Tujuan, Manfaat, dan Macam-Macam Bisnis

Tujuan, Manfaat, dan Macam-Macam Bisnis
Tujuan, Manfaat, dan Macam-Macam Bisnis

Kata bisnis seringkali kita ucapkan, namun tahukah kamu yang dimaksud dengan bisnis? Pengertian bisnis adalah kegiatan yang melibatkan aktivitas jual beli ataupun pertukaran barang/jasa dan dikerjakan oleh perorangan maupun organisasi demi mendapatkan keuntungan. Sementara pemakaian kata “bisnis” dibedakan menjadi tiga, tergantung ruang lingkupnya. Kata bisnis bisa mengarah kepada badan usaha, sektor pasar tertentu, dan keseluruhan aktivitas.

Pada dasarnya seseorang melakukan bisnis tujuannya untuk mendapatkan laba atau profit (keuntungan). Pada umumnya dasar dari kepemilikan bisnis adalah mencakup:

  • Perusahaan Perorangan
  • Persekutuan
  • Perseroan
  • Koperasi

Tujuan Bisnis

Tujuan utama kegiatan bisnis adalah memproduksi barang dan jasa yang diperlukan masyarakat luas untuk memperoleh keuntungan. Namun, selain daripada itu ada beberapa tujuan dari bisnis itu sendiri, yaitu:

  • Mendapatkan laba
  • Pengadaan barang atau jasa yang bermanfaat buat masyarakat
  • Mencapai kesejahteraan pemilik bisnis dan masyarakat luas
  • Membuka lapangan kerja baru
  • Memperlihatkan eksistensi perusahaan untuk jangka waktu yang lama
  • Membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat

Fungsi Bisnis

Apapun yang dilakukan dalam bisnis memiliki fungsi untuk merubah sesuatu yang kurang berharga menjadi produk yang bermutu tinggi. Alasannya untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Sedangkan menurut pakar bernama Steinhoff, ada tiga fungsi utama dari bisnis. Apa saja itu?

  • Mencari bahan baku atau mentah (acquiring raw material).
  • Mengolah bahan mentah menjadi barang jadi (manufacturing raw materials into product).
  • Mendistribusikan barang jadi sampai ke tangan konsumen (distributing product to consumers).

Macam-Macam Bisnis

Dari penjelasan sebelumnya, bahwa yang dimaksud dengan bisnis adalah pada akhirnya mengarah pada sektor tertentu yang jadi cakupannya. Ada banyak macam jenis bisnis kita ketahui secara umum yang dikelompokkan sesuai dengan aktivitasnya. Berikut ini macam-macam bisnis.

a. Bisnis Manufaktur

Bisnis ini bergerak di bidang proses pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi. Kata manufaktur berasal dari bahasa latin yang berbunyi “manus faktus” yang berarti mengolah menggunakan tangan. Contoh dalam bisnis manufaktur ini diantaranya pembuatan batu bata, genteng, dan tempe.

b. Bisnis Jasa

Kegiatan menawarkan atau menjual sesuatu kepada pihak lain atau masyarakat yang tidak berwujud. Salah satu bisnis jasa yaitu konsultan atau jasa cuci mobil.

c. Bisnis Transportasi

Suatu bisnis yang dapat membantu mobilitas masyarakat atau mengantarkan barang dari tempat yang satu ke tempat lainnya. Misalnya adalah agen travel.

d. Distributor dan Pengecer

Bisnis yang bergerak di bidang niaga sebagai perantara antara produsen dan konsumen secara langsung. Kamu bisa melihat bentuk bisnis ini pada toko waralaba.

e. Bisnis Pertambangan dan Pertanian

Kegiatan bisnis dengan memproduksi berbagai barang mentah seperti halnya agro bisnis berupa tanaman, serta barang tambang, misalnya batu bara dan minyak bumi.

f. Bisnis Komunikasi

Bentuk usaha di bidang komunikasi yang dapat memberi kemudahan kepada masyarakat soal mendapatkan komunikasi dan informasi. Contohnya seperti radio, televisi, telepon, dan lainnya.

g. Bisnis Konstruksi

Kegiatan yang bergerak dalam proses pembangunan atau infrastruktur. Misalnya saja rumah, bandara, jalan raya, gedung, dan lain sebagainya.

Jadi bisnis itu adalah sesuatu kegiatan proses jual beli yang dapat dilakukan oleh siapapun, baik itu mahasiswa, ibu rumah tangga ataupun pekerja kantoran. Kamu pun bisa mendirikan bisnismu sendiri dengan modal kecil, bahkan tanpa modal. Siapkah kamu menjalankan usaha? Buat kamu yang belum siap mengelola bisnis, kamu bisa coba melakukan investasi saham. Di mana, dengan investasi saham, kamu sama saja menjadi pemilik salah satu bisnis. Jadi, mau punya bisnis sendiri atau mau jadi investor bisnis?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , ,
Buat Deposit Pertama Sekarang
Artikel Terkait