5 Alasan Pentingnya Membuat Penganggaran untuk Keuanganmu

membuat penganggaran
membuat penganggaran

Alasan-alasan ini bakal bikin kamu semakin yakin untuk segera membuat penganggaran. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Perencanaan anggaran adalah salah satu kunci terbesar untuk mengelola keuang kamu. Banyak orang sering dikecewakan oleh anggaran dengan jangka yang sederhana. Mereka mengaitkannya dengan pembatasan, banyak kerumitan, dan pusing sendiri.

Mereka mungkin merasa masih terlalu miskin untuk membuat anggaran uang atau memiliki alasan penganggaran lainnya. Namun, penganggaran dapat menghemat uang kamu, dan memungkinkan kamu memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan dengan membantu memaksimalkan pengelolaan uang kamu.

Gaya penganggaran kamu dapat menentukan seberapa sukses kamu dalam membuat penganggaran.

Berikut adalah lima hal yang akan membantu kamu melihat penganggaran dengan cara baru. Kamu mungkin juga ingin meninjau alasan ini untuk mulai membuat penganggaran.

Menghentikan Pengeluaran Berlebihan

Kebanyakan orang yang tidak memiliki anggaran berakhir dengan pengeluaran yang berlebihan setiap bulan. Jika kamu khawatir akan membatasi pengeluaran kamu, pertimbangkan bagaimana rasanya jika sebagian besar gaji kamu diterapkan pada pembayaran kartu kredit atau utang. Membuat anggaran yang baik, membantu kamu menentukan kapan harus berhenti belanja dan kapan kamu harus membayar kewajiban bayar.

Membantu Mencapai Tujuan

Anggaran adalah rencana yang membantu kamu memprioritaskan pengeluaran kamu. Dengan anggaran, kamu dapat bergerak untuk memfokuskan uang kamu pada hal-hal yang paling penting bagi kamu. Mungkin keluar dari utang, menabung untuk rumah atau bekerja untuk memulai bisnis kamu sendiri. Anggaran membuat rencana dan memungkinkan kamu melacaknya untuk memastikan kamu mencapai tujuan kamu.

Dapat Menghemat Uang

Orang yang tidak memiliki anggaran cenderung menabung lebih sedikit daripada orang yang melakukannya. Itu karena ketika kamu menganggarkan uangmu, kamu secara otomatis mengetahui jadwal penting pembayaran kewajiban dan pembayaran utang. Ini memungkinkan kamu untuk memasukkan uang ke rekening tabungan atau investasi setiap bulan. Anggaran dapat membantu kamu berhenti mengeluarkan uang dari  tabungan kamu setiap bulan. Ketika kamu melakukan ini, kamu akan mulai membangun kekayaan. Ini akan memberi kamu kebebasan finansial sejati di masa depan.

Membantu Kamu Berhenti Khawatir

Kebanyakan orang tidak menyukai pembatasan yang dimiliki anggaran. Namun, kamu memutuskan berapa banyak yang kamu belanjakan di setiap kategori. Jadi, jika kamu ingin menaruh sebagian besar uang kamu untuk kegiatan rekreasi kamu, selama kamu menabung dan memenuhi kebutuhan yang lain, kamu seharusnya tidak merasa bersalah tentang hal itu. Namun, begitu kamu menetapkan batasan, kamu harus tetap menggunakannya. Jika kamu tidak melakukan itu, kamu mungkin memiliki kelemahan penganggaran yang perlu kamu atasi. Penganggaran bukan tentang membatasi kesenangan dalam hidup kamu, tetapi membuka peluang untuk bersenang-senang lebih banyak. Kuncinya adalah mengingat untuk memasukkan kategori ini dalam anggaran kamu.

Menjadi Lebih Fleksibel

Penganggaran bisa fleksibel. Kamu dapat memindahkan uang antar kategori sesuai kebutuhan sepanjang bulan. Secara umum, kamu harus membatasi diri dari menyentuh uang yang telah kamu sisihkan untuk ditabung, tetapi kamu dapat menyesuaikan jumlah yang kamu habiskan untuk setiap kategori saat kamu mulai. Ini adalah cara lain agar kamu tidak menghabiskan uang terlalu banyak. Hal ini juga memungkinkan kamu untuk mengenali masalah dan menyesuaikan sehingga kamu tidak makan mie instan setiap akhir bulan.

Bacaan menarik lainnya:

Affa, Robert C. & M.D. JK Lasser. (2001). Expert Financial Planning. JohnWiley & Son, Inc.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait