Wow! Reksa Dana Saham Minim Risiko Jangka Panjang

Ilustrasi memantau performa reksa dana lewat gawai dan laptop

Reksa dana saham merupakan salah satu jenis reksa dana yang paling banyak diminati. Hal ini dikarenakan keuntungan (return) dari reksa dana saham adalah yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya.

Meskipun begitu, kamu harus tetap ingat bahwa salah satu jargon utama dalam dunia investasi adalah ‘high return, high risk’. Artinya, semakin tinggi keuntungan yang kamu dapatkan dari instrumen investasi ini, akan semakin besar juga risiko investasi yang harus kamu hadapi.

Meskipun memiliki risiko investasi yang cenderung tinggi, hal ini dapat diminimalisir dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini!

Sebagai seorang investor, kamu perlu memahami dengan baik mengenai keuntungan (return) dan risiko (risk) dalam berinvestasi. Ketidakpastian harga saham yang tidak mudah diprediksi sangat berpengaruh terhadap angka keuntungan maupun kerugian yang akan kamu dapatkan.

Keuntungan yang akan didapatkan oleh investor sepenuhnya didasarkan pada harga pasar saham, maka ada juga kemungkinan kamu mengalami kerugian. Ini adalah bagian dari risiko investasi.

Tren industri, ekonomi dan inflasi akan berpengaruh pada perusahaan dan sahamnya. Selain itu, CEO perusahaan, tim manajemen dan cara mereka mengelola keuangan mereka dapat menaikkan atau menghancurkan nilai saham perusahaan.

Perlu analisis dan pemantauan yang konsisten untuk dapat memprediksi kondisi pasar modal supaya kamu bisa tahu kapan kamu mendapat keuntungan terbaik. Dalam reksa dana kamu tidak perlu pusing melakukan pemantauan dan analisis pasar modal sendiri. Ada tenaga ahli yang biasa disebut Manajer Investasi (MI) yang akan melakukan semua pemantauan, pengelolaan dan analisis pasar modal untuk instrumen investasi kamu.

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, meski menjanjikan return tinggi, reksa dana saham juga memiliki risiko investasi yang tinggi. Artinya, sebagai investor kamu bisa saja mengalami kerugian dalam instrument investasi ini.

Tapi, tidak perlu takut..

Risiko investasi yang cenderung tinggi ini masih bisa kamu siasati dengan perencanaan yang matang, loh! Mau tahu bagaimana mendapatkan keuntungan terbaik dengan meminimalisir risiko reksa dana saham?

Kamu hanya perlu tahu langkah-langkah tepat yang harus diperhatikan dalam instrumen investasi ini.

Punya Rencana Keuangan

Mungkin selama ini motivasi kamu berinvestasi adalah untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya dalam tempo waktu sesingkat-singkatnya. Hmm.. tapi pahamilah, investasi tidak seperti memasak mie instan. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka ada hal yang harus kamu perhatikan.

Pertama, tentukan rencana keuangan kamu. Berbicara investasi adalah berbicara mengenai perencanaan masa depan. Ketika kamu berinvestasi—khususnya di reksa dana saham—sebaiknya tujuan investasi kamu adalah untuk melengkapi perencanaan keuangan di hari tua.

Reksa dana saham sendiri merupakan instrumen investasi yang sangat cocok bagi rencana keuangan jangka panjang. Rencana keuangan jangka panjang bisa berupa dana hari tua atau rencana pensiun, dana pendidikan anak, dan sebagainya.

Jika kamu berinvestasi reksa dana saham dalam rentang waktu lebih dari 15 tahun, kemungkinan kamu mendapat keuntungan terbaik sangatlah tinggi. Keuntungan tinggi ini bisa kamu dapatkan meskipun potensi kerugian juga sedang tajam.

Evaluasi Kinerja Reksa Dana Jangka Panjang

Sebagai investor, kita pasti sering melihat laporan di media dan melihat reksa dana dengan hasil yang menggiurkan. Namun, kamu juga perlu memerhatikan evaluasi reksa dana tersebut. Apakah evaluasi tersebut berdasarkan kinerja jangka pendek yang hanya setahun atau kinerja jangka panjang.

Jika evaluasi yang kamu lihat adalah hasil kinerja jangka pendek, bisa jadi keuntungan besar pada saat itu adalah faktor kebetulan saja. Eits.. jangan salah, faktor kebetulan juga bisa jadi alat yang memengaruhi kinerja reksa dana saham.

Ketika mengamati evaluasi kinerja reksa dana, perhatikanlah kinerja dalam periode minimal lima tahun terakhir. Meskipun sudah ada MI yang membantu kamu mengelola reksa dana saham, pengamatan kinerja ini sangat penting untuk kamu lakukan agar kamu benar-benar memahami seluk beluk reksa dana yang telah jadi pilihan instrumen investasi kamu.

Nah, sekarang sudah tidak khawatir lagi kan untuk berinvestasi di reksa dana saham? Masih ragu? Sebaiknya cari tahu dulu mengenai profil risiko kamu, biar semakin mantap!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait