Deretan Buku yang Cocok Buat Kamu Belajar Tentang Dunia Saham

Deretan Buku yang Cocok Buat Kamu Belajar Tentang Dunia Saham
Deretan Buku yang Cocok Buat Kamu Belajar Tentang Dunia Saham

Ada ungkapan mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Semua orang mungkin tahu, maksudnya bukan mencari ilmu ke China tetapi cari dan tuntutlah ilmu sejauh apa pun ilmu itu berada. Bagitu juga dengan belajar saham, semakin banyak pengetahuan jelas yang kita terima akan semakin bagus  mengenal seluk beluk dunia saham.

Era informasi di mana internet sebagai media terdepan yang menawarkan segala macam pengetahuan. Tinggal mengetik keyword tertentu yang kita inginkan seperti “belajar saham”, tidak pakai lama, semua informasi itu pun akan terpampang di depan mata kita.  

Namun pertanyaannya apakah informasi itu benar-benar kredibel dan dapat dipercaya? Tentu pilihan ada di tangan kamu, mau tidak percaya atau percaya. Jika percaya, kamu juga harus menjadikan ini sebagai alternatif catatan informasi saja. Cobalah mempelajari dunia saham lewat buku. Di mana, buku memiliki informasi yang lebih kredibel.

The Intelligent Investor, Benjamin Graham 

Buku ini sangat mendalam, diberi julukan Alkitab Pasar Saham. Awalnya diterbitkan pada tahun 1949. Ditulis oleh salah satu penasihat investasi terbesar abad ke-20, ia berfokus pada apa yang penulis Benjamin Graham sebut investasi nilai. Investasi bernilai mengurangi peluang kamu untuk melakukan kesalahan dan menanamkan strategi jangka panjang yang masuk akal untuk investasi yang sukses. Versi terbaru buku ini telah diperbarui oleh jurnalis keuangan, Jason Zweig, yang membuatnya lebih mudah untuk menerapkan ajaran Graham ke pasar saham.

The Essays of Warren Buffett 

Penuh dengan kebijaksanaan dari investor terbesar dunia, Warren Buffett, buku ini adalah karya klasik. Buku Ini memberi nasihat berharga dan penting tentang investasi dan keuangan yang sulit ditemukan di tempat lain. Buku ini memberikan informasi berharga tentang berinvestasi secara bijak dan apa peluang investasi terbaik saat ini. Buku ini juga akan mengajarkan kamu cara menguraikan informasi keuangan dan cara menilai bisnis untuk membantumu memilih mana yang akan diinvestasikan. Sangat ideal untuk investor baru dan berpengalaman.

One Up On Wall Street, Peter Lynch

Buku investasi mutlak yang harus dibaca untuk pemula, buku terlaris ini akan mengajari kamu cara memisahkan perusahaan-perusahaan yang layak berinvestasi, dari yang tidak. Bagaimana? Dengan mengajari kamu cara belajar sebanyak mungkin tentang perusahaan dengan membaca latar belakangnya. 

A Random Walk Down Wall Street, Burton Malkiel

Versi terbaru dari Wall Street klasik ini membantu investor memahami konsep pasar saham penting termasuk dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), investasi pasar berkembang, derivatif, dan banyak lagi. Buku tebal klasik berasal dari ekonom Princeton, Burton Malkiel, dan mempopulerkan “hipotesis jalan acak”.

Hipotesis random walk menyatakan bahwa seseorang tidak dapat secara konsisten mengalahkan pasar, sehingga lebih masuk akal untuk membangun portofolio seimbang yang sesuai dengan kinerja pasar. Konsep dasar dalam buku ini mencakup analisis teknis dan fundamental, apakah reksadana yang dikelola secara aktif masuk akal atau tidak, dan teori investasi lain yang dicoba dan benar.

The Little Book of Common Sense Investing, John C. Bogle

Edisi ke 10 yang diperbarui dari The Little Book of Common Sense Investing diterbitkan pada tahun 2017. Buku ini menjelaskan salah satu strategi investasi paling populer dan strategi yang bekerja di rekening pensiun yang disponsori majikan dan akun yang kamu jalankan sendiri: dana indeks. Bogle percaya bahwa dana indeks berbiaya rendah sejauh ini merupakan pilihan terbaik bagi investor dan bersandar pada penulis yang disebutkan di atas untuk membuktikan kasusnya. Tetapi teorinya melampaui teori akademis. 

Satu catatan penting, untuk mendapatkan buku-buku ini jika tidak bisa mendapatkannya di perpustakaan atau toko buku, ada baiknya jika melihat dan membelinya di amazon, selamat belajar!

Jangan lupa, setelah kamu memahami hal-hal penting dalam dunia saham, mulailah investasi saham sesegera mungkin!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait