toko, rumah tangga, dan sebagainya. Alasannya tak lain karena bisnis ini sangat praktis dan menjanjikan keuntungan yang besar. Tanpa perlu direpotkan dengan memikirkan proses pemasarannya. Masih ada keuntungan lain yang didapat dari berjualan gas elpiji.

  • Banyak Dibutuhkan Orang

Menjual gas elpiji terutama ukuran 3 kg akan selalu dibutuhkan dan dicari orang. Terlebih jika terjadi kelangkaan akibat pasokan yang kurang dari pertamina. Apalagi ketika harga tiba-tiba saja melonjak, keuntungan pun jadi ikut bertambah naik.

Belum lagi gas elpiji 3 kg ini juga dibutuhkan untuk pelaku bisnis kecil atau UKM selain kebutuhan rutin rumah tangga. Seperti pedagang bakso, siomay, dan usaha kecil lainnya. Tingginya kebutuhan ini jelas merupakan peluang bisnis yang wajib kamu manfaatkan.

  • Modal Sesuai Budget

Ketika menjadi agen elpiji atau membuka pangkalan gas memang membutuhkan modal yang relatif besar. Namun tidak demikian dengan menjadi pengecer gas elpiji. Pasalnya, kamu bisa menyediakan stok dengan jumlah kuota yang terbatas.

Modal untuk memulai bisnis ini pun bisa disesuaikan dengan kantong kamu. Di pasaran, tabung gas elpiji 3 kg beserta isinya dijual sekitar Rp150 ribu sehingga kamu bisa membeli lima tabung terlebih dahulu sebagai modalnya.

Untuk tahap pertama, sekaligus untuk tes pasar seberapa banyak elpiji yang perlu kamu sediakan. Misalnya stok awal yang kamu sediakan itu ludes dalam sekejap maka ada baiknya menambah jumlah gas yang kamu sediakan di waktu berikutnya. Makin banyak yang bisa dijual, semakin besar untungnya.

  • Harga Stabil

Keunggulan lain dari berjualan gas elpiji ini adalah harganya yang relatif stabil. Modal yang harus kamu keluarkan untuk kulakan besarnya akan selalu sama tak peduli waktunya. Meski demikian, harga jualnya bisa meningkat karena sejumlah faktor.

Hal ini tentunya memberikan kesempatan bagimu untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak dari selisih harga beli dan harga jual kembali. Bahkan jika mengalami kelangkaan harganya bisa melambung. Selain itu kenaikan harga biasanya terjadi pada saat bulan Ramadan.

#Resiko Bisnis Berjualan Gas Elpiji

Usaha rumahan berjualan gas elpiji memang relatif minim risiko dari segi keuangan. Namun tetap saja ada resiko yang harus dipertimbangkan. Misalkan saja ketika tabung gas yang kamu beli mengalami kebocoran kecil akibat proses distribusi yang kurang baik.

Tentu saja ini akan merugikanmu karena tabung gas yang sudah dibeli dari pangkalang tidak bisa ditukar. Karena itu teliti dengan benar ketika membeli tabung gas yang akan kamu jual lagi agar tabungnya tetap dalam kondisi baik dan takarannya sesuai.

Selain itu, hal tersebut juga tentunya beresiko untuk keamananmu dan keluarga. Meskipun tabung gas elpiji sudah dijami aman oleh pemerintah namun keselahan penyimpanan dan cacat produk tentunya bisa menyebabkan hal buruk salah satunya ledakan.

Sebelum memulai berjualan, pastikan kamu menempatkan elpiji di tempat terpisah dari dapur dan jangkauan anak-anak. Sebaiknya hindarkan tabung gas dari cahaya matahari langsung untuk menjaga kondisinya. Selain itu, kebanyakan konsumen saat membeli juga mempertimbangkan kondisi fisik tabung gasnya.

Jika kamu terlalu sering menjual tabung gas yang banyak karatnya atau penyok maka konsumen bisa saja enggan membeli kembali. Mereka bisa saja kemudian beralih ke pengecer lainnya dan kamu kehilangan keuntungan yang seharusnya bisa didapatkan.

Kemudian cari supplier yang lokasinya dekat dengan tempat usaha kamu. Dengan demikian, kamu tak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang atau usaha setiap kali akan menyetok daganganmu. Jika perlu, carilah agen maupun pangkalan gas yang menyediakan layanan antar.

Saat ini banyak agen gas elpiji yang menyediakan pengantaran tanpa tambahan biaya sama sekali. Dengan demikian, kamu bisa tetap untung tanpa harus repot-repot.

Mewujudkan ide bisnis rumahan adalah salah satu alternatif untuk menambah penghasilan. Dengan semakin tingginya kebutuhan hidup, kita memang harus jeli untuk menambah sumber pendapatan. Terlebih lagi ada banyak biaya di masa depan yang harus dipenuhi selain juga kebutuhan sehari-hari.

Jika sudah mendapatkan penghasilan yang memadai dari bisnis sampinganmu, jangan lupa mengalokasikan dana yang dimiliki dengan tepat. Sejumlah pos yang harus diisi seperti asuransi kesehatan, tabungan dan dana darurat. Jadikan hasil usaha rumahan yang sukses ini kesempatan untuk meningkatkan keamanan finansial termasuk dengan berinvestasi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait