Ajaib

Menabung Anti Mainstream Lewat Aplikasi Reksa Dana Ajaib

Menabung Anti Mainstream Lewat Aplikasi Reksa Dana Ajaib

Ajaib.co.id – Banyak orang semakin sadar akan kebutuhan keuangannya selama pandemi, termasuk untuk lebih giat menabung. Namun di era seperti ini, menabung di bank saja tak akan cukup. Kamu harus mecoba cara menabung anti mainstream untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal salah satunya reksa dana.

David Crawford dari National Westminster Bank, Inggris mengatakan, persoalan keuangan di tengah masa pandemi tidak bisa dianggap remeh karena kondisinya sangat berbeda dengan kondisi normal. Kekhawatiran penurunan gaji atau bahkan kehilangan pekerjaan adalah hal yang wajar dalam kondisi saat ini.

Karena itu kemudian masyarakat semakin rajin untuk menabung. Berdasarkan survei “Jenius Study: Indonesian Digital Savvy Behavior During Ramadan 2020″ pada 468 digital savvy Indonesia selama April hingga Mei 2020, menabung adalah aktivitas finansial yang paling sering dilakukan selama bulan puasa.

Sebanyak 76 persen dari total responden menabung selama Ramadan tahun ini. Transaksi kredit lebih besar dibandingkan debit selama pandemi. Jumlah pengeluaran berkurang, transaksi menabung lebih besar. Hal ini bukannya tanpa alasan.

Banyak yang menekan pengeluarannya demi mempersiapkan diri menghadapi krisis di waktu mendatang. Misalnya dengan mengurangi penggunaan kartu kredit dan lebih banyak mengalokasikan dana ke rekening tabungan. Banyak yang kemudian mencari salah satu cara terbaik untuk tetap menabung bahkan di masa sulit seperti ini.

Menabung sudah diajarkan oleh orang tua sedari kita kecil. Jika dahulu menabung di celengan maka kita mengenal menabung di bank setelah beranjak dewasa. Iming-imingnya sejak dulu rajin menabung akan membuat kaya.

Sayangnya, faktanya tidak demikian. Menabung di rekening bank secara rutin hanya sekedar numpang menyimpan uang. Bahkan saldo tabungan akan terpotong karena biaya administrasi bulanan. Terlebih lagi di masa sekarang ketika setiap sen uangmu amat berharga.

Untuk alasan ini pula maka kamu sebaiknya tetap berinvestasi dengan tujuan meningkatkan nilai uangmu. Karena itu, penting sekali mencari produk yang mengkombinasikan kebutuhanmu untuk menabung dan berinvestasi.

Agar tak rugi maka kamu sebaiknya harus mencoba alternatif menabung anti mainstream lewat aplikasi investasi Ajaib. Menabung anti mainstream ini adalah cara agar uangmu tetap tersimpan aman namun bisa dikembangkan dengan hasil lebih.

Investasi sendiri merupakan cara menyimpan uang yang jauh lebih baik daripada tabungan biasa. Investasi dengan Ajaib dijamin aman karena terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan Kemenkominfo. Semua dana investasimu juga dikelola langsung oleh manajer investasi yang berpengalaman. 

Ajaib juga memudahkan kamu berinvestasi dengan menyediakan berbagai paket sesuai dengan tujuan. Paket investasi dari Ajaib disusun dengan pengetahuan para ahli sehingga reksa dana yang kamu beli akan memberikan return yang lebih baik. Selain itu, risikonya juga lebih rendah sehingga kamu tidak akan merugi. 

Selain itu, menabung reksa dana juga sangat ramah bagimu yang masih pemula dalam berinvestasi. Kamu akan dibantu oleh Manajer Investasi untuk memastikan danamu dikelola dengan baik dan benar. Jangan khawatir, semua MI yang bekerja sama dengan Ajaib merupakan lembaga yang legal dengan kredibilitas yang terjamin.

Saatnya Menabung Anti Mainstream Untuk Keuntungan yang Lebih Optimal

Ketika masih kecil, kita terbiasa menabung dengan uang receh. Biasanya dananya diambil dari uang saku atau sisa jajan ke masih kecil. Kala itu, tujuan utamanya memang bukan jumlahnya melainkan membangun kebiasaan baik dalam hal keuangan.

Namun semakin dewasa, kita tahu bahwa menabung tidak bisa hanya menunggu dana yang tersisa. Menabung harus dilakukan di awal bulan dengan mengambil uang penghasilan kita. Selain itu, ada jumlah yang harus ditetapkan. Misalnya saja jika tujuanmu untuk mengumpulkan dana darurat atau persiapan kebutuhan dana lahiran anak.

Namun di masa pandemi ini ada baiknya kamu mencoba cara menabung anti mainstream yakni yang memiliki fungsi saving sekaligus investment. Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi reksa dana.

Instrumen ini sendiri merupakan pilihan yang tepat untuk dimiliki di masa pandemi. Pasalnya, reksa dana memungkinkan kamu untuk menarik kembali dana yang kamu tanamkan dengan mudah. Selain itu, pergerakan pasarnya juga cukup menjanjikan.

Instrumen ini juga cukup bervariatif, mulai dari reksa dana saham, campuran, pasar uang, terproteksi hingga pendapatan tetap. Kamu bisa tetap menekan risiko investasi dengan cara menabung anti mainstream ini.

Mengacu data Infovesta Utama, hingga awal tahun, reksa dana pasar uang Infovesta 90 Money Market Fund Index dan Infovesta Corporate Bond Index masih membukukan cuan 1,29% dan 1,41%. Berbeda dengan reksa dana saham Infovesta 90 Equity Fund Index yang terkoreksi 27,58%.

Tentu saja ini adalah alasan yang kuat bagimu untuk mulai menabung reksa dana di Ajaib bukan? Sekali dayung, dua pulau terlampaui. Kamu bisa menabung dan berinvestasi sekaligus dengan instrumen ini.

Ajaib juga menyediakan bayak paket tabungan reksa dana yang berbeda sesuai dengan kebutuhanmu. Paket investasi Ajaib bisa kamu manfaatkan untuk segala tujuan. Jenisnya juga mirip dan mudah dipahami sebagaimana produk tabungan yang biasa kamu temui di bank. Hanya saja, cara kamu menyimpan uang lewat investasi memberikan hasil lebih baik daripada tabungan biasa. 

Tersedia paket untuk tabungan pribadi, dana pensiun, pengeluaran terencana, maupun dana darurat. Semua ada paketnya dan dananya sewaktu-waktu bisa kamu tarik apabila membutuhkan. Ini berbeda dari model investasi lain seperti deposito, emas, atau tabungan berencana yang sulit dicairkan sewaktu-waktu. 

Kenali beda jenisnya lewat uraian di bawah ini:

Tabungan pribadi

Paket ini akan membantumu dengan mengembangkan dan mengakumulasi dana yang selama ini dimiliki dengan berinvestasi pada berbagai pilihan produk. Tim dari Ajaib akan membantu memilih produk investasi yang memaksimalkan risiko sesuai dengan profil risikomu. 

Pengeluaran terencana

Kebanyakan dari kita menabung karena ada tujuan jangka panjang yang ingin dicapai. Beberapa diantaranya adalah keinginan membeli mobil atau rumah, mengumpulkan biaya nikah, atau persiapan pendidikan anak. Ini juga mungkin dilakukan dengan paket reksa dana Ajaib karena jangka waktunya akan disesuaikan dengan target keuanganmu itu.

Dana pensiun

Jaminan masa tua tidak akan cukup hanya dengan menabung biasa dari gajimu selama ini. Kamu bisa menambah nilanya dengan paket dana pensiun dari Ajaib. Nantinya dana ini akan disalurkan sesuai dengan profil risiko. Tim Ajaib juga akan memberikan peringatan untuk menurunkan tingkat risiko mendekati waktu pensiun yang kamu tentukan.

Dana darurat

Paket ini ditujukan buat kamu yang ingin meminimalisasi dampak inflasi. Investasi lewat paket ini juga memudahkan ketika kamu ingin melakukan penarikan dana mendadak. Penarikan ini biasanya dilatarbelakangi berbagai pertimbangan pribadi.

Itulah beberapa tabungan anti mainstream yang bisa kamu dapatkan di aplikasi Ajaib. Dengan menabung investasi di Ajaib, kamu bisa menyesuaikan dengan tujuan investasimu, misalnya kamu mengumpulkam uang untuk membeli barang seperti mobil, atau sekedar untuk jalan-jalan ke luar negeri, atau memang hanya untuk ditabung. Jadi, tunggu apalagi? Yuk mulai investasi sekarang!

Artikel Terkait