Catat, Ini Indikator Reksa Dana yang Mendatangkan Keuntungan

indikator reksa dana
indikator reksa dana

Indikator reksa dana bisa membantu kamu dalam mendatangkan keuntungan. Oleh karena itu, redaksi Ajaib akan memberikan ulasannya seperti berikut ini.

Kinerja reksa dana selama beberapa bulan terakhir karena pengaruh pasar domestik yang turun. Namun bukan berarti ini menjadi hal yang buruk karena pasar reksa dana sebenarnya masih sesuai ekspektasi. Melansir dari CNBCIndonesia, investasi reksa dana diperkirakan akan semakin cerah pada 2020 mendatang.

Indikatornya adalah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih di atas 5%. Angka ini lebih baik dibandingkan negara lain. Hal ini juga didukung kondisi global seperti perang dagang Eropa dan Amerika juga Amerika dan India. Saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk memulai investasi reksa dana untuk perencanaan keuangan yang lebih matang.

Meskipun aksesnya kini lebih mudah namun masih banyak yang bingung memilih reksa dana yang menguntungkan. Tentunya ada Manajer Investasi yang nantinya akan mengelola investasi kita namun calon investor juga harus cermat menanamkan uangnya. Apalagi kini ada 2.094 produk reksa dana berdasarkan data OJK hingga Juni 2019.

Untuk mempermudah, ada sejumlah indikator reksa dana yang bisa diaplikasikan. Pengertian indikator reksa dana ini telah Ajaib uraikan dengan mudah agar gampang dipahami pemula sepertimu.

Return yang Konsisten

Tingkat keuntungan yang bisa dihasilkan produk reksa dana adalah indikator utama. Pelajari kinerja produk selama ini dan bandingkan dengan yang sejenis. Angka capaian bukanlah patokan utama melainkan konsistensi. Pilihlah reksa dana yang berhasil mencetak return secara konsisten dalam jangka panjang agar investasimu menguntungkan.

Tingkat Risiko yang Wajar Dibandingkan Return

Tingkat risiko menjadi indikator lain memilih produk reksa dana. Ada berbagai metode yang bisa digunakan namun pada dasarnya semakin tinggi resiko maka semakin tinggi keuntungannya. Pilihlah reksa dana yang beresiko tinggi namun juga memiliki return tinggi. Serupa, bandingkan produknya sejenis sampai mendapatkan pilihan yang tepat.

Jumlah Dana Kelola dan Unit Penyertaan yang Terus Naik

Dana Kelola sering disebut Asset Under Management (AUM) atau Nilai Aktiva Bersih (NAB) untuk jumlah dana seluruh investor ditambah hasil pengembangannya. Sedangkan Unit Penyertaan (UP) adalah jumlah unit yang perkembangannya sesuai dengan transaksi investor. Besar dan kecilnya kedua hal ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun sebagai investor pemula kamu bisa dengan indikator perkembangannya. Semakin tinggi perkembangannya maka akan semakin baik dan menguntungkan dalam jangka panjang.

Biaya Investasi Reksa Dana yang Sesuai dengan Layanan yang Diberikan

Kita tentunya menginginkan biaya serendah mungkin namun tidak demikian dengan manajer investasi. Pengelola investasi ini butuh dana lebih untuk memaksimalkan kinerjanya. Sebagai solusi, cari review dan rekomendasi soal reksa dana tersebut. Carilah yang perbandingan biaya dan returnya sebanding dan menguntungkan bagi investasimu.

Empat poin di atas bisa menjadi indikator dalam memilih produk reksa dana yang diinginkan. Kalau masih kurang jelas, kamu bisa berkonsultasi dan mendapatkan pengetahuan keuangan lewat aplikasi Ajaib. Jangan batalkan niat investasimu hanya karena minim informasi dan merasa ragu ya.

Bacaan menarik lainnya:

Siamat,Dahlan . (2004). Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait