Bisnis & Kerja Sampingan

5 Langkah Menentukan Tujuan Bisnis dengan Tepat

6 Langkah Menentukan Tujuan Bisnis dengan Tepat

Ajaib.co.id – Apa sih sebenarnya tujuan bisnis yang sedangkan kamu jalankan saat ini? Untuk menghasilkan cuan sebanyak-banyaknya dan membuatmu bisa hidup mewah? Jelas itu adalah salah satu target karena mendapatkan untung adalah sasaran utama dari sebuah usaha.

Tujuan adalah hal yang penting dalam setiap proses yang kamu jalani. Manfaatnya memberikan motivasi sekaligus arah dalam menentukan langkah. Demikian pula dalam dunia usaha. Bisnis memiliki tujuan dasar untuk menghasilkan keuntungan. Karena jika tidak bertujuan menghasilkan keuntungan, itu disebut dengan perusahaan nirlaba atau lembaga sosial.

Dalam mewujudkan tujuan inilah maka kemudian pemilik bisnis akan menerapkan sejumlah strategi. Dalam tujuan besar cuan ini pula kemudian dihadirkan tujuan bisnis jangka pendek guna menyokong hasil akhir yang ingin didapatkan. Hal inilah yang kerap tidak disadari oleh para pengusaha kecil.

Dianggap hanya berniat untuk untung saja cukup jadi boosting semua langkah dan strategi dalam bisnisnya. Pada proses awal, kita perlu merumuskan tujuan bisnis dengan terperinci untuk memudahka prosesnya. Untuk melakukannya, kamu bisa menerapkan hanya dalam 6 langkah mudah saja.

5 Langkah Mudah Merumuskan Tujuan Bisnis agar Kesuksesan Semakin Cepat Datang

Menetapkan tujuan bisnis adalah langkah penting yang harus dilakukan setiap pelaku bisnis sebelum mulai mengeksekusi ide-ide bisnisnya. Kenapa penting? Karena tidak peduli sebagus apapun ide yang kamu punya untuk membangun bisnis baru, perjalanan bisnismu nanti tidak akan terarah dengan baik jika kamu belum menentukan tujuan bisnis yang spesifik.

Agar lebih mudah bagimu menentukan tujuan bisnis, tidak kalah pentingnya untuk benar-benar memperluas sudut pandang dan memahami betul pengertian bisnis itu sendiri. Dengan memahami pengertian bisnis, tidak hanya memahami arti penting tujuan berbisnis, kamu juga dapat lebih mengerti perihal fungsi bisnis, manfaat bisnis, jenis-jenis bisnis serta hal penting yang harus dilakukan untuk memperoleh keuntungan optimal dari bisnis tersebut.

Lalu, bagaimana caranya untuk menentukan tujuan bisnis dengan tepat?

1. Tentukan Sasaran

Langkah pertama dalam menetapkan tujuan bisnis adalah menentukan dengan tepat apa yang ingin kamu capai. Pastikan tujuanmu sepadan dengan usahamu. Pikirkan bagaimana kamu akan merancang tujuan jika kamu yakin itu akan berhasil. 

Penting untuk menetapkan tujuan yang jelas. Kamu harus tahu persis ke mana kamu ingin pergi dan tidak boleh melepaskan dari target tersebut, meskipun kamu mengalami kegagalan di sepanjang jalan. Buat sespesifik mungkin, sehingga kamu dapat menentukan kapan telah mencapai tujuanmu.

2. Buat Tujuan yang Spesifik

Sekali lagi, pastikan tujuan bisnismu tidak terlalu samar. Tetapkan tujuan akhirmu dan buat petanya untuk mengetahui dengan tepat bagaimana kamu akan mencapai tujuan. Tentukan dengan spesifik apa yang ingin dicapai di setiap titik .

3. Berkomitmen pada Tujuan

Buat komitmen dan patuhi itu. Setelah kamu menjalankan rencana, tetap termotivasi untuk melihat tujuanmu sampai akhir. Jangan menunda-nunda atau menebak-nebak keputusanmu, karena ini hanya akan menunda proses. Jangan lupa untuk menikmati prosesnya dan beri penghargaan pada diri sendiri karena tetap fokus.

4. Tetapkan Batas Waktu

Jika kamu tidak menetapkan tenggat waktu, sasaran kamu akan gagal. Sasaran tanpa tenggat waktu menunjukkan bahwa kamu tidak sepenuhnya berkomitmen. Menentukan tenggat waktu menempatkan tujuanmu ke dalam konteks. Pilih tanggal yang wajar yang tidak terlalu agresif, tetapi juga tidak terlalu jauh.

5. Hadiahi Dirimu Sendiri

Dalam proses penetapan tujuan, ada satu hal yang sangat penting untuk diingat yaitu kamu sendiri. Setelah mencapai tujuan atau mencapai tonggak dalam tujuan, pastikan untuk menandai kesempatan tersebut. Kamu telah menginvestasikan banyak waktu, energi, dan tekad untuk mencapai tujuanmu, jadi pastikan kamu meluangkan waktu untuk merayakan kesuksesan.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Banyak orang merasa sudah memiliki tujuan bisnis yang jelas. Nyatanya, hanya sekedar memiliki tujuan tanpa dasar ilmu yang memadai saja tidak cukup. Sebaiknya kamu membekali diri dengan ilmu yang diperlukan sebelum terjun dalam dunia usaha.

Langkah pertama dalah belajar makna bisnis dari kacamata para ahli antara lain:

Hooper

Hooper berpendapat bahwa bisnis merupakan gabungan dari kompleksitas beberapa aspek di dalamnya termasuk penjualan, sistem industri, proses pengolahan bahan, distribusi, perbankan, asuransi, transportasi, dan masih banyak faktor lainnya yang relasi antara satu dan lainnya bertujuan untuk melayani dan memasuki pasar secara utuh dan menyeluruh.

Urwick dan Hunt

Urwick dan Hunt menyatakan bahwa bisnis bisa diartikan sebagai kegiatan suatu perusahaan dalam memproduksi, mendistribusikan, dan menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat yang kemudian mau dan mampu membeli dan membayar produk maupun jasa perusahaan tersebut.

Prof. Owen

Tidak jauh berbeda dengan Urwick dan Hunt, Profesor Owen berpendapat bahwa bisnis meliputi aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan proses produksi dan distribusi barang tertentu untuk selanjutnya dijual ke pasar dengan harga yang ditetapkan bagi setiap pelanggan.

Prof. L. R. Dicksee

Dalam pandangan Profesor L. R. Dicksee, bisnis merupakan aktivitas dengan tujuan memperoleh keuntungan bagi si pelaku bisnis. 

Mc Naughton

Menurut Mc Naughton, bisnis adalah aktivitas pertukaran dengan uang yang tujuannya memberikan keuntungan bagi si penjual maupun pembeli. 

Steinford

Dalam hemat Steinford, bisnis adalah lembaga yang memproduksi barang maupun jasa yang dibutuhkan masyarakat. Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan meningkatkan perkembangan suatu bisnis untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dari situlah bisnis akan memperoleh laba. 

Griffin dan Ebert

Griffin dan Ebert juga mengamini bisnis sebagai aktivitas untuk membuat dan menyediakan barang maupun jasa yang dibutuhkan konsumen. Lebih spesifik, dijelaskan pula bahwa bisnis dapat dilakukan oleh perusahaan yang memiliki badan hukum, perusahaan yang telah memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memiliki badan hukum atau badan usaha. Contohnya adalah pedagang kaki lima, warung pinggir jalan, maupun jenis-jenis usaha lainnya.

Hughes dan Kapoor

Bisnis menurut Hughes dan Kapoor adalah aktivitas melalui penyediaan barang maupun jasa dengan tujuan menghasilkan laba atau keuntungan. Bisnis dapat menghasilkan keuntungan jika total pemasukan selama satu periode (total revenues) melebihi total biaya (total cost) yang dikeluarkan pelaku bisnis dalam periode yang sama. Laba ini menjadi daya tarik utama bagi orang-orang untuk melakukan kegiatan bisnis. Melalui laba juga lah seorang pebisnis dapat mengembangkan skala bisnisnya untuk memberikan impact yang lebih besar kepada masyarakat dan mendapatkan laba yang lebih besar juga.

Dari berbagai macam pengertian bisnis menurut para ahli yang telah dipaparkan di atas, tentunya kamu dapat mengambil poin utama dan memiliki pemahaman yang sesuai terkait definisi bisnis, kan?

Jika kamu sudah benar-benar paham apa itu bisnis, akan lebih mudah bagimu untuk menentukan tujuan bisnis yang sesuai dengan ide bisnismu. Namun kamu juga harus memahami bahwa ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan. Para ahli membagi jenis bisnis berdasarkan industri, misalnya saja bisnis industri dan bisnis agraris, dan berdasarkan kegunaanya seperti kegunaan tempat atau waktu.

Jika sudah menetapkan bidang industri yang kamu minati barulah kemudian melakukan riset lebih jauh. Misalnya mengatur waktu tepat untuk melakukan pertukaran barang, jam kerja atau strategi lainnya yang dibutuhkan. Tujuan bisnismu akan jadi kompas yang jadi acuan untuk setiap langkah yang kamu ambil.

Itulah beberapa hal yang penting kamu perhatikan ketika ingin mencapai tujuan bisnis. Jadi, apapun kegiatan bisnis kamu, baik menjual barang ataupun bisnis jasa, pastikan tujuan utamamu tercapai dengan terus fokus untuk mendapatkan keuntungan dan kesuksesan dalam bisnis.

Tujuan Dalam Investasi, Penting Agar Tetap Setia

Memiliki tujuan adalah hal penting dalam setiap proses, termasuk dalam berinvestasi. Karena itulah, para pakar keuangan selalu menyarankan untuk menetapkan tujuan keuangan yang ingin dicapai lewat investasi tersebut. Dari tujuan itu barulah kemudian dibreakdown untuk merancang strategi investasi.

Misalnya saja jika tujuanmu adalah mengumpulkan dana pensiun akan investasi saham jangka panjang adalah langkah yang tepat. Sedangkan jika kamu ingin mengumpulkan dana pernikahan atau uang muka KPR bisa dengan instrumen reksa dana. Dalam jangka waktu tersebut, uangmu akan berkembang sampai pada jumlah yang dibutuhkan.

Namun, dalam proses tersebut penting sekali memilih investasi yang tepat dan aman serta berpeluang menghasilkan cuan. Adapun, kamu sendiri bisa berinvestasi reksa dana maupun saham lewat aplikasi Ajaib. Tersedia banyak fitur yang akan memudahkanmu dalam memulai langkah investasimu.

Sejumlah langkah awal tersebut misalnya saja menetapkan profil risiko dan menetapkan tujuan keuangan. Ada banyak bantuan lain yang bisa kamu dapatkan termasuk saran para ahli maupun pilihan reksa dana tematik.

Ajaib juga menyediakan informasi lengkap terkait emiten. Mulai dari laporan performa keuangan, hingga competitive ranking, yang menunjukkan urutan perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain dalam industri sejenis.

Lalu, kamu juga dapat menemukan profil perusahaan, informasi fundamental, informasi grafik harga, dan antrian order permintaan & penawaran. Bahkan jika kamu ingin trading, sudah tersedia juga analisis teknikal yang bisa kamu jadikan panduan. Saham yang semula hal berbahaya bagi pemula bisa jadi kesempatan yang menyenangkan untuk dijajal bersam Ajaib.

Dengan demikian, kamu bisa memastikan baik tujuan bisnis dan tujuan investasimu bisa berjalan beriringan.

Yuk buruan donwload aplikasi Ajaib!

Artikel Terkait