Mengintip Peluang Usaha Burung Kicau, Salah Satunya Kutilang Emas

Burung kutilang merupakan jenis burung berkicau yang sudah banyak dikenal di Indonesia. Kita menjumpai burung kutilang di tepi jalan ataupun di halaman-halaman rumah. Di Indonesia sendiri ada 2 jenis burung kutilang, yaitu burung kutilang biasa (Pycnonotus aurigaster) dan burung kutilang emas (Pycnonotus Melanicterus).

Kutilang emas pada umumnya didominasi berwarna kuning dan agak kehijau-hijauan. Lalu pada bagian leher berwarna merah delima. Burung yang juga biasa disebut cucak kuning ini memiliki kebiasaan. Tidak suka berpindah wilayah atau berimigrasi.

Burung kutilang emas lebih suka menempati pepohonan yang tinggi dan rimbun sebagai tempat tinggalnya. Bagi yang hobi memelihara, tentu memiliki keuntungan tersendiri. Burung kicau kutilang emas ini banyak dipelihara karena kesetiaannya. Selain itu juga punya keunggulan yang jadi pertimbangan banyak orang, salah satunya adalah harga jualnya.

Namun, apabila kamu merawatnya dengan baik dapat dijual tinggi. Dan bisa jadi juara dalam kejuaraan lomba kicauan burung. Harga kutilang sendiri beragam, mulai dari ratusan ribu sampai puluhan jutaan pun ada.

Potensi Usaha Burung Kicau

Burung kicau memiliki celah yang bagus untuk dijadikan peluang usaha, karena semakin bagus kicauannya, harganya pun semakin meroket. Namun, untuk membuat burung memiliki suara kicauan yang bagus, perlu proses yang tekun saat merawatnya. Kamu bisa membeli anakan atau tangkapan dengan harga yang murah sekitar Rp10 ribu sampai Rp25 ribu.

Jika perawatannya baik, dalam waktu enam bulan burung bisa mulai berkicau. Supaya melatih suara burung kutilang emas ini semakin bagus, sebaiknya burung diadu atau dirunti. Tapi yang diadu disini suaranya ya! Sebab kutilang emas ini bukan tipe petarung.

Bisnis Burung Berkicau Bernilai Tinggi

Jenis burung rajin berkicau apapun bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha, termasuk kutilang emas. Karena untuk menentukan seekor burung itu punya nilai tinggi dilihat dari kestabilan irama, volume, serta gaya suaranya.

Suara kicauan burung tidak semuanya sama, ada yang seperti penyanyi dangdut, dan lainnya. Semakin bagus kicauannya, harganya pun makin mahal, mencapai ratusan juta rupiah. Namun, harga burung bukanlah patokan utama untuk mendapatkan prestasi di kontes perlombaan. Burung kicau dengan harga murah pun bisa juara, yang penting kualitas suaranya oke.

Peluang Lain Seputar Burung Kicau

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, peluang usaha burung kicau ini sangat berpotensial. Banyak sekali peluang yang bisa diambil. Berikut ini peluang usaha lain yang bisa kamu kerjakan terkait burung kicau.

  • Jual Beli Sangkar Burung

Kebutuhan sangkar untuk burung kicau ternyata cukup tinggi, jadi kamu bisa memanfaatkannya. Dengan menyediakan dan menjual sangkarnya. Kamu bisa menyediakan berbagai macam pilihan, berdasarkan kualitas dan keindahan dari sangkar itu sendiri.

  • Jual Pakan Burung Kicau

Pakan burung tentunya sudah jadi kebutuhan utama bagi yang hobi burung kicau. Ada banyak jenis pakan yang bisa dijual, ada yang sudah jadi dan dari serangga hidup untuk gizinya.

  • Jasa Perawatan dan Pemeliharaan Burung Kicau

Banyak dari pehobi yang tidak bisa merawat dan membesarkannya burung kicaunya dari waktu masih kecil. Karena alasan tidak ada waktu atau pengetahuan yang belum cukup dalam memelihara anakan burung. Nah, kamu bisa menawarkan jasa pembesaran burung kicau dengan fee yang disepakati kedua pihak.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait