Perhitungan Return Ajaib Kini Lebih Akurat!

Pada Ajaib versi 5.0.7, kamu mungkin menyadari bahwa angka yang ditampilkan pada bagian return-mu berubah. Kini, perhitungan dan angka yang ditampilkan jadi lebih akurat dibanding sebelumnya, lho. Seperti apa perubahannya? Yuk pahami dan pelajari bersama di artikel ini!

Sebelumnya, harap memahami bahwa perhitungan baru ini tidak mengganggu atau mengubah jumlah uang yang harusnya kamu terima ketika melakukan penarikan pada Ajaib versi sebelumnya. Pasalnya, ketika kamu melakukan penarikan, Ajaib akan menyampaikan permintaanmu pada manajer investasi dan bank kustodian yang bersangkutan, sehingga dana yang kamu terima adalah dana yang semestinya. Hanya tampilan pada aplikasi Ajaib saja yang berubah.

Perhitungan Kumulatif vs Perhitungan Rerata Biaya (Cost Averaging)

Sebelumnya, Ajaib menggunakan metode cumulative return untuk menghitung jumlah return. Melalui metode ini, return dihitung terpisah-pisah berdasarkan waktu investasimu. Investasi dan return akan bergerak sendiri-sendiri. Sedangkan metode baru, yakni cost averaging, return dan setoran utamamu akan dihitung sebagai suatu entitas utuh. Perhatikan contoh berikut:

Kamu berinvestasi Rp1.000.000 pada November 2018, dan mendapatkan 10.000 unit reksa dana. Kamu berinvestasi lagi dengan jumlah yang sama pada Desember 2019, dan hanya mendapatkan 3.333 unit reksa dana karena harganya sudah naik jauh. Melalui perbedaan ini, kamu mendapatkan return. Kini, kamu punya setoran Rp2.000.000, 13.333 unit, dan return sebesar Rp2.000.000.

Pada versi Ajaib yang lama, ketika kamu memutuskan untuk menarik Rp600.000. Pada aplikasi Ajaib, nantinya kamu akan melihat sebagai berikut:

Tampilan aplikasi Ajaib investasi, sebelum dilakukan rekalkulasi

Nah, pada versi terbaru, kamu akan melihatnya sebagai berikut:

Tampilan aplikasi Ajaib investasi, setelah dilakukan rekalkulasi

Hasil akhir saldomu sama-sama Rp3.400.000, namun, pada Ajaib versi lama, dana yang kamu tarik seutuhnya dikurangi dari bagian “Setoran” di aplikasi Ajaib. Sedangkan, pada versi baru, dana yang kamu tarik merupakan sebagian dana utama, dan sebagian return sesuai dengan rerata investasi kamu.

Berikut tabel perhitungannya:

Tabel perhitungan return baru Ajaib

Setelah kamu memahami perhitungannya, barangkali kamu pernah mengalami kebingungan karena mungkin saja angka setoranmu lebih rendah dari angka return-mu setelah penarikan.

Nah, pada versi terbaru ini, kamu tak perlu khawatir dan bingung lagi karena hal ini tidak akan terjadi. Perhitungan cost averaging akan memberimu gambaran yang lebih akurat terhadap nilai investasimu!

Belum Dapat Unit = Belum Dihitung Sebagai Nilai Investasi!

Mari sama-sama memerhatikan keterangan transaksimu:

Transaksi selesai di Aplikasi Ajaib

Pada ilustrasi di atas, kamu bisa melihat bahwa transaksi sudah usai, ditandai dengan adanya angka di bawah keterangan “Unit”, yakni di pojok kanan atas layar.

Pada Ajaib versi terbaru, transaksimu harus usai terlebih dahulu baru angka setoran ditampilkan pada menu utama. Pasalnya, ketika unit masih diproses, setoranmu tidak akan menghasilkan return. Oleh karena itu, tidak akurat apabila angka setoran langsung ditampilkan pada beranda aplikasi Ajaibmu. Ketika setoranmu sudah siap dan sudah bisa menghasilkan return, barulah kamu bisa menemukannya di menu utama atau menu Invest.

transaksi belum usai di aplikasi Ajaib

Jika seperti ini (belum ada nilai unit), angka yang kamu setor tidak akan masuk ke dalam jumlah investasimu.

Bonus Tidak Ditampilkan Pada Menu Utama

Bonus kini tidak muncul di aplikasi Ajaib

Kini, menu utama hanya berisi hasil murni dari investasimu. Semua bonus dapat kamu akses melalui menu Invest, seperti biasa.

Tampilan baru bonus di aplikasi Ajaib investasi

Mengapa Perhitungan Return Ajaib Berubah?

Bukan rahasia bahwa harga NAB reksa dana berubah setiap harinya. Return-pun demikian. Oleh karena itu, dibutuhkan metode yang dapat mewakilkan dinamika nilai investasi ini.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, perubahan ini tidak akan mengganggu atau mengubah jumlah uang yang kamu investasikan di aplikasi Ajaib. Hal ini didukung oleh rangkuman kepemilikan reksa dana yang kamu terima melalui email dari bank kustodian setiap bulannya.

Jika kamu mengalami kesulitan, atau bila masih merasa bingung, silakan hubungi support@ajaib.co.id, ya. Kami siap membantu kamu!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait