Ide Usaha Rumahan yang Bisa Dijalankan Ibu Rumah Tangga

Ide Usaha Rumahan
Ide Usaha Rumahan

Tinggal di rumah dan sepenuhnya merawat buah hati kini adalah sebuah kemewahan yang tidak terjangkau bagi kebanyakan ibu. Ada banyak wanita karier yang terpaksa meninggalkan anaknya dalam asuhan nanny atau keluarga karena harus bekerja. Banyak pula wanita yang dilema ingin resign ketika cuti melahirkannya habis.

Bukannya ingin meninggalkan anak tapi mereka memang harus bekerja agar bisa memenuhi kebutuhan ekonomi. Terlebih lagi kini biaya kebutuhan anak mulai dari popok sampai pendidikan semakin tinggi. Sebenarnya kebanyakan wanita ingin menjadi stay at home mom alias ibu rumah tangga namun tetap memiliki penghasilan sendiri.

Memiliki penghasilan sendiri merupakan tanda kemandirian sebagai wanita sekaligus untuk membiayai berbagai kebutuhan. Hal ini sebenarnya bukan mustahil dengan berbagai ide usaha rumahan yang bisa dicoba. Sejumlah ide yang dikutip dari fitsmallbusiness.com jika ditekuni bahkan bisa menghasilkan lebih banyak uang daripada gaji mom sebelumnya loh.

1.   Bisnis fotografi

Kalau mom selama ini punya skill fotografi yang oke dan instagramable maka bisa membuka usaha fotografi. Fokuslah pada jasa foto yang berkaitan dengan anak-anak seperti newborn photography sampai acara ulang tahun anak. Mom bisa mulai membangun portofolio dengan postingan buah hati di instagram yang lucu dan imut-imut.

Tawarkan usaha ini ke kenalan dan kerabat di lingkungan sekitar. Berikan jasa photo session di rumah agar mudah bagi orang tua dan nyaman bagi anak. Bisa pula menawarkan jasa photo birth session yang lebih privat yang masih jarang ditemukan di Indonesia ini.

2.   MLM

Multi level marketing alias MLM tidak selalu buruk jika bisa memilih bisnis yang tepercaya. Carikan bisnis MLM dengan modal penjualan produk dan pembagian komisi yang jelas dan terbuka. Pilihlah MLM dengan produk fashion, kecantikan, dan peralatan rumah tangga yang menyasar konsumen wanita pula.

Berbagai MLM yang terbukti menguntungkan di Indonesia seperti Tupperware dan Sophie Martin. Biasanya bisnis ini memberikan keuntungan berupa diskon retail, komisi, atau bonus penjualannya. Berhati-hatilah agar tidak terjerat MLM bodong yang menawarkan keuntungan tidak masuk akal.

3.   Makanan dan barang handmade

Masyarakat kini semakin menggemari produk yang dibuat secara handmade atau natural. Cara ini bisa dimanfaatkan oleh stay at home yang gemar memasak atau pandai membuat kerajinan. Sejumlah produk bisa dijual seperti selai buah buatan sendiri atau sabun natural.

Kalau masih ragu akan kualitasnya, bisa memberiksan sample ke keluarga besar atau teman dekat. Minta mereka memberikan kritis dan saran jika dirasa kurang memuaskan. Jika memuaskan, minta tolong mereka untuk mempromosikan di akun sosial medianya untuk meraih konsumen yang lebih luas.

4.   Gift shop

Semua orang punya dan dan koneksi yang harus diberikan hadiah. Namun tak banyak yang punya waktu memikirkan dan mempertimbangkan hadiah apa yang akan diberikan. Kenapa tidak memanfaatkan peluang ini dengan membuka gift shop? Tawarkan jasa konsultasi, jasa membelikan dan mengirimkan beserta pesan pribadi untuk berbagai even.

Berbagai barang yang bisa dijadikan pilihan seperti bunga, coklat, perlengkapan bayi atau hadiah pernikahan. Mom bisa memanfaatkan jasa kirim ojek online untuk menjangkau lokasi yang jauh. Bukan tidak mungkin ide usaha rumahan ini bisa berkembang menjadi bisnis besar beberapa tahun mendatang.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait