Saham

Lebih dari Cari Untung, Berikut Tujuan Investasi Saham

tujuan investasi saham

Banyak yang bertanya tentang tujuan investasi saham. Jika tujuan berinvestasi hanya didasarkan saja pada mencari keuntungan, menjalankan usaha juga mendapatkan untung. Lalu kenapa harus melakukan investasi saham atau investasi lainnya.

Tujuan melakukan investasi sebenarnya banyak dan lebih dari mencari untung saja. Dengan melakukan investasi, merupakan salah satu langkah yang sebaiknya kamu ambil untuk meminimalisir risiko yang bisa sewaktu-waktu terjadi pada kondisi keuangan.

Namun nyatanya, sampai saat ini masih banyak yang belum memahami pentingnya investasi dalam keuangan. Padahal investasi bisa mengamankan keuanganmu juga untuk memastikan masa depan yang lebih baik atau untuk perencanaan kedepannya.

Dengan melakukan investasi pasti akan mempengaruhi keuanganmu. Berikut beberapa tujuan investasi yang perlu kamu ketahui untuk dijadikan pertimbangan sebelum melakukan investasi

Mengamankan Kekayaan Dari Inflasi

Inflasi adalah kejadian yang membuat harga-harga barang melambung tinggi secara terus-menerus. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor seperti meningkatnya konsumsi masyarakat, likuiditas di pasar yang berlebihan atau terhambatnya distribusi barang.

Setiap negara pasti memiliki inflasi dengan besaran yang berbeda-beda. Inflasi sendiri menjadi bukti bahwa ekonomi terus bergerak, uang terus beredar melalui tiap transaksi yang dilakukan. Namun inflasi juga sebagai tanda harga barang mulai naik.

Dalam kondisi inflasi, nilai dari mata uang bisa perlahan mengecil dan jika sudah seperti itu peran investasi akan terasa. Jika kamu sudah melakukan investasi, hal tersebut akan mengamankan kekayaanmu. Inilah tujuan investasi saham maupun investasi lainnya.

Menyediakan Dana Pensiunan di hari Tua

Banyak yang merasa belum siap ketika tiba masa untuk pensiun. Hal tersebut karena merasa dana pensiunan yang dimiliki tidak mencukupi untuk bekal hidup setelah tidak lagi bekerja. Baik dari perusahaan atau BPJS ketenagakerjaan.

Jika kamu mau menyisihkan penghasilan mu, menahan godaan-godaan untuk belanja atau nongkrong. Kamu bisa berinvestasi sedini mungkin. Ketakutan yang muncul saat akan pensiun tidak akan mengganggu pikiran lagi.

Tujuan investasi saham atau investasi apapun adalah untuk menyimpan dana sehingga bisa digunakan saat sudah tidak bekerja lagi. Selain uang mu aman. Nilai dari uang yang kamu pakai untuk investasi juga bertambah.

Menyiapkan Dana untuk Pernikahan

Dalam melaksanakan pernikahan, sebenarnya itu cukup sederhana. Jika sudah memenuhi syarat, baik secara agama maupun negara. Maka kedua mempelai akan resmi menjadi sepasang suami istri. Namun di Indonesia tidak bisa sesederhana itu.

Di Indonesia, setelah kedua mempelai resmi menjadi pasangan suami istri. Agenda selanjutnya adalah mengadakan pesta pernikahan atau resepsi. Dengan mengadakan resepsi, tentu dibutuhkan budget yang lumayan banyak.

Mungkin inilah salah satu alasan banyak pasangan yang belum atau menunda ke jenjang pernikahan karena belum siap secara finansial dan resepsi pernikahan. Melakukan investasi sedini mungkin merupakan solusi.

Dengan melakukan investasi sedini mungkin, sejak awal bekerja. Return atau imbal hasil rata-rata 15% dalam setahun. Maka sudah cukup untuk persiapan nikah serta resepsinya dalam usia 28-30 tahunan.

Menyiapkan Dana untuk Pendidikan Anak

Setelah kamu menikah dan sah sebagai sepasang suami istri. Tentu kamu mengharapkan kehadiran anak dan menyiapkan segala kebutuhan untuk tumbuh kembangnya. Salah satu hal yang tidak boleh luput adalah kebutuhan akan pendidikannya.

Biaya pendidikan setiap tahunnya bisa dipastikan mengalami kenaikan. BPS atau Badan Pusat Statistik mengatakan bahwa kenaikan biaya pendidikan bisa sampai 10% tiap tahunnya. Peningkatan yang cukup signifikan.

Jika kamu sudah melakukan investasi. Nominal yang harus kamu bayarkan untuk kebutuhan pendidikan buah hati bisa lumayan tertutup. Melakukan investasi di saham akan memberi return atau imbal hasil lebih dari 10% per tahunnya. Imbal saham didapat dari kenaikan harga saham atau dividen.

Manfaat Investasi Saham

Melakukan investasi apapun termasuk saham pasti memiliki risiko yang mau tidak mau harus dihadapi. Untuk melatih insting dalam bermain saham, kamu bisa mencoba investasi Reksa Dana saham di Ajaib.co.id. Investasi yang kamu lakukan dijamin aman karena Ajaib sudah terdaftar resmi di OJK.

Berikut beberapa manfaat investasi saham yang akan kamu rasakan:

Modal Kecil Keuntungan Besar

Keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan investasi saham cukup menjanjikan meskipun dengan modal yang kecil. Bahkan saat ini ada metode angsuran untuk membeli lembar saham dan keuntungan yang didapatkan bisa mencapai margin 100%.

Fleksibilitas Investasi

Melakukan investasi saham tidak akan menyita banyak waktu sehingga pekerjaan utama mu akan terbengkalai. Sebab dalam melakukan investasi saham kamu seperti mengamati bursa efek. Jadi aktivitas mu tetap berjalan seperti biasa sekaligus bisa menambah penghasilan.

Margin Keuntungan Naik Signifikan

Manfaat investasi saham selanjutnya adalah kenaikan margin keuntungan. Semakin naiknya harga saham dari perusahaan yang kamu miliki, semakin besar juga keuntungan yang kamu dapatkan.

Persentase Pajak Saham Relatif Kecil

Pajak yang dikenakan untuk investasi saham relatif kecil, jika dibandingkan dengan pajak dari instrumen investasi lainnya. Yaitu hanya 0.1% dari keuntungan yang kamu dapatkan sebagai investor. Nominal tersebut jauh lebih kecil dibanding investasi properti.

Lebih Aman dan Terpercaya

Jual beli saham yang dilakukan hanya melalui satu jalur, yakni bursa efek. Dengan begitu setiap transaksi pasti terjamin keamanan dan transparansinya. Kamu tidak perlu khawatir dengan penipuan yang mengakibatkan modal mu hilang begitu saja.

Itulah beberapa tujuan investasi saham juga manfaat investasi saham yang bisa kamu rasakan. Perencanaan keuangan jangka panjang memang diperlukan persiapan sejak awal. Seperti mengurangi membeli atau mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto. (2009). Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait