Peran Bisnis Ibu Rumah Tangga untuk Kesejahteraan Keluarga

Peran Bisnis Ibu Rumah Tangga Bagi Peningkatan Kebahagiaan Rumah Tangga
Peran Bisnis Ibu Rumah Tangga Bagi Peningkatan Kebahagiaan Rumah Tangga

Pengawasan atas kualitas kesejahteraan dan pendidikan anak, serta pemenuhan kebahagiaan lahir batin suami adalah tugas utama seorang ibu. Maka, ketika anak-anak cerdas dan ceria, serta memiliki suami yang bahagia sudah menjadi ‘medali emas’, keinginan untuk punya bisnis ibu rumah tangga seringkali bukan jadi fokus utama. Tapi, itu tidak berarti ibu rumah tangga tidak punya kemampuan berbisnis.

Ibu Rumah Tangga Memiliki Bakat Sebagai Manajer Bisnis

Banyaknya hal yang harus diatur seorang ibu, menjadikan dirinya memiliki bakat alamiah untuk menjadi manajer bisnis. Terdapat 10 kualitas yang otomatis menjadikan ibu sebagai manajer bisnis yang andal.

  1. Manajemen waktu dan organisasi
  2. Ketelitian mengatur anggaran dan pembiayaan
  3. Konsistensi kebijakan
  4. Kreativitas pemanfaatan sisa produksi & anggaran
  5. Keseimbangan rasional dan emosional
  6. Kesabaran & ketekunan
  7. Kecerdasan skala prioritas
  8. Kemampuan multitasking
  9. Semangat pengorbanan
  10. Membangun masa depan

Jadi, jika saat ini trend minat bisnis rumahan terus meningkat, hal itu wajar terjadi. Selain dipicu tuntutan kondisi perekonomian yang memang kian berat, juga karena mengelola bisnis sebenarnya sudah merupakan sifat naluriah seorang ibu rumah tangga.

Alasan Ibu Memiliki Bisnis

Pastinya untuk meningkatkan tingkat perekonomian keluarga, menjaga kesinambungan sumber mata pencaharian dan membantu meringankan beban suami dalam mencari nafkah. Tapi ada satu lagi alasan mengapa ibu perlu punya bisnis yaitu untuk mengembangkan potensi dan tingkat kepercayaan dirinya sendiri.

Jangan cemas, ibu yang baik tidak akan otomatis menyepelekan kepentingan keluarganya hanya karena ia punya bisnis. Itu hanya sentimen yang dihembuskan oleh oknum-oknum yang merasa takut perannya akan tersisih. Ibu yang baik akan makin semangat berbisnis ketika ia menjadikan keluarga sebagai motivatornya. Kesuksesan bisnis bagi keluarga, ini adalah alasan penting banyaknya ibu rumah tangga yang mulai menjalankan bisnis.

Ragam, Potensi & Risiko

Komoditi bisnis ini biasanya berupa produk-produk yang dekat dengan kesehariannya, misalnya: kuliner, sembako, sulam & jahit, laundry, dan masih banyak lagi. Potensinya stabil terprediksi karena mencakup rutinitas harian. Justru potensi ini bisa meningkat karena perubahan gaya hidup masyarakat perkotaan yang sering terpaksa menelantarkan rutinitas harian demi mengejar tuntutan karir.

Risiko bisnis bagi ibu rumah tangga biasanya adalah persaingan yang super ketat karena sifat komoditinya mendasar dan mudah dikerjakan atau tergantikan. Risiko lain adalah kelemahan kualitas SDM. Saat ini tidak mudah menemukan pekerja yang andal dengan gaji terjangkau. Kalaupun ada, belum tentu setia. 

Bagaimana Cara Menyiasatinya

Seleksi, teliti, dan putuskan secermat mungkin. Apakah aspek dalam bisnistersebut layak diongkosi sedikit lebih mahal demi mendongkrak produktivitas dan laba? Upayakan keberlanjutan inovasi – meskipun sederhana – di sisi harga, kualitas, ragam produk/layanan, maupun program loyalitas seperti bonus berlangganan. Jangan lelah memonitor kiat para pesaing dan trenpasar, agar bisnis ibu tidak ketinggalan dari pesaing.

Definisi Sukses Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bisnis ibu rumah tangga bisa dianggap sukses ketika ia tumbuh sehat, berkembang pesat, dan tanpa menimbulkan gangguan pada kualitas kesejahteraan rumah tangga itu sendiri. Bisnis ini akan menggapai kesuksesan ketika ibu tersebut  mampu menambah anggota perusahaannya tanpa harus kehilangan satu pun anggota keluarganya. Dengan tetap menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik, maka otomatis bisnis milik ibu pun akan terkelola dengan sempurna. Itu karena keluarga pada hakekatnya adalah sebuah perusahaan yang di-manage dengan pengabdian dan cinta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait