6 Cara Sukses Investasi dengan Modal Minim

cara sukses investasi
cara sukses investasi

Siapa bilang modal minim tidak bisa investasi? Cek cara sukses investasi dengan dana terbatas ala Ajaib ini. Cara sukses Investasi ini juga cocok untuk investor pemula lho.

Kerja keras merupakan salah satu cara sukses. Dengan kerja keras, kita akan mendapatkan penghasilan untuk hidup layak. Tetapi, jika penghasilan tidak dikelola dengan baik juga bisa membuat keuanganmu berantakan.

Agar keuangan aman dan pengeluaran terkendali, ada baiknya kamu melakukan investasi. Investasi akan mengelola uang atau penghasilan supaya mendapatkan imbal hasil. Dengan kata lain, investasi adalah cara untuk menggandakan penghasilan. Jika hal ini kamu lakukan terus-menerus, kesuksesan ada di depan mata. Buat kamu yang baru saja memulai karier atau usaha, tak ada salahnya buat berinvestasi. Bagaimana cara sukses investasi? Cek di bawah ini.

Memiliki Tujuan Investasi

Investasi dimulai dengan memiliki tujuan. Apa tujuannya? Sukses, kaya, ingin membeli rumah, atau untuk melancong? Kamu ingin uang yang diinvestasikan berapa lama? Memiliki tujuan bisa membuatmu lebih giat menanamkan modal ke produk investasi.

Menyesuaikan dengan Kemampuan

Setelah punya tujuan, sesuaikan kemampuan berinvestasi. Dalam hal ini, berapa uang yang akan kamu investasikan. Kamu bisa mengalokasikan dana investasi sebesar 10 persen dari penghasilan. Kalau bisa ditingkatkan, alokasikan 15 persen atau 20 persen, tetapi jangan dipaksakan kalau tidak bisa.

Mengetahui Risiko Investasi

Sebelum menentukan produk investasi, kamu harus mengetahui risikonya. Kalau kamu mengincar investasi dengan imbal hasil tinggi, risikonya pun akan tinggi. Begitu juga sebaliknya. Kenali juga kamu adalah tipe investor seperti apa?

  • Pertama, tipe agresif yang berani mengambil produk investasi yang imbal hasil tinggi tetapi risiko kerugian juga tinggi.
  • Kedua, tipe moderat yang menginginkan imbal hasil dan risiko sedang.
  • Ketiga, tipe konservatif yang hanya ingin imbal hasil stabil meski atau kecil (jika dibandingkan dua tipe sebelumnya), tetapi risikonya rendah.

Menentukan Produk Investasi

Salah satu cara sukses yang tak kalah penting adalah memiliki produk investasi. Bagi pemula, menentukan produk investasi itu agak sulit. Apa produk investasi yang terbaik?

Hanya kamu yang bisa menjawabnya. Karena produk investasi terbaik adalah produk yang sesuai tujuan, kemampuan, dan profil risikomu. Jika ketiga hal itu sudah kamu pahami, menentukan produk investasi adalah hal mudah. Tetapi pilih produk investasi yang berasal dari perusahaan terpercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Untuk memudahkan kamu dalam menentukan investasi, produk di bawah ini bisa membantu:

Deposito

Adalah salah satu produk perbankan. Ia sama seperti tabungan. Tetapi deposito cocok untuk investasi, karena menawarkan bunga lebih tinggi dibanding tabungan reguler, bebas biaya administrasi, dan punya jangka waktu (satu, tiga, enam, 12, atau 24 bulan) untuk mencairkannya.

Logam mulia

Merupakan investasi yang paling mudah dilakukan. Tak heran, banyak masyarakat yang berminat berinvestasi emas. Kalau ingin membeli emas, kamu bisa datang ke Butik Emas Antam, Pegadaian, Pos Indonesia, bank syariah, atau toko emas terpercaya. Bahkan sekarang investasi emas bisa berbentuk tabungan emas yang tersedia di marketplace atau Pegadaian.

Saham

Bisakah modal minim tetapi ingin investasi saham? Bisa banget. Kamu bisa mengikuti program Yuk Nabung Saham BEI dengan modal Rp100,000. Lalu tambah rekening efek-mu dan mulai berinvestasi di perusahaan perseroan. Kalau kamu tertarik mendalami investasi saham, bukan tak mungkin mendapatkan imbal hasil yang besar. Tetapi ingat, risiko juga tinggi.

Obligasi

Saat ini, investasi obligasi cukup menjanjikan. Karena di tengah ekonomi yang melambat, obligasi memberikan kupon yang stabil dan menguntungkan. Obligasi merupakan surat utang berjangka yang diterbitkan oleh negara atau korporasi. Jadi jika kamu membeli obligasi yang diterbitkan oleh negara untuk membangun fasilitas publik (jalan tol atau rel kereta api). Itu artinya, negara berutang ke kamu dan harus mengembalikan imbal hasil (kupon) sesuai waktu yang disepakati.

Reksa dana

Adalah produk investasi yang cocok buat investor pemula. Di sini, kamu yang tidak memiliki waktu menghitung pasar tetap bisa berinvestasi dan memilih portofolio reksa dana berdasarkan profil risiko. Investasi reksa dana bisa dimulai dengan modal minim, yaitu Rp50,000. Untuk melihat portofolionya, cek di Ajaib.

Properti

Kalau kamu memiliki simpanan uang cukup besar, beli saja properti (rumah atau tanah) sebagai lahan investasi. Memang, sifat investasi ini tidak liquid. Tetapi kalau properti dimanfaatkan sesuai kebutuhan pasar, kamu bakal dapat cuan berlipat-lipat.

Diversifikasi Investasi

Setelah investasi berjalan enam bulan atau satu tahun, lihat bagaimana perkembangan imbal hasilnya. Pelajari pula kondisi pasar, kebijakan pemerintah, dan isu-isu terkini soal politik dan ekonomi. Karena hal tersebut sangat memengaruhi investasi. Dari hal itu, kamu bisa memikirkan buat diversifikasi investasi atau tidak. Misalnya kamu investasi saham dan ingin diversifikasi ke reksa dana atau emas. Tetapi itu semua tergantung pada tujuan dan kemampuan berinvestasi.

Melakukan dengan Disiplin

Cara sukses investasi yang terakhir adalah melakukan dengan disiplin. Artinya kamu menyisihkan 10 persen hingga 20 persen (50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 20 persen untuk membayar tagihan, dan 10 persen sebagai cadangan) dari penghasilan untuk investasi. Jangan pelit buat perencanaan keuangan, karena hasilnya bisa kamu nikmati di masa depan. Anggap saja menyisihkan uang ini seperti top-up pulsa telepon. Tetapi uang tersebut kamu gunakan untuk investasi.

Disiplin ini juga berlaku pada pengeluaran yang tidak perlu. Kalau kamu harus mengeluarkan uang, pikir baik-baik apakah hal itu (barang, jasa, hiburan) berfaedah? Apakah kamu memang memerlukannya atau hanya karena desakan teman? Apakah uang yang kamu keluarkan sepadan dengan manfaat yang diterima? Ada kalanya, kamu memanjakan diri sendiri atas kerja keras yang telah diperoleh. Tetapi kamu juga harus tegas kepada diri sendiri, agar hidup lebih sukses lagi. Hal ini bukan pengorbanan, melainkan memprioritaskan segalanya.

Mengutamakan prioritas merupakan cara sukses investasi yang perlu kamu lakukan. Karena dengan begitu, kamu akan fokus pada rencana dan tujuan penanaman modal. Ayo berinvestasi. Semakin cepat kamu melakukannya, hasil yang didapat akan semakin banyak.

Bacaan menarik lainnya:

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi (Edisi Pertama ed.). Yogyakarta: Kanisius.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait