Mengenal Saham SMGR dan Perlukah Diversifikasi Investasi?

saham smgr
saham smgr

Awal tahun ini, harga saham SMGR menunjukkan pergerakan positif. Namun saham PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) ini menurun ketika memasuki minggu kedua September.

Saham SMGR adalah saham milik PT Semen Indonesia Tbk. Perusahaan berdiri pada 7 Agustus 1957 di Gresik, Jawa Timur, dengan nama awal PT Semen Gresik. Pada 8 Juli 1991, perusahaan melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Awal Agustus lalu, BEI baru saja merilis Indeks IDX Growth30. Ini adalah indeks yang menilai saham dari tren pertumbuhan rasio Price-to-Earnings (PER Trend) dan tren pertumbuhan rasio Price-to-Sales (PSR Trend), dan kinerja keuangan yang baik. Saham SMGR, salah satu saham yang bertengger dalam IDX Growth30 bersama TLKM, BBCA, INTP, dan lainnya.

Setiap investasi pasti ada risiko. Termasuk investasi di saham SMGR dkk. Mengingat risikonya, jangan menempatkan dana di satu jenis instrumen. Sebaiknya melakukan diversifikasi investasi.

Diversifikasi investasi adalah menanamkan modal ke berbagai jenis instrumen investasi. Sehingga investor punya beraneka ragam instrumen. Misalnya kamu yang telah berinvestasi di saham SMGR dan logam mulia dengan nilai yang sama. Suatu saat, harga saham turun 10 persen tetapi harga logam mulia melejit 12 persen. Kondisi tersebut bisa saja membuatmu tidak rugi. Karena keuntungan logam mulia lebih tinggi.

Investor yang memahami bahwa mengelola aset itu penting, ia akan mendiversifikasikan instrumen investasi. Pasalnya hal tersebut dapat memaksimalkan keuntungan sekaligus meminimalisir kerugian. Berikut pilihan diversifikasi investasi:

Saham

Ketika ekonomi suatu negara tumbuh dengan baik, investasi saham menjadi incaran investor. Tentu, investasi ini menawarkan untung besar dengan risiko besar. Naik dan turunnya harga saham adalah hal wajar. Yang penting adalah kamu mempelajari faktor yang memengaruhi harga saham. Oleh karena itu investasi saham cocok untuk ditekuni jangka panjang.

Reksa Dana

Ini adalah jenis investasi yang bersifat beragam. Reksa dana juga memiliki berbagai jenis, yaitu reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran (berisikan portofolio saham, obligasi, atau pasar uang). Selain itu, investasi ini terkenal dengan cara mudah, karena tak perlu memantau investasi setiap hari. Dan harga terjangkau, karena kamu bisa investasi mulai dari Rp100 ribu.

Obligasi

Saat ekonomi melemah, obligasi layak kamu pertimbangkan sebagai diversifikasi investasi. Obligasi adalah surat utang berjangka yang diterbitkan oleh pemerintah maupun perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Ketika kamu investasi melalui obligasi, itu artinya kamu meminjamkan uang kepada pemerintah atau perusahaan. Mereka yang berutang kepada investor berjanji akan mengembalikannya beserta bunga.

Logam Mulia

Membeli logam mulia atau biasa disebut emas menjadi investasi pilihan masyarakat. Karena barang mudah didapatkan, cara membelinya pun mudah, dan berfungsi melindungi nilai uang jika terjadi inflasi maupun kondisi ekonomi tak menentu.

Perlukah melakukan diversifikasi atau tidak? Hal itu tergantung kebutuhanmu. Tetapi kalau kamu menyadari pentingnya mempertahankan aset yang dimiliki, lakukan diversifikasi dengan tepat dan kenali faktor risikonya.

Jika sudah memiliki saham SMGR, pertimbangkan untuk diversifikasi investasi ke instrumen lain.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait