Mendapat Kenaikan Gaji? Ini Caranya Menjaga Kondisi Keuanganmu

Semua orang bekerja demi mendapatkan penghasilan untuk membiayai kebutuhan dan keinginannya. Karena itulah, besaran gaji menjadi salah satu indikator penting bagi semua orang, termasuk kamu, untuk menilai kesuksesan karier yang dijalani. Di sisi lain, kenaikan gaji juga dianggap sebagai peningkatan kariermu dan juga memberikan penghasilan yang lebih banyak.

Perkara gaji dan penghasilan tetap inilah yang membuat lowongan sebagai PNS, TNI, dan Polri paling dicari. Sama seperti lowongan di Kementerian Keuangan dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sebabnya, gaji pokok pertamanya dianggap tinggi selain juga ditambah dengan tunjangan kinerja dan tunjangan hari raya (THR). Namun sebenarnya gaji pegawai negeri sipil (PNS) tidak terlalu fantastis jika kamu bekerja cukup giat di pekerjaanmu saat ini.

Apalagi jika kamu bisa mendapatkan kenaikan gaji secara rutin. Apalagi biasanya sektor swasta cukup murah hari memberikan bonus dan kenaikan tingkat jika kinerjanya sangat memuaskan. Bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih banyak sehingga sanggup memiliki aset impian dan menyiapkan dana pensiun.

Sayangnya tidak banyak generasi milenial yang siap saat menerima kenaikan gaji. Maksudnya, mereka tidak bisa mengelola dana lebih banyak dari biasanya untuk hal yang lebih bermanfaat. Kebanyakan hanya menghabiskannya untuk sekedar foya-foya atau pengeluaran lainnya yang sebenarnya tidak perlu.

Kenaikan Gaji Tak Berarti Foya-foya

Kamu diberikan kenaikan gaji biasanya karena kinerjamu dianggap sangat positif sehingga pantas diberi reward dengan penghasilan yang lebih besar. Selain aspek tanggung jawab di kantor yang juga bertambah, kamu sebenarnya juga memiliki tambahan pekerjaan rumah untuk mengelola dana yang lebih banyak itu.

Beberapa merasa wajar menghamburkan kenaikan gajinya dengan alasan memberikan penghargaan bagi diri sendiri. Meskipun hal itu tidak salah dilakukan namun sebaiknya kamu tidak terjebak pada pola pikir tersebut. Pastikan gaji yang bertambah bisa memperbaiki pendapatanmu bukan malah menambah pengeluaranmu.

Meskipun kenaikan gaji terdengar untuk perayaan, penting bagimu untuk tidak terbawa oleh situasi. Sebaliknya jadikan gaji yang bertambah untuk menambah dayamu mempersiapkan kondisi keuangan yang lebih baik, di masa sekarang dan masa depan.

Berikut adalah beberapa tips untuk memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya.

# Lakukan pemeriksaan realitas

Pertama-tama, dekati HRD dan temukan pemecahan total gaji setelah kenaikan dan bandingkan dengan gajimu sebelumnya. Komponen gaji apa yang meningkat dan apa implikasi pajaknya? Apakah gajimu yang baru dikenakan pajak lebih besar dari sebelumnya? Pajak penghasilan di Indonesia sendiri dikenakan sebesar 5 persen untuk penghasilan maksimal Rp50 juta.

Pajak atau potongan asuransi tentu akan mengurangi gaji bulanan yang kamu terima. Oleh karena itu, dibutuhkan kira-kira dua bulan untuk mencari tahu kenaikan gajimu yang sebenarnya. Selain itu, jika kamu telah beralih ke pelat pajak yang lebih tinggi, mungkin diperlukan investasi lebih banyak untuk mengurangi kewajiban pajak.

# Tingkatkan investasi yang Kamu Lakukan

Setelah kamu mengetahui peningkatan aktual dalam pendapatan bulananmu, alokasikan sekitar 50% dari itu untuk tujuan keuanganmu saat ini – baik itu pensiun atau pun pendidikan anak-anak. Misalnya, jika gaji bulananmu naik sebesar 5 juta rupiah, tambah investasimu sebesar Rp 2,5 juta rupiah. Itu tidak hanya dapat membantu mendapatkan aset yang lebih besar tetapi juga membantu mencapai tujuan keuanganmu lebih cepat.

Kenaikan gaji idealnya merupakan tambahan yang diterima setiap bulan. Selain itu, dengan mengotomatisasi investasimu dengan berinvestasi secara berkala di reksa dana, kamu memastikan volatilitas pasar tidak mempengaruhi potensi peningkatan ekuitasmu.

# Membayar utang/cicilan yang besar

Bagian dari kenaikan gajimu dapat diperuntukkan untuk membayar kembali cicilan besar/kartu kredit dan pinjaman pribadi. Kamu dapat berbicara dengan pemberi pinjaman dan meminta pembayaran yang lebih tinggi pada pinjamanmu untuk penyelesaian yang lebih cepat. Pinjaman kartu kredit memiliki tingkat bunga 3%/bulan.

Membayar dengan jumlah yang besar akan menghemat banyak bunga untuk pinjaman itu.

Namun, kamu tidak perlu terburu-buru untuk membayar pinjaman rumah karena kamu mendapatkan potongan pajak dan tingkat bunganya hanya sedikit lebih tinggi daripada apa yang berpotensi kamu dapatkan dari investasi di ekuitasmu.

# Bangun dana darurat

 Jika kamu belum membangun dana darurat yang kuat, waktu yang tepat adalah sekarang. Rata-rata, dana daruratmu harus bernilai minimal tiga bulan dari penghasilanmu saat ini.

# Investasikan dirimu

Kamu mendapat peningkatan karena perusahaan senang dengan kinerjamu saat ini. Untuk mempertahankan keunggulan kompetitif, kamu perlu meningkatkan keahlian dan meningkatkan nilai profesionalmu. Jadi, pastikan sebagian dari uang tersebut digunakan untuk menghadiri seminar, workshop, atau kursus yang akan membuatmu tetap terdepan dalam dunia korporat.

# Jangan lupa tentang amal dan kesenangan

Pendapatan yang lebih tinggi juga berarti sekarang kamu memiliki kesempatan untuk menyumbang lebih banyak untuk tujuan yang lebih dekatdan itu juga dengan cara menghemat pajak yang efektif. Saat kamu melakukan ini, pastikan tidak melewatkan kesenangan. Kenaikan gaji adalah alasan untuk perayaan. Apresiasi dirimu sendiri untuk kerja keras yang dilakukan dan pergi makan malam bersama teman-teman atau bawa pulang iPad yang diminta putrimu.

 

Pada akhirnya, saat kamu menikmati kejayaan pekerjaan yang dilakukan dengan baik, salah satunya lewat kenaikan gaji, sangat penting untuk tidak melupakan tujuan keuangan jangka panjang. Investasikan sebanyak mungkin untuk mencapai tujuanmu sambil mengurangi cicilan yang besar.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait