Capai Tujuan Keuangan dengan Langkah Bijak Ini

salah satu tujuan finansial adalah melangsungkan pernikahan idaman

Setiap orang memiliki tujuan keuangan dalam hidupnya. Tujuan keuangan pun dapat terbagi menjadi tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan keuangan jangka panjang biasanya berupa dana pensiun atau persiapan pendidikan perguruan tinggi anak-anak.

Meskipun kamu belum menikah atau masih berada dalam usia produktif, sangat perlu untuk mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan ini sedari dini.

Ada pula persiapan keuangan yang ditujukan untuk mencapai kebutuhan jangka pendek. Dengan kata lain, kebutuhan yang memerlukan biaya yang tidak sedikit ini harus sudah tercapai dalam kurun waktu kurang dari lima tahun. Kebutuhan jenis ini dapat berupa biaya pernikahan atau uang muka rumah.

Baik itu jangka panjang maupun jangka pendek, kamu akan selalu membutuhkan strategi untuk dapat memenuhi setiap tujuan keuanganmu. Ingat, kebutuhan-kebutuhan ini harus diprioritaskan dibanding keinginan kamu untuk menghabiskan uang secara impulsif.

Buat dirimu di masa depan berterima kasih kepada kamu yang hari ini sudah mulai mau belajar menerapkan langkah-langkah paling bijaksana untuk merealisasikan kebutuhan finansialmu. Makanya, simak dulu langkah-langkah berikut ini:

Break it down

Bagaimana untuk dapat mencapai tujuan keuangan? Langkah pertama, tentu saja, adalah dengan menentukan tujuan keuangan. Jika tujuan keuanganmu mencakup capaian-capaian jangka panjang yang membutuhkan biaya besar, cara paling cerdas adalah untuk membaginya menjadi tujuan-tujuan yang lebih kecil.

Dengan memecah satu tujuan keuangan besar menjadi beberapa tujuan keuangan kecil jangka pendek, capaian tersebut akan terasa lebih ringan dan tidak terlalu membebani pikiran kamu.

Dalam hal ini, kamu harus disiplin dalam mencapai setiap langkah-langkah kecil yang akan menuntun kamu mencapai tujuan keuangan yang lebih besar. Catat setiap capaian dan kemajuan yang kamu capai dan selalu ingat bahwa tujuan-tujuan kecil itu adalah bagian dari tujuan yang lebih besar yang akan memudahkan hidupmu di masa depan.

Jangka waktu yang Pasti

Setelah menentukan tujuan keuangan yang akan kamu capai dan memecahnya menjadi tujuan-tujuan yang lebih kecil, penting juga untuk menentukan jangka waktu yang pasti dari setiap tujuan yang kamu buat. Di sinilah kedisiplinan memainkan peran yang sangat penting bagi setiap tujuan yang telah kamu tuliskan.

Ingat ya, selalu buat tujuan keuangan dalam jangka waktu yang realistis untuk dicapai. Hanya kamu yang paham mengenai kondisi keuangan pribadimu dan hal ini sangat penting bagi kamu untuk menghitung secara pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan keuangan kamu.

Misalnya, di bulan ini kamu sudah menentukan tujuan keuangan jangka pendek untuk menabung Rp1 juta, kamu harus menganalisis riwayat pengeluaranmu dulu sebelum menetapkan jangka waktu menabung. Sangat penting untuk selalu bersikap realistis mengenai kapasitas dan kemampuan kamu dalam mencapai tujuan keuangan. Kenapa? Karena jika kamu menetapkan target yang tidak realistis dan sulit dicapai, hal ini akan menyusutkan motivasi kamu.

Pilih Produk Investasi yang Tepat

Berinvestasi adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai tujuan finansialmu. Berinvestasi bahkan bisa membantumu mencapai tujuan-tujuan tersebut lebih cepat dari menabung. Salah satu instrumen investasi yang paling cocok untuk pemula adalah reksa dana.

Namun, kamu harus tahu jenis-jenis reksa dana yang paling tepat untuk membantumu mencapai tujuan keuangan. Terdapat jenis reksa dana yang berbeda untuk tujuan keuangan yang berbeda. Jika tujuan utama kamu adalah menyiapkan dana pendidikan anak-anak kamu yang membutuhkan jumlah uang yang tidak sedikit dan masih akan dicapai dalam waktu yang lama, maka paling cocok bagi kamu untuk berinvestasi di reksa dana pasar saham.

Namun, jika tujuan kamu adalah mengumpulkan sejumlah uang demi memiliki dana darurat, pilih investasi jangka pendek dengan instrumen volatilitas rendah seperti reksa dana pasar uang.

Memilih jenis investasi reksa dana yang tepat dapat membantu kamu mengumpulkan dana untuk mencapai tujuan keuangan kamu dengan lebih cepat. Berinvestasi di reksa dana juga akan membuat kamu terhindar dari menggunakan uang untuk memenuhi keinginan yang bukan menjadi prioritas kamu.

Tapi ingat, kamu harus selalu memilih tempat terbaik untuk berinvestasi. Bagi kamu yang sibuk dengan mobilitas yang padat, investasi online bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk tujuan finansialmu. Sekarang ini, kamu sudah dapat berinvestasi melalui aplikasi investasi online di handphone kamu. Hanya pilih aplikasi investasi online yang sudah resmi terdaftar di lembaga keuangan negara seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ya!

Celah untuk Ketidakpastian

Sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan jatuh juga. Ini adalah pepatah yang paling pas digunakan untuk terus mengingatkan diri sendiri bahwa dalam investasi sangat penting untuk memiliki plan B. Tidak peduli sebanyak apa pun keuntungan yang kamu dapat dari investasimu, selalu siapkan strategi untuk kondisi merugi dan untuk menghadapi kondisi pasar yang tidak pasti.

Ingat pula, bahwa prinsip dasar dalam dunia investasi adalah ‘high risk, high return’. Jadi jika kamu berinvestasi di reksa dana pasar saham yang memberikan keuntungan besar jangka panjang, selalu ingatkan dirimu bahwa risiko yang muncul juga besar.

Back up plan ini juga berkaitan dengan penentapan jangka waktu untuk mencapai tujuan keuangan kamu. Setelah dikalkulasi, kemampuan finansialmu memungkinkan kamu mencapai biaya pernikahan sebesar Rp500.000.000 dalam tiga tahun.

Namun, jika berbicara perencanaan keuangan secara bijak, maka kamu seharusnya menargetkan tujuan finansial tersebut tercapai dalam waktu lima tahun. Kenapa? Dua tahun adalah ruang untuk kamu bangkit dari kerugian yang dalam jika kondisi pasar yang buruk ikut menyeret keuntunganmu ke dalam badai.

Dalam menerapkan langkah-langkah tadi, komitmen dan disiplin adalah aspek yang paling penting yang akan membawamu dalam pencapaian finansial yang besar dalam hidupmu. Jangan lupa, tujuan keuangan yang tercapai dengan baik adalah kunci menuju kebebasan finansial dan masa depan yang sejahtera!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait