Keuntungan Investasi Reksa Dana Saham Mandiri

keuntungan investasi reksa dana
keuntungan investasi reksa dana

Apa sih keuntungan investasi reksa dana saham Mandiri? Untuk menjawab hal itu, simak ulasan redaksi Ajaib mengenai keuntungan investasi reksa dana berikut ini.

Masa muda seperti saat ini, apapun yang kamu lakukan akan berdampak saat kamu sudah beranjak tua. Mempersiapkan diri untuk hari esok adalah pilihan yang tepat. Seperti melakukan investasi reksa dana saham Mandiri.

Dengan melakukan investasi sedini mungkin, setidaknya kamu tidak akan khawatir saat sudah tidak bekerja optimal lagi dan tetap memiliki penghasilan. Mungkin sebagian orang merasa takut karena cukup banyak kasus investasi yang ternyata hanya tipu-tipu.

Karena kasus tersebut membuat sebagian orang kebanyakan beralih ke deposito atau emas atau tabungan lainnya. Padahal deposito atau simpanan tabungan memiliki keterbatasan dan banyak sektor keuangan yang tidak bisa dicapai hanya dengan menabung saja.

Melihat kondisi tersebut, melakukan investasi reksa dana saham melalui jaringan perbankan menjadi pilihan yang tepat dan strategis. Hal tersebut karena perbankan dianggap sebagai lembaga keuangan yang terpercaya.

Dan karena proses jual beli saham bisa melalui kantor cabang sehingga memungkinkan bertatap muka sekaligus melakukan edukasi terkait investasi saham reksa dana. Salah satu Bank yang menyediakan saham reksa dana adalah Bank Mandiri.

Berikut beberapa keuntungan investasi reksa dana saham Mandiri:

Dikelola Oleh Manajer Investasi Profesional

Terdapat berbagai program investasi reksa dana yang disediakan Bank Mandiri. Dan setiap produk investasi tersebut sudah dikelola manajer investasi berpengalaman dan sudah mendapatkan izin dari BAPEPAM (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan).

Dengan kehadiran manajer investasi yang sudah berpengalaman tersebut. Setiap nasabah akan dibantu dalam mengalokasikan investasinya agar sesuai dengan tujuan investasi yang akan kamu lakukan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Reksa Dana Saham Mandiri Bisa Dijual Lagi Dengan Cepat

Keuntungan investasi reksa dana bisa kamu rasakan ketika investasi di Bank Mandiri yaitu kamu dapat menjual kembali setiap unit penyertaannya. Hal yang sama juga akan terjadi saat kamu sudah bergabung menjadi nasabah Bank Mandiri.

Setiap nasabah bisa menjual setiap unit penyertaan reksa dana dengan cepat. Hal tersebut karena kepercayaan dari investor terhadap Bank Mandiri juga kecenderungan pada setiap nilai investasi reksa dana yang ditawarkan.

Kemudahan Dan Keamanan Berinvestasi

Kemudahan dalam investasi serta keamanan merupakan faktor penting agar dana yang dikeluarkan tidak di salah gunakan. Hal ini pula yang ditawarkan Bank Mandiri kepada nasabahnya yang bergabung ke dalam reksa dana saham mandiri.

Untuk pelayanannya sendiri, transaksi bisa dilakukan di Bank Mandiri atau agen-agen penjual yang sudah melakukan kerjasama dengan manajer investasi. Juga ada fasilitas Monthly Dividen yaitu kemudahan pada pemodal yang berencana memiliki dan menjual reksa dana dengan otomatis setiap bulannya.

Fasilitas lain yaitu Installment, yaitu kemudahan setiap nasabah untuk membeli reksa dana tanpa harus datang ke kantor cabang. Rekening setiap nasabah juga akan didebet sesuai dengan tanggal dan jumlah yang sudah disepakati.

Laporan Keuangan Yang Profesional

Tidak adanya keterbukaan dalam melaporkan keuangan merupakan salah satu penyebab kekhawatiran dalam melakukan investasi. Dan kerjasama bersama Bank Mandiri juga manajer investasi yang berkompeten memiliki keterbukaan laporan keuangan.

Dengan Fund Fact Sheet yang dilakukan secara berkala menjadikan program investasi reksa dana saham mandiri memiliki keterbukaan laporan keuangan yang bisa dilihat langsung oleh nasabah dan juga oleh pemodal.

Dengan begitu baik investor atau nasabah akan mengetahui komposisi investasi juga kinerja reksa dana yang dimiliki.

Jika kamu tertarik untuk melakukan investasi reksa dana dan masih pemula. Agar transaksi dapat berjalan dengan lancar, berikut tips untuk memulai investasi reksa dana dengan tepat:

Memilih Reksa Dana Yang Aman Sesuai Kebutuhan

Investasi reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang sudah diakui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Nah jika ini pertama kalinya kamu akan melakukan investasi, pastikan kamu mendapat informasi akurat apakah reksa dana yang dijalankan aman dan sudah bekerja sama dengan Bank Mandiri.

Pastikan juga apakah manajer investasi yang nantinya mengelola sudah memiliki sertifikasi juga izin. Dengan begitu setidaknya kamu sudah meminimalisir penipuan dari manajer investasi atau perusahaan dengan mengatasnamakan Bank Mandiri sebagai mitra.

Baca Buku Panduan Reksa Dana

Saat kamu hendak melakukan investasi reksa dana. Setiap lembaga keuangan atau Bank pasti memiliki buku panduan untuk melakukan investasi reksa dana. Didalam reksa dana, buku panduan tersebut diberi nama prospektus.

Dengan membaca buku panduan tersebut. Kamu akan mendapatkan informasi penting seputar reksa dana. Seperti perizinan penyelenggaraan reksa dana, manajer investasi, biaya sampai bagaimana cara menjual dan membeli lagi reksa dana.

Hal tersebut tentu penting agar kamu mengetahui setiap proses uang yang sudah diinvestasikan. Jika kamu masih bingung, jangan segan untuk bertanya kepada ahli keuangan atau ahli investasi yang paham tentang reksa dana.

Mendiskusikan Jangka Waktu Investasi

Dengan berinvestasi di reksa dana, kamu juga harus memikirkan jangka waktu investasi yang kamu lakukan. Reksa dana sendiri memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Ada yang dua sampai tiga tahun. Bahkan ada yang diatas lima tahun.

Untuk investasi reksa dana saham. Biasanya jangka waktu yang ditentukan adalah lebih dari lima tahun. Jika kurang dari satu tahun, maka kamu sebaiknya memilih reksa dana pasar uang. Jika masih ragu, silahkan konsultasikan saja dahulu.

Mengenali Hasil Juga Risiko Dalam Investasi Reksa Dana

Hal penting yang harus kamu pikirkan selanjutnya adalah risiko. Mengenali berbagai risiko merupakan langkah yang penting untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui risiko, kamu bisa menentukan investasi yang tepat.

Itulah keuntungan juga tips untuk investasi reksa dana saham mandiri. Jangan ragu untuk memulai berinvestasi reksa dana. Untuk mencobanya kamu tidak perlu merogoh tabungan cukup dalam. Kamu bisa mencobanya hanya dengan Rp50 ribu saja.

Bacaan menarik lainnya:

Sharpe, W. F. (1966). Mutual Fund Performance. The Journal of Business. Vol. 39. 119-138.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait