Investor Pemula

Deretan Buku yang Cocok Buat Kamu Belajar Soal Dunia Saham

Deretan Buku yang Cocok Buat Kamu Belajar Tentang Dunia Saham

Ajaib.co.id – Dunia saham memang wilayah yang sangat menantang dan butuk skill tinggi untuk menyelaminya. Kamu perlu melakukan persiapan matang sebelum benar-benar terjun melakukan jual beli saham perusahaan dan merasakan manfaatnya. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah belajar dari buku tentang seluk beluk bursa saham.

Saat pertama kali tertarik soal investasi, instrumen apa yang paling menarik perhatianmu? Sebagian orang akan bilang saham menjadi aset yang paling menggiurkan untuk dimiliki. Sayangnya, membeli dan menjual saham tidak semudah berbelanja di swalayan. Perlu banyak pemahaman dan taktik untuk memahami pergerakan harga emiten perusahaan dan mendapatkan keuntungan darinya.

Karena itulah para pemula amat disarankan untuk belajar secara mendalam soal pasar saham. Terlebih lagi dunia saham memiliki berbagai istilah yang asing di orang awam. Misalnya saja initial public offering (IPO), blue chip , saham nyangkut dan masih banyak lagi lainnya.

Sekarang memang sudah banyak situs yang menyediakan informasi soal dunia saham. Naun agar pemahamanmu komplet, kamu sebaiknya menambah sumber bacaanmu juga melalui buku. Ada sejumlah judul buku yang sudah dikenal sebagap pegangan wajib investor sebelum terjun dalam dunia saham.

5 Buku yang Wajib Kamu Baca Sebelum Mantap Terjun ke Dunia Saham

Ada ungkapan mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Semua orang mungkin tahu, maksudnya bukan mencari ilmu ke China tetapi cari dan tuntutlah ilmu sejauh apa pun ilmu itu berada. Bagitu juga dengan belajar saham, semakin banyak pengetahuan jelas yang kita terima akan semakin bagus mengenal seluk beluk dunia saham.

Literasi soal saham di Indonesia memang masih rendah. Tak heran banyak orang gampang terbujuk rayu investasi bodong dengan janjing yang tidak masuk akal. Namun sebagai milenial yang internet savvy, kamu jelas tahu untuk mempersiapkan diri lebih dulu sebelum mencoba membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Era informasi di mana internet sebagai media terdepan yang menawarkan segala macam pengetahuan. Tinggal mengetik keyword tertentu yang kita inginkan seperti “belajar saham”, tidak pakai lama, semua informasi itu pun akan terpampang di depan mata kita.  

Namun pertanyaannya apakah informasi itu benar-benar kredibel dan dapat dipercaya? Tentu pilihan ada di tangan kamu, mau tidak percaya atau percaya. Jika percaya, kamu juga harus menjadikan ini sebagai alternatif catatan informasi saja. Cobalah mempelajari dunia saham lewat buku. Di mana, buku memiliki informasi yang lebih kredibel.

Kalau kamu cari di toko buku, ada banyak sekali daftar buku soal investasi saham yang tersedia. Mungkin kamu bahkan akan bingung mencari mana yang paling bagus untuk memulai langkahmu mengenal dunia saham.

Agar tak kebingungan, Ajaib akan memberikan rekomendasi 5 buku yang bisa jadi panduanmu belajar lebih dalam soal saham antara lain:

1. The Intelligent Investor, Benjamin Graham 

Buku ini sangat mendalam, diberi julukan Alkitab Pasar Saham karena memang manfaatnya sebagai panduan bagi banyak investor. Awalnya diterbitkan pada tahun 1949. Ditulis oleh salah satu penasihat investasi terbesar abad ke-20, ia berfokus pada apa yang disebut investasi nilai.

Investasi bernilai mengurangi peluang kamu untuk melakukan kesalahan dan menanamkan strategi jangka panjang yang masuk akal untuk investasi yang sukses. Versi terbaru buku ini telah diperbarui oleh jurnalis keuangan, Jason Zweig, yang membuatnya lebih mudah untuk menerapkan ajaran Graham ke pasar saham. Kamu bisa jadi pembeli saham yang lebih bijak dengan melahap isi buku ini.

2. The Essays of Warren Buffett 

Penuh dengan kebijaksanaan dari investor terbesar dunia, Warren Buffett, buku ini adalah karya klasik. Buku Ini memberi nasihat berharga dan penting tentang investasi dan keuangan yang sulit ditemukan di tempat lain. Buku ini memberikan informasi berharga tentang berinvestasi secara bijak dan apa peluang investasi terbaik saat ini.

Misalnya saja menilai harga pembukaan penjualan saham yang menjanjikan atau proyeksi perusahaan itu di masa depan. Buku ini juga akan mengajarkan kamu cara menguraikan informasi keuangan dan cara menilai bisnis untuk membantumu memilih mana yang akan diinvestasikan.

Sangat ideal untuk investor baru dan berpengalaman. Terlebih lagi jika kamu berfokus pada strategi membeli ketika harga saham masih terjangkau untuk mendapatkan jumlah saham yang lebih banyak. Kalau kamu ingin meniru pendekatan dunia saham ala Buffett maka buku ini adalah pilihan tepat.

3. One Up On Wall Street, Peter Lynch

Buku investasi mutlak yang harus dibaca untuk pemula, buku terlaris ini akan mengajari kamu cara memisahkan perusahaan-perusahaan yang layak berinvestasi, dari yang tidak. Bagaimana? Dengan mengajari kamu cara belajar sebanyak mungkin tentang perusahaan dengan membaca latar belakangnya. 

Kinerja perusahaan sangat penting untuk kamu pertimbangkan kala berinvestasi saham. Dengan demikian, kamu akan bisa menilai fundamental perusahaan itu dan proyeksinya di masa depan untuk memberikan keuntungan.

4. A Random Walk Down Wall Street, Burton Malkiel

Versi terbaru dari Wall Street klasik ini membantu investor memahami konsep pasar saham penting termasuk dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), investasi pasar berkembang, derivatif, dan banyak lagi. Buku tebal klasik berasal dari ekonom Princeton, Burton Malkiel, dan mempopulerkan “hipotesis jalan acak”.

Hipotesis random walk menyatakan bahwa seseorang tidak dapat secara konsisten mengalahkan pasar, sehingga lebih masuk akal untuk membangun portofolio seimbang yang sesuai dengan kinerja pasar. Konsep dasar dalam buku ini mencakup analisis teknis dan fundamental, apakah reksadana yang dikelola secara aktif masuk akal atau tidak, dan teori investasi lain yang dicoba dan benar.

5. The Little Book of Common Sense Investing, John C. Bogle

Edisi ke 10 yang diperbarui dari The Little Book of Common Sense Investing diterbitkan pada tahun 2017. Buku ini menjelaskan salah satu strategi investasi paling populer dan strategi yang bekerja di rekening pensiun yang disponsori majikan dan akun yang kamu jalankan sendiri: dana indeks.

Bogle percaya bahwa dana indeks berbiaya rendah sejauh ini merupakan pilihan terbaik bagi investor dan bersandar pada penulis yang disebutkan di atas untuk membuktikan kasusnya. Tetapi teorinya melampaui teori akademis. 

Satu catatan penting, untuk mendapatkan buku-buku ini jika tidak bisa mendapatkannya di perpustakaan atau toko buku, ada baiknya jika melihat dan membelinya secara online. Kamu bisa memanfaatkan e-commerce untuk mendapatkan buku-buku ini. Jangan lupa, setelah kamu memahami hal-hal penting dalam dunia saham, mulailah investasi saham sesegera mungkin!

Berinvestasi Saham Lewat Aplikasi Ajaib, Cocok Buat Pemula

Kalau kamu sudah merasa siap masuk ke dunia saham dan mendapatkan keuntungannya maka aplikasi Ajaib adalah pilihan yang tepat. Sekarang kamu juga bisa berinvestasi saham lewat aplikasi ini untuk transaksi yang aman dan legal. Ajaib Group resmi mengakuisisi perusahaan sekuritas PT Primasia Unggul Sekuritas (Primasia Sekuritas) sehingga memungkinkan penggunanya melakukan online trading lewat Ajaib Sekuritas.

Investor baru Ajaib Sekuritas nantinya dapat membuka Rekening Dana Nasabah, transaksi jual-beli hingga penarikan dana secara online, tanpa mengisi dokumen fisik apapun. Cara ini jelas pas bagi milenial yang lebih suka dengan sistem online. Di sisi lain, investasi model online ini juga memudahkanmu di era New Normal ini karena prosesnya seluruhnya online.

Kamu tinggal unduh aplikasi Ajaib dan membuka akun saham dengan mengisi formulirnya. Pengisian formulir ini untuk membuat Rekening Saham sekaligus Rekening Dana Nasabah (RDN). Pembukaan Rekening Saham ini diwajibkan sebelum kamu bisa bertransaksi saham. Data yang disampaikan juga akan tercatat pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Rekening yang tertanam di Ajaib Sekuritas ini akan menjadi tempat penyimpanan saham yang nantinya kamu miliki. Sementara, Rekening Dana Nasabah (RDN) adalah rekening dari dana kamu, yang ditempatkan pada bank, terpisah dari rekening perusahaan efek.

Manfaat RDN ini adalah agar kamu mempunyai rekening bank sendiri untuk seluruh penyelesaian transaksi sahammu. RDN ini sendiri memang bertujuan untuk menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan saham. Untuk top up RDN kamu dapat melakukan dengan metode bank transfer.

Ajaib juga menyediakan fitur untukmu belajar lebih jauh soal dunia saham. Tersedia forum investor untuk saling berbagai pengalaman dan pengetahuan akan pasar modal. Sedangkan untuk pertimbangan dalam melakukan pembelian saham, Ajaib juga menyediakan informasi lengkap terkait emiten.

Mulai dari laporan performa keuangan, hingga competitive ranking, yang menunjukkan urutan perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain dalam industri sejenis. Lalu, kamu juga dapat menemukan profil perusahaan, informasi fundamental, informasi grafik harga, dan antrian order permintaan & penawaran. Bahkan jika kamu ingin trading, sudah tersedia juga analisis teknikal yang bisa kamu jadikan panduan.

Mudah bukan? Yuk dapatkan manfaatkan dari dunia saham bersama Ajaib.


Artikel Terkait