Hasil Emas Asian Games 2018, Kontingen Indonesia Sukses Besar

Hasil Emas Asian Games 2018, Kontingen Indonesia Sukses Besar
Hasil Emas Asian Games 2018, Kontingen Indonesia Sukses Besar

Asian Games 2018 telah berakhir tahun lalu. Namun, atmosfer Asian Games 2018 masih dirasakan karena Indonesia meraih sukses besar dan berhasil meraih banyak medali emas Asian Games 2018. Seperti diketahui, Indonesia mendapatkan medali emas Asian Games 2018 sebanyak 31. Kontingen Indonesia juga mencatatkan 24 medali perak dan 43 perunggu dalam ajang yang digelar di Jakarta dan Palembang tersebut.

Medali Emas yang Berhasil Dibawa Pulang Atlet

Tentunya, hasil emas Asian Games 2018 itu melewati target yang ditentukan pemerintah. Ya, pemerintah dalam hal ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga hanya menargetkan meraih medali emas sebanyak 16 saja agar dapat berada di posisi 10 besar.

Namun, faktanya, atlet-atlet Indonesia sangat membaggakan. Mereka mendapat total medali hingga 98 medali di Asian Games dan berada di urutan keempat, hanya kalah dari China, Jepang, dan Korea Selatan. Tidak hanya itu, hebatnya lagi, Indonesia menjadi satu-satunya wakil di Asia Tenggara yang berhasil finis di 10 besar.

Dilihat dari jumlah perolehan medali emas, Asian Games 2018 menjadi yang terbaik bagi Indonesia sejak edisi pertama di New Delhi pada 1951. Raihan 31 medali emas juga delapan kali lipat lebih banyak ketimbang pencapaian kontingen Indonesia pada Asian Games 2014 di Incheon. Lumbung medali emas Indonesia berasal dari cabang olahraga pencak silat yang menyumbangkan 14 keping medali.

Harga Medali Emas

Seperti diketahui, dalam setiap ajang multievent, bagi para atlet yang mendapat podium pertama akan mendapat medali emas, dengan kadar sebesar enam gram. Emas itu dicampur dengan perak seberat 494 gram.

Jika diuangkan dengan harga beli balik (buyback) PT Logam Mulia saat ini, maka emas bisa dilepas dengan harga beli balik Rp 65.000 per gram, sehingga emas tersebut setara dengan Rp4.590.000.

Di sisi lain, Logam Mulia mematok harga perak di level Rp7.700, sehingga akan didapatkan nilai jual sebesar Rp3,8 juta. Total, atlet peraih medali emas bisa melego medali mereka ke Logam Mulia dan berpotensi mendapatkan uang Rp8.390.000. 

Namun harga tersebut belum termasuk biaya peleburan dan pemurniannya bila medali ingin dijual terpisah sebagai perak dan emas.

Bila di total, hasil emas Asian Games 2018 yang didapat Indonesia mencapai 31 medali emas, ini merupakan angka yang fantastis. Ya, nilai medali emas yang didapatkan kontingen Indonesia berada di angka Rp260.090.000. Wah, luar biasa yah prestasi kita di Asian Games 2018.

Hadiah Asian Games Bagi Atlet

Atlet Indonesia di Asian Games seperti mendapat durian runtuh. Tidak hanya mendapat medali yang sangat berharga, belum tentu bisa dirasakan dalam 50 tahun ke depan. Mereka juga mendapat bonus dari pemerintah.

Yang perorangan saja mendapat hadiah sebesar Rp1,5 miliar untuk setiap keping medali emas Asian Games 2018. Sementara atlet beregu mendapat hadiah Rp750 juta per orang.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait