Mengenal Kadar Kemurnian Emas Tua dan Emas Muda

Mengenal Kadar Kemurnian Emas Tua dan Emas Muda
Mengenal Kadar Kemurnian Emas Tua dan Emas Muda

Membeli perhiasan, terutama emas adalah salah satu produk investasi yang digemari kaum wanita. Jangan heran jika kamu mengunjungi toko-toko emas dan melihat ibu-ibu sedang teliti mengamati calon perhiasannya.

Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain, emas batangan dan perhiasan memiliki nilai yang sangat fluktuatif. Harga jual dan belinya dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari inflasi hingga situasi politik. Meski begitu, banyak yang berkilah bahwa perhiasan lebih ringkas untuk dikelola. Selain itu, perhiasan bisa dipakai untuk merias diri dibanding dengan emas batangan/koin.

Kalau kamu salah satu yang sering berkunjung ke toko emas, kamu pasti familiar dengan istilah emas tua dan emas muda. Pemilik toko biasanya akan bertanya kepada calon pembeli perhiasan emas apa yang mereka incar. Memang apa bedanya perhiasan dengan emas muda dan emas tua?

Perbedaan Emas Tua dan Emas Muda

Dua istilah ini merujuk pada kadar kemurnian emas yang terkandung dalam perhiasan, seperti gelang, cincin, dan anting. Mengapa tidak terdapat 100% kandungan emas pada perhiasan? Emas murni adalah salah satu jenis metal yang sangat lunak. Agar tetap kuat saat dipakai, emas harus dicampur dengan kandungan metal lain.

Perhiasan emas muda diklaim memiliki kadar emas kurang dari 42% sedangkan emas tua memiliki kadar emas lebih dari 42%. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa kadar emas dalam emas muda adalah di bawah 70%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa perhiasan emas muda pasti memiliki kadar emas yang lebih kecil dari emas tua.

Kadar Emas Berpengaruh Pada Harga Emas

Perbedaan kadar emas dalam perhiasan tentu saja memengaruhi harganya. Lalu, bagaimana cara mengetahui kadar emas dalam sebuah perhiasan? Perhatikan tabel data yang disadur dari Times of India ini:

Karat% Kemurnian Emas
24K99,9%
22K91,7%
20K83,3%
18K75%
14K58,3%
10K41,7%

Berdasarkan tabel dan spesifikasi emas muda dan tua, perhiasan dengan emas 14K dan 10K termasuk kategori emas muda. Kemurnian emas yang rendah ini menyebabkan harga emas muda yang lebih murah dari emas tua. Meski kemurniannya kecil, perhiasan emas muda lebih kuat berkat campuran logam lainnya.

Cara Mengecek Kadar Kemurnian Emas

Untuk mengetahui kadar kemurnian emas pada sebuah perhiasan, kamu bisa menanyakan langsung pada penjual. Jika kamu ragu dengan kejujuran penjual, kamu bisa memeriksa angka kecil yang terukir pada perhiasan. Selain itu, ada juga alat khusus yang bisa memeriksa besaran karat perhiasan emasmu.

Kadar kemurnian emas 99,9% atau 24 Karat dapat ditemukan di emas batangan. Emas batangan adalah salah satu instrumen investasi jangka panjang. Nilainya jualnya lebih kompetitif dibanding perhiasan.

Baik emas muda maupun emas tua memiliki keuntungannya masing-masing. Emas muda, walaupun lebih murah, sering dianggap tidak memiliki nilai prestise setinggi emas tua. Hal ini berimbas pada harga jual kembalinya yang semakin turun. Sayangnya, kadar kemurnian emas yang tinggi dapat membuat perhiasanmu berubah bentuk karena sifatnya yang lunak.

Jadi, sudah siapkah kamu memulai investasi emas? Jangan lupa cek kadar kemurnian emas sebelum kamu membelinya! Jika kamu masih ragu membeli emas, kamu bisa berinvestasi saham dan reksa dana. Tanpa perlu perawatan yang baik, kamu tetap memiliki nilai! Yuk investasi di Ajaib sekarang.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait