Perencanaan Keuangan

6 Cara Jitu Mengelola Keuangan Lebih Baik untuk Masa Depan

mengelola keuangan

Menjadi baik dengan uang adalah lebih dari sekedar memenuhi kebutuhan. Jangan khawatir bahwa kamu bukan jagoan matematika; keterampilan matematika yang hebat tidak benar-benar diperlukan. Kamu hanya perlu tahu penambahan dan pengurangan dasar dalam mengelola keuangan.

Hidup jauh lebih mudah ketika kamu memiliki keterampilan keuangan yang baik. Bagaimana kamu menghabiskan uang kamu memengaruhi skor kredit kamu dan jumlah utang yang akhirnya kamu tanggung.

Jika kamu berjuang dengan mengelola keuangan, misalnya, kamu hidup dari gaji ke gaji meskipun menghasilkan lebih dari cukup uang, berikut adalah beberapa kiat untuk meningkatkan kebiasaan mengelola keuangan kamu

Memiliki Anggaran

Banyak orang tidak memiliki anggaran karena mereka tidak ingin melalui apa yang mereka pikir akan menjadi proses yang membosankan dalam mencatat pengeluaran, menambah jumlah, dan memastikan semuanya berbaris dan tercatat.

Jika kamu payah  soal uang, kamu tidak memiliki ruang untuk alasan penganggaran. Namun yang diperlukan untuk membuat pengeluaran adalah beberapa jam untuk mengerjakan anggaran setiap bulan, mengapa kamu tidak melakukannya? Alih-alih berfokus pada proses menciptakan anggaran, fokuslah pada nilai yang akan diberikan penganggaran dalam hidup kamu.

Berikan Batas pada Diri kamu untuk Pengeluaran yang Tidak Dicairkan

Bagian penting dari penganggaran adalah pendapatan bersih atau jumlah uang yang tersisa setelah kamu mengurangi pengeluaran kamu dari penghasilan kamu.

Jika kamu memiliki sisa uang, kamu dapat menggunakannya untuk bersenang-senang dan hiburan, tetapi hanya sampai jumlah tertentu. Kamu tidak bisa gila-gilaan dengan uang ini, terutama jika tidak banyak yang tersisa dalam sebulan penuh.

Sebelum kamu melakukan pembelian besar, pastikan itu tidak akan mengganggu apa pun yang kamu rencanakan.

Jangan Berkomitmen pada Tagihan Bulanan Berulang Baru

Hanya karena penghasilan dan kredit kamu memenuhi syarat untuk pinjaman tertentu, bukan berarti kamu harus menerimanya. Banyak orang secara naif berpikir bank tidak akan menyetujui untuk pembuatan kartu kredit atau pinjaman yang tidak mampu mereka bayar.

Bank hanya mengetahui penghasilan kamu, seperti yang kamu laporkan, dan kewajiban utang termasuk dalam laporan kredit kamu, bukan kewajiban lain yang dapat mencegah kamu melakukan pembayaran tepat waktu.

Terserah kamu untuk memutuskan apakah pembayaran bulanan terjangkau berdasarkan penghasilan kamu dan kewajiban bulanan lainnya. Namun hindari dari komitmen tagihan bulanan yang akan merugikanmu ke depannya.

Hemat untuk Pembelian Besar

Kemampuan untuk menunda kepuasan akan membantu kamu menjadi lebih baik dengan uang. Ketika kamu menunda pembelian dalam jumlah besar, daripada mengorbankan hal-hal yang lebih penting, berilah diri kamu waktu untuk mengevaluasi apakah pembelian itu perlu.

Selain itu, kamu lebih banyak waktu untuk membandingkan harga dengan yang lainnya. Dengan menabung daripada menggunakan kredit, kamu menghindari membayar bunga atas pembelian.

Di luar itu, jika kamu menyimpan daripada melewatkan tagihan atau kewajiban, kamu tidak perlu berurusan dengan banyak konsekuensi dari kehilangan tagihan tersebut.

Berkontribusi pada Penghematan Secara teratur

Menyetorkan uang ke rekening tabungan setiap bulan dapat membantu kamu membangun kebiasaan keuangan yang sehat. Kamu bahkan dapat mengaturnya, sehingga uang secara otomatis ditransfer dari rekening giro kamu ke rekening tabungan kamu. Dengan begitu, kamu tidak harus ingat untuk melakukan transfer.

Menjadi Baik Dengan Uang Membutuhkan Praktek

Pada awalnya, kamu mungkin tidak terbiasa merencanakan ke depan dan menunda pembelian sampai kamu mampu membelinya. Semakin kamu menjadikan ini sebuah kebiasaan dan bagian dari kehidupan sehari-hari kamu, semakin mudah mengelola uang kamu, dan semakin baik keuangan kamu.

Bacaan menarik lainnya:

Yeske, D .(2010).Finding the planning in financial planning. Journal of Financial Planning, vol.23, no.9, pp40-51.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait