Cara Mudah & Cepat Belajar Investasi Bagi Investor Saham Pemula

Cara Mudah & Cepat Belajar Investasi Bagi Investor Saham Pemula
Cara Mudah & Cepat Belajar Investasi Bagi Investor Saham Pemula

Menjadi seorang investor saham pemula, pastinya akan membuatmu ingin tahu lebih banyak tentang dunia saham. Namun, karena kamu masih baru dalam dunia ini, kamu pasti sering mengalami kebingungan dan keraguan dengan cara apa kamu bisa meningkatkan pengetahuanmu tentang saham. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, dan cara-cara ini pastinya tidak sulit dan umum dilakukan oleh para investor saham lainnya. Cara-cara ini memang terlihat umum, tapi termasuk cara jitu agar investasi sahammu berjalan dengan lancar dan sesuai dengan target yang kamu inginkan. Berikut ini adalah beberapa cara yang sering dilakukan investor pemula untuk mengupdate pengetahuannya di dunia persahaman.

Baca Artikel Tentang Saham

Cukup banyak artikel tentang saham yang ada di internet. Artikel-artikel saham tersebut bahkan bisa kamu akses di website-website dari para pionir saham Indonesia seperti Indonesia Stock Exchange. Cara ini juga cukup mudah dilakukan karena kamu hanya mengandalkan kuota internet. Kamu bisa mengandalkan Google dalam mencari artikel tentang saham yang ingin kamu ketahui secara spesifik. Ajaib juga termasuk salah satu website yang memiliki blog dengan artikel terlengkap buat kamu yang mau belajar saham dengan lebih mudah, kapan dan di mana saja. Buka blog Ajaib di sini.

Membaca Buku Saham

Setelah artikel, untuk informasi yang lebih lengkap dari A sampai Z biasanya kamu bisa mengandalkan buku. Buku-buku saham biasanya ditulis oleh para ahli saham yang membagikan pengetahuannya  dalam bentuk buku. Mereka biasanya akan menuliskan beberapa tips and trick yang mereka lakukan sampai bisa menjadi investor yang sukses. Buku-buku saham sangat mudah kamu dapatkan di toko buku terdekat, atau bisa juga dibeli di toko buku online.

Bergabung dalam Komunitas

Peminat saham saat ini cukup banyak, dan mereka berkumpul bersama untuk saling berbagi informasi, saling menyemangati, dan saling melakukan silaturahmi. Bergabung ke komunitas saham akan membuatmu berkenalan pada para pejuang yang sedang menghadapi tantangan di dunia saham sehingga kamu akan merasa senasib dan sepenanggungan. Orang-orang di komunitas pun bisa menjadi teman diskusi kamu. Biasanya komunitas seperti ini ada di setiap kota, jadi tidak perlu takut tidak bisa menemukannya.

Belajar dari Mentor

Ketika bergabung dalam komunitas investor saham, pastinya kamu akan bertemu dengan para investor ahli yang tidak akan segan membagikan pengetahuannya pada orang lain. Kamu bisa mencari mentor tepercaya di komunitas tersebut. Dengan adanya mentor, kamu bisa meminimalisir terjadinya kegagalan. Para mentor juga bisa menjadi motivasi kamu untuk terus berjuang mencapai tujuan yang sudah kamu canangkan sejak lama.

Ikut seminar

Seminar tentang investasi saham cukup mudah ditemukan di kota yang menjadi domisilimu. Para investor saham yang sudah ahli, biasanya tidak ragu untuk keliling Indonesia melakukan sharing pengetahuan yang dimilikinya. Kebanyakan dari seminar ini berbayar, tapi tidak ada salahnya untuk diikuti biar kamu mendapatkan gambaran bagaimana dunia saham itu sebenarnya.

Update tren pasar

Kamu bisa mencari informasi tentang tren pasar setiap harinya dengan menonton televisi, membaca koran, atau pun membaca berita online. Dengan mengikuti berita tentang tren pasar, akan memberikan bayangan padamu untuk mengambil keputusan dalam transaksi saham.

Itulah beberapa cara sukses investor pemula dalam belajar dan bermain saham. Dengan mengupdate informasi dan pengetahuanmu di dunia saham, kamu bisa jadi lebih mudah mendapatkan kesuksesan dengan berinvestasi. Jadi tunggu apalagi? Setelah kamu berhasil update diri dengan pengetahuan, yuk segera jadi investor dengan membeli saham sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait