5 Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Tanpa Korbankan Anak

ide usaha
ide usaha

Menjadi seorang ibu rumah tangga dan memiliki anak, pastilah tidak mudah. Namun demikian kebutuhan hidup yang terus meningkat membuat ibu rumah tangga turut serta dalam menjaga finansial keluarga agar tidak goyang dengan mulai mencari ide usaha.

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang mendapatkan ide usaha untuk menjalani pekerjaan rumahan tanpa mengorbankan waktu dan momen berharga bersama si kecil. Tidak jarang bahakan ide usaha tersebut menjanjikan pendapatan yang tidak sedikit.

Ragam ide usaha rumahan ini juga sudah dilakukan oleh para ibu rumah tangga sejak lama. Sebelum adanya teknologi internet, para ibu rumah tangga juga banyak menjalani usaha rumahan dari mulai kuliner, fashion hingga bisnis MLM (multi level marketing).

Saat ini, dengan memanfaatkan teknologi internet, ibu rumah tangga akan semakin mudah mencari ide usaha untuk menambah pemasukan. Ditambah lagi modal yang dikeluarkan juga tidak melilit pinggang.

Ibu rumah tangga dalam menjalankan usaha rumahan hanya perlu modal paket internet agar dapat mempromosikan usahanya melalui online.

Jika kamu ingin memulai usaha rumahan tanpa perlu meninggalkan anak, simak beberapa ide usaha rumahan yang patut kamu coba :

Kuliner

Usaha kuliner memang saat ini sedang menjamur dimana-mana. Usaha ini umumnya memang merupakan usaha rumahan yang sangat tidak menyita waktu. Berbgai usaha kuliner ini mencakup usaha makanan yang bisa dijual secara online atau dengan memanfaatkan GoFood dan GrabFood. Selanjutnya ada usaha makanan kemasan, kue kering dan frozen food. Makanan packing umumnya bisa kamu iklankan di berbagai situs e-commerce atau menjadi dropshipper.

Jualan Barang Dekorasi

Jika kamu tertarik untuk menjual barang dekorasi rumah seperti taplak meja, gorden, sarung bantal, sarung dispenser dan lain sebagainya, kamu dapat mulai menjual ragam kerajianan kamu. Diwaktu luang, kamu bisa mengerjakan kerajinan tangan kemudian di foto dan di sebar melalui sosial media.

Usaha Tanaman Hias

Saat ini, beberapa tanaman hias sudah tidak lagi dipajang di luar rumah melainkan juga di dalam rumah. Oleh sebab itu, usaha tanaman hias akan menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Selain itu, merawat tanaman hias juga bisa kamu lakukan di waktu senggang sehingga tidak mengganggu waktu bersama si buah hati.

Penjualan Mainan Anak

Ibu mana yang tidak tertarik dengan pernak pernik anak termasuk mainan anak. Saat ini jenis mainan yang dipilih oleh ibu-ibu adalah mainan yang memiliki edukasi sehingga dapat mengasah otak anak ejak dini. Mulailah menjual mainan edukatif, karena saat ini mainan edukatif lebih cepat laku daripada mainan-mainan non edukatif.

Reseller Pakaian

Satu hal lagi yang sangat mudah kamu lakukan sebagai ide usaha sampingan kamu, yakni dengan menjadi reseller pakaian. Reseller pakaian baik pakaian wanita, pria maupun anak-anak tidak pernah dikatakan tidak laku. Akan ada saja orang yang membeli pakaian, oleh sebab itu jika kamu menjadi reseller maka kamu tidak perlu mengeluarkan modal banyak, karena tugas kamu hanya mempromosikan pakaian melalui sosial media dan kamu akan memperoleh komisi.

Bacaan menarik lainnya:

Murni, Asfia & Lia Amaliawati (2012). Ekonomika Mikro. Bandung: Refika Aditama,


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait