5 Investor Sukses yang Mengikuti Jejak Warren Buffett

5 Investor Sukses yang Mengikuti Jejak Warren Buffett
5 Investor Sukses yang Mengikuti Jejak Warren Buffett

Siapa yang tidak kenal Warren Buffett. Dia merupakan investor kaya sekaligus orang paling kaya nomor empat di dunia versi Forbes dengan total kekayaan hingga 79,7 miliar dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp1,133 triliun.

Bagaimana dia bisa menjadi sekaya itu? Warren Buffett sudah memperlihatkan ketertarikan yang besar pada bisnis dan investasi pada umur yang sangat muda. Salah satu bisnis awalnya adalah menjual permen karet, Coca Cola, dan majalah mingguan dari pintu ke pintu.

Sumber kekayaan Warren adalah konglomerasinya Berkshire Hathaway yang bergerak di berbagai sektor. Kini pria berusia 89 tahun tersebut juga dikenal sebagai investor ulung dengan saham di perusahaan besar seperti Apple dan Amazon.f

Sepanjang hidupnya, Buffett hobi berdonasi dan ternyata ia turut membantu beberapa orang meraih status miliader seperti dirinya. Rata-rata mereka berinvestasi di Berkshire Hathaway atau menjual perusahaan ke konglomerasi. Siapa saja mereka yang sukses mengikuti jejak Warren Buffett dalam melakukan investasi?

David Gottesman

David Gottesman, salah satu investor awal Berkshire Hathaway ketika perusahaan ini baru dipimpin oleh Warren Buffett. Kekayaannya adalah sebesar 2,1 miliar dolar Amerika Serikat (Rp29,8 triliun). Pria 93 tahun ini juga duduk sebagai dewan direksi Berkshire Hathaway. Ia juga terlibat di firma pengelola dana First Manhattan yang ia dirikan sendiri pada tahun 1964.

Albert Ueltschi

Sebetulnya, Ueltschi adalah seorang pilot. Ia mendirikan FlightSafety International yang memiliki produk simulasi penerbangan untuk melatih pilot.

Pada tahun 1996, Berkshire Hathaway mengambil alih FlightSafety International dan Ueltschi mendapat saham senilai 1,5 miliar dolar Amerika Serikat. Ueltschi wafat pada tahun 2012 dan keluarganya mewarisi kekayaannya sebesar 2,5 miliar dolar Amerika Serikat.

Larry Van Tuyl

Larry menjual jaringan car dealership miliknya, yakni Van Tuyl Group kepada Warren Buffett di tahun 2015. Van Tuyl Group kemudian berganti nama jadi Berkshire Hathaway Automotive.

Perusahaan itu didirikan oleh Van Tuyl dan bapaknya pada tahun 1952 silam. Kini, Larry Van Tuyl adalah chairman Berkshire Hathaway Automotive dan memiliki kekayaan setidaknya 1,5 miliar dolar Amerika Serikat (Rp21,3 triliun).

Walter Scott

Walter Scott adalah sahabat masa kecil Warren Buffett. Scott dan Buffett bekerja untuk mengakuisisi MidAmerican Energy di tahun 2000 dan menjadi Berkshire Hathaway Energy.

Scott kini duduk sebagai dewan direksi Berkshire Hathaway. Pria 88 tahun ini memiliki kekayaan  5,13 miliar dolar Amerika Serikat (Rp72,9 triliun).

Stewart Horejsi

Horejsi tertarik berinvestasi sejak ia membaca buku mengenai Warren Buffett berjudul The Money Masters. Di mana, dalam buku itu menyebutkan bahwa Buffett adalah investor terhebat yang masih hidup.

Sebelumnya, Horejsi berbisnis perlengkapan pernikahan bersama istrinya, kemudian membeli saham Berkshire pada tahun 1980, dan hingga kini kekayaannya tercatat sebesar 1,5 miliar dolar Amerika Serikat (Rp21,3 triliun).

Siap menjadi investor sukses seperti Warren Buffett? Yuk belajar investasi di Ajaib dan jadilah salah satu investor sukses di Indonesia sekarang juga!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait