Cara Tepat Berinvestasi Berbagai Produk Reksa Dana

Jadi, Anda siap untuk berinvestasi di beberapa reksa dana. Luar biasa! Jika Anda mengikuti apa yang ada di artikel ini, Anda akan tahu Anda ingin berinvestasi dalam reksa dana saham pertumbuhan yang baik dan menyebar investasi Anda di empat kategori: pertumbuhan, pertumbuhan dan pendapatan, pertumbuhan agresif dan internasional. Tapi mungkin Anda masih bingung dengan 4 istilah di atas.
Bagaimana Anda membangun pondasi keuangan yang kokoh jika Anda bahkan tidak bisa memahami pilihan Anda? Lima langkah ini dapat membantu Anda memilih berbagai kombinasi reksa dana yang tepat.
# Memahami Terminologi Dibalik Reksa Dana
Perusahaan reksa dana sering menggunakan label yang berbeda untuk mengelompokkan dana. Itulah mengapa penting untuk memiliki pegangan yang kuat pada terminologi di balik tujuan investasi Anda.
Jadi, mari kita lihat lebih dekat empat kategori dasar reksa dana yang direkomendasikan:
Pertumbuhan dan pendapatan:
Reksa Dana ini menciptakan fondasi yang stabil untuk portofolio Anda. Manajer investasi di Indonesia yang besar telah ada sejak lama dan menawarkan barang dan jasa yang diinvestasikan secara umum oleh masyarakat luas. Carilah reksa dana dengan sejarah pertumbuhan stabil yang juga membayar dividen. Anda mungkin menemukan ini tercantum di bawah kategori besar atau dengan nilai reksa dana yang sudah cukup tinggi. Biasanya isi dari portofolio ini adalah saham blue chip, saham dengan pembagian dividen yang rutin serta peningkatan pendapatan perusahaan.
Pertumbuhan:
Kategori ini menampilkan perusahaan menengah atau besar yang masih mengalami pertumbuhan. Tidak seperti reksa dana pertumbuhan dan pendapatan, ini lebih cenderung stabil dan mengalir bersama ekonomi. Misalnya, Anda mungkin menemukan harta karun terpendam dalam campuran reksa dana pertumbuhan Anda. Isi dari portofolio reksa dana ini mencakup produk investasi dengan kapitalisasi menengah hingga besar, saham atau pun produk investasi yang terus bertumbuh nilainya.
Pertumbuhan agresif:
Pikirkan kategori ini sebagai anak liar dari portofolio Anda. Pertumbuhan yang tidak menentu ini biasanya menyertai kategori ini. Jadi reksa dana kapitalisasi kecil akan memenuhi syarat ini — atau bahkan reksa dana berkapitalisasi menengah yang berinvestasi pada perusahaan kecil hingga menengah. Tetapi ukuran bukan satu-satunya pertimbangan. Geografi juga dapat berperan. Pertumbuhan agresif kadang-kadang bisa berarti perusahaan besar yang berbasis di pasar negara berkembang.
# Diversifikasikan Portofolio Dana Anda
Setiap kali seseorang berbicara kepada Anda tentang investasi, kata diversifikasi mungkin sering dilontarkan. Inti dari semua cara diversifikasi adalah Anda menyebarkan uang Anda di berbagai jenis investasi, yang mengurangi risiko Anda secara keseluruhan jika pasar sedang kurang bergairah.
 
# Gunakan Uang Anda untuk Bekerja dan Investasikan dengan Cara Mudah
Untuk mendiversifikasi portofolio Anda, Anda perlu memasukkan uang ke berbagai jenis reksa dana yang termasuk kategori di atas. Persentase uang Anda yang diinvestasikan ke masing-masing kategori ditentukan oleh dua hal, yaitu toleransi risiko dan jangka waktu investasi Anda, contohnya berapa banyak waktu yang Anda miliki sampai Anda ingin pensiun.
Bagi kebanyakan investor, menyebarkan investasi mereka secara merata di seluruh pertumbuhan, pertumbuhan dan pendapatan, pertumbuhan agresif dan internasional adalah semua diversifikasi yang mereka butuhkan.
# Jangan Mengejar Pengembalian Reksa Dana
Mungkin Anda akan tergoda untuk terfokus hanya pada reksa dana dengan sektor yang membawa pengembalian tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Tapi hati-hati terhadap strategi tersebut. Tidak ada yang bisa mengatur waktu pasar. Investor hanya perlu mengingat untuk tidak pernah menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang. Investasi ini merupakan investasi jangka panjang, dan Anda ingin mencoba untuk menjaga investasi Anda sesederhana dan semudah mungkin.
Sebelum berkomitmen untuk berinvestasi di reksa dana, ambil langkah mundur dan pertimbangkan gambaran besarnya. Bagaimana kinerja nya selama lima tahun terakhir? Bagaimana dengan 10 atau 20 tahun terakhir? Pilih reksa dana yang tahan uji waktu dan terus memberikan hasil jangka panjang yang kuat. Dengan demikian maka kemungkinan besar hasil investasi di produk reksa dana akan membuahkan hasil manis di beberapa tahun mendatang.
Share to :
Artikel Terkait