Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan? Coba Berjualan Gas Elpiji

Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan? Coba Berjualan Gas Elpiji

Banyak dari masyarakat yang sudah jenuh bekerja di kantoran, akhirnya lebih memilih berbisnis atau berjualan. Namun, tak sedikit yang bingung memilih jenis bisnis itu sendiri, lantaran terkendala modal atau tempat. Jika kamu memang ingin berbisnis, kenapa tidak coba menjual sesuatu yang dibutuhkan masyarakat.

Misalnya saja tabung gas elpiji, baik itu yang 3 kg, 5 kg, atau 12 kg. Gas elpiji pastinya banyak dicari setiap harinya, khususnya ibu rumah tangga untuk keperluan memasak. Nah, berkaca dari kondisi tersebut disinilah kamu bisa berpeluang membuka bisnis.

Cara Memulai Bisnis Gas Elpiji

Sebelum kamu memulai berbisnis gas elpiji, ada hal yang perlu diketahui yakni memilih menjadi sebagai agen atau pengecer. Lalu apa bedanya agen dan pengecer? Perbedaannya hanya pada modal yang disediakan.

Menjadi agen penjual tentu memerlukan modal yang cukup besar. Karena secara penjualan dan pembeliannya dalam skala yang besar, namun keuntungan yang didapat juga besar. Sementara buat kamu yang memiliki modal terbatas, bisa memilih menjadi pengecer.

Baik agen maupun pengecer, sama-sama menguntungkan dan bisnis ini. Bisa dikatakan jarang sekali mengalami kerugian. Maka dari itu, berjualan tabung gas elpiji ini tepat untuk kamu, yang bingung mencari bisnis yang cocok untuk di rumah.

Untuk kamu yang ingin menjadi pengecer, tidak harus memiliki izin usaha sendiri seperti agen. Karena disini kamu hanya akan menjual gas elpiji dengan kuota yang terbatas. Jadi, sebaiknya kamu membuka usaha yang juga menjual kebutuhan sehari-hari seperti sembako, tidak hanya dari saja.

Sedangkan untuk agen ada persyaratan yang harus dipenuhi, seperti punya badan hukum PT atau CV, izin dari pemerintah setempat, legalitas usaha (SIUP, TDP, dsb) dan beberapa syarat lainnya.

Keuntungan Berbisnis Gas Elpiji

Mungkin kamu sudah banyak melihat banyak sekali yang berjualan gas elpiji, mulai dari warung, toko, rumah tangga, dan sebagainya. Alasannya tak lain karena bisnis ini sangat praktis dan menjanjikan keuntungan yang besar. Tanpa perlu direpotkan dengan memikirkan proses pemasarannya. Masih ada keuntungan lain yang didapat dari berjualan gas elpiji.

  • Banyak Dibutuhkan Orang

Menjual gas elpiji terutama ukuran 3 kg akan selalu dibutuhkan dan dicari orang. Terlebih jika terjadi kelangkaan akibat pasokan yang kurang dari pertamina. Apalagi ketika harga tiba-tiba saja melonjak, keuntungan pun jadi ikut bertambah naik.

Belum lagi gas elpiji 3 kg ini juga dibutuhkan untuk pelaku bisnis kecil atau UKM. Seperti pedagang bakso, siomay, dan usaha kecil lainnya.

  • Modal Sesuai Budget

Modal untuk memulai bisnis ini pun bisa disesuaikan dengan kantong kamu. Di pasaran, tabung gas elpiji 3 kg beserta isinya dijual sekitar Rp150 ribu sehingga kamu bisa membeli lima tabung terlebih dahulu sebagai modalnya. Makin banyak yang bisa dijual, semakin besar untungnya.

  • Harga Stabil

Keunggulan lain dari berjualan gas elpiji ini adalah harganya yang relatif stabil. Bahkan jika mengalami kelangkaan harganya bisa melambung. Selain itu kenaikan harga biasanya terjadi pada saat bulan Ramadan. Sebelum memulai berjualan, pastikan kamu menempatkan elpiji di tempat terpisah dari dapur dan jangkauan anak-anak. Kemudian cari supplier yang lokasinya dekat dengan tempat usaha kamu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait