Peluang Usaha Toko Sembako dan Kiat-kiat Suksesnya

usaha toko sembako
usaha toko sembako

Usaha toko sembako adalah salah satu jenis peluang bisnis yang tidak akan ada matinya. Meskipun berbagai macam minimarket dan supermarket sudah menjamur dimana-mana namun keberadaan toko sembako masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Selain karena toko sembako merupakan kebutuhan sehari-hari semua orang, modal yang dikeluarkan untuk membuka usaha ini juga tidak terlalu besar.

Namun meskipun demikian, bukan berarti kamu akan langsung meraih kesuksesan ketika menjalankan usaha ini. Banyaknya pemain besar seperti adanya mini market dan pusat perbelanjaan yang semakin banyak dan menjual produk yang sejenis selalu menjadi tantangan tersendiri.

Kurangnya pemahaman bisnis dan perhitungan yang matang menjadi penyebab banyak pedagang sembako yang gulung tikar. Agar tidak mengalami nasib yang sama lebih baik kamu mengetahui beberapa tips dan trik serta semua hal mengenai peluang usaha yang satu ini.

Kelebihan Usaha Toko Sembako

Peluang usaha satu ini memiliki cukup banyak peluang, berikut diantaranya:

Dibutuhkan Banyak Orang

Bahan-bahan yang berada di toko sembako adalah komoditas yang selalu dibutuhkan oleh orang banyak setiap harinya. Beras, gula, garam, minyak goreng, telur, dan lain-lain akan selalu dibutuhkan di setiap rumah tangga sehingga kamu tidak perlu takut kehilangan konsumen.

Toko sembako juga seringkali menjadi tempat favorit berbagai kalangan untuk mencari bahan makanan untuk diolah karena harganya jauh relatif lebih murah dibandingkan dengan membelinya di mini market/supermarket.

Konsumen toko sembako tidak hanya kalangan kelas menengah ke bawah saja tetapi masyarakat kelas menengah ke atas juga banyak yang membutuhkannya. Selama kamu dapat memilih lokasi dengan baik dan mampu bersaing dengan toko sembako lainnya maka peluang usaha yang satu ini dapat dijalankan dengan baik.

Modal Relatif Kecil

Membuka toko sembako tidak selalu membutuhkan modal yang besar, kamu tidak harus selalu menyewa ruko yang besar. Membuka toko sembako di depan rumah juga sudah cukup dan kamu bisa langsung menjalankannya.

Harga kulakan barang dagangan juga tidak terlalu mahal, namun kamu harus dapat memilih dan menilai distributor sembako mana yang menawarkan harga terbaik. Semakin baik harganya, semakin untung juga usaha toko sembako milikmu.

Terjangkau Seluruh Kalangan

Seperti yang sudah disebutkan di poin pertama, karena harganya yang cenderung murah maka toko sembako dapat dijangkau oleh seluruh kalangan. Hal ini dikarenakan konsumen dapat membeli dengan kuantitas yang disesuaikan dengan kantong, dibandingkan dengan mereka membeli di supermarket / mini market yang sudah memiliki pakem kuantitas barang yang harus mereka beli.

Namun dari sekian banyak keuntungan yang dimiliki dalam peluang usaha membuka toko sembako, bisnis ini juga memiliki kekurangan dan hambatan, sebagai berikut:

Kekurangan Usaha Toko Sembako

Naik dan Turunnya Harga Sembako

Harga sembako seringkali tidak menentu atau naik turun, oleh sebab itu kamu harus dapat mengetahui keadaan pasar karena bahan-bahan yang ada di toko sembako pasti memiliki harga yang berubah-ubah.

Hal ini tidak jarang membuat kamu mengalami kerugian, tetapi kamu masih bisa mensiasatinya dengan strategi yang baik.

Persaingan dengan Toko Lain

Toko sembako merupakan jenis usaha yang digemari oleh banyak orang sehingga persaingannya cukup ketat, namun pada dasarnya jika memiliki strategi yang tepat hal ini masih dapat menguntungkan apabila dikelola dengan baik.

Oleh sebab itu, kamu harus memiliki tips dan trik sebelum menjalankan jenis usaha yang satu ini.

Rencanakan dengan Matang

Sebenarnya jika kamu ingin membuka jenis usaha apapun ada baiknya rencanakanlah usaha tersebut dengan matang. Perencanaan usaha toko sembako hampir sama dengan usaha lainnya. Kamu harus melakukan riset pasar, memiliki modal untuk memulai, memilih produk yang ingin dijual, hingga melihat resiko yang dihadapi.

Menyediakan Produk yang Lengkap

Jika kamu ingin menjalankan bisnis usaha toko sembako ada baiknya untuk setiap stok tidak perlu memiliki jumlah yang banyak namun lengkap. Tempatkan prioritas pada produk yang paling banyak dicari dan dibutuhkan dibandingkan kamu membeli banyak stok dengan varian yang sedikit.

Kamu juga bisa melakukan riset pasar kepada tetangga sekitarmu mengenai produk apa saja yang mereka butuhkan, sehingga jika mereka membutuhkan sesuatu mereka akan langsung menuju toko kamu.

Memilih Lokasi Strategis

Memilih lokasi untuk berdagang menjadi hal yang penting. Jika kamu membuka toko sembako di rumah, buatlah toko yang mudah dilihat oleh tetangga kamu terlebih jika dipinggir jalan raya karena lokasi ini bisa menjadi poin tambahan karena yang membeli sembako dari toko kamu bukan hanya tetangga, melainkan orang yang lewat depan rumah. Jika kamu memiliki modal yang besar, kamu juga bisa membuka toko di pasar.

Jadikan Tempat Bersosialisasi

Agar tokomu terlihat ramai dan memiliki pelanggan tetap, nggak ada salahnya jika kamu menjadikan tokomu sebagai tempat nongkrong. Cukup sediakan kursi panjang atau menjual minuman seduh dan makanan ringan. Semakin ramai tokomu, menimbulkan suasana akrab antara penjual dan pembeli sehingga kamu bisa menjaga kepercayaan mereka.

Berikan Pelayanan Terbaik

Jadilah penjual yang ramah karena pelanggan pasti akan suka untuk membeli sembako di tempat kamu. Hindari menjadi pribadi yang cuek atau judes karena itu akan sangat mempengaruhi sikap pembeli untuk bertandang ke tokomu. Selain itu penataan toko juga harus kamu perhatikan, buatlah toko yang rapi dan bersih sehingga pembeli nyaman untuk berbelanja ditempat kamu.

Menentukan Harga yang Masuk Akal

Harga sembako yang ditawarkan sangat berpengaruh pada penjualan di toko. Jika harganya terlalu mahal tentu saja akan membuat konsumen malas karena alasan konsumen memutuskan untuk berbelanja di toko sembako dibandingkan di supermarket/mini market karena bisa dibeli eceran dan harganya lebih murah.

Sedangkan harga yang terlalu murah akan membuat kamu rugi. Sesuaikan harga di toko sembako kamu dengan harga pasar dan pastikan kamu mengambil keuntungan secukupnya saja agar tidak terlalu jauh dengan harga pasaran namun konsumen tetap loyal.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait