5 Ide Usaha Kreatif, Bisa Dirintis dengan Modal Minimalis

Ide Usaha Kreatif

Ajaib.co.id. Ada hal yang sangat diutamakan dalam merintis usaha dibandingkan hanya sekedar modal yaitu kreativitas. Kamu berpeluang tinggi sukses memulai bisnis apabila memiliki ide usaha kreatif yang orisinal dan menjual. Banyak orang bisa memasarkan produk namun butuh orang yang kreatif untuk membuat bisnis berjaya.

Bisnis kreatif sendiri sangat potensial sekaligus sangat tinggi skala persaingannya. Semua pelaku usaha bidang ini berlomba-lomba menjadi yang paling unik dan menarik demi meraih perhatian pasar. Jenis usaha ini juga bisa dilakukan dengan modal yang terbatas karena memang harganya tidak berpatok pada acuan tertentu.

Ambil contoh ketika kamu membuka jasa rangkaian hantaran pengantin atau buket ulang tahun. Kamu bisa menetapkan harga yang berbeda dengan hasil buah tanganmu yang tiada duanya di dunia. Berbeda jika kamu berjualan pakaian produksi merk tertentu yang patokan harganya sudah diketahui banyak orang.

Apalagi jika pandai untuk memasarkannya lewat media sosial maka dijamin produk jualanmu bisa bakal banyak diminati. Saat ini sudah banyak anak muda yang ikut terjun untuk mencari peruntungan di dunia bisnis kreatif. Salah satunya dengan mengolah barang bekas menjadi barang berguna lagi dengan campaign ramah lingkungan.

Dunia kreatif memang menawarkan peluang yang nyaris tak terbatas untuk orang yang kaya ide. Kamu bisa mengembangkan ide usaha kreatif dari hal yang kecil saja dan kamu butuhkan sehari-hari. Misalnya saja memproduksi sedotan dari bambu yang bisa digunakan untuk menjadi langkah kecil mengurangi sampah.

Kalau kamu masih bingung mencari ide usaha kreatif, cobalah amati sekitarmu. Apa saja yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar dan tawarkan produk tersebut dengan sentuhan kreativitas. Saat ini mulai banyak produk unik nan kreatif yang terbukti berhasil mencuri perhatian publik.

Ide Usaha Kreatif, Minim Pesaing tapi Potensial

Pernahkah kamu memikirkan ide usaha kreatif yang bakal dilakukan agar masa depan kian cemerlang? Berbisnis kini menjadi jalan yang banyak ditempuh anak muda untuk meningkatkan penghasilan. Banyak yang tetap bekerja sekaligus merintis usaha untuk mengoptimalkan waktu dan sumber daya yang dimiliki.

Salah satu bidang yang paling disukai anak muda ialah industri kreatif dan sudah terbukti menghasilkan nama-nama sukses. Ada banyak produk maupun bisnis dengan konsep unik dan kreatif yang didirikan anak muda. Mulai dari produk skala kecil maupun besar.

Publik sendiri saat ini memang sedang mengalami pergeseran tren dengan semakin menyukai produk yang unik dan punya identitas sendiri. Hal yang kreatif, unik dan ethnic rasanya sekarang disukai dan memiliki nilai jual tinggi. Apalagi jika kamu bisa mengkombinasikannya dengan strategi marketin modern dan memanfaatkan media sosial.

Sampai saat ini, sektor industri kreatif belum memiliki banyak pelaku usaha. Jika pun ada yang mirip, semuanya memiliki ciri khas masing-masing yang tak bisa diduplikasi. Karena itulah, peluang untuk ide usaha kreatif masih sangat besar.

Seperti yang kamu ketahui, manusia merupakan makhluk sosial yang memiliki otak. Setiap manusia dilengkapi otak agar bisa kamu bisa menemukan ide usaha kreatif untuk mempertebal isi dompet. Dengan menjadi pengusaha, kamu bukan hanya bisa menjadi nahkoda di kehidupan saja.

Kamu bisa menjadi kapal bagi kehidupan orang lain, yaitu dengan membuka lapangan pekerjaan. Inilah manfaat yang bisa disebarkan oleh pengusaha kepada sesama. Bila menjadi seorang pengusaha, kamu harus punya banyak ide usaha kreatif yang bisa memuaskan konsumen sesuai dengan perkembangan zaman.

Wajar saja karena memang sudah menjadi sifat dasar manusia untuk menyukai sesuatu yang indah, artistik, dan berguna. Jadi, usaha kreatif akan tepat bagi kamu yang ingin membangun sebuah usaha yang mampu bertahan lama di tengah pesatnya kemajuan teknologi. Lalu, apa saja ide usaha kreatifnya?

1. Peralatan Rumah dengan Rotan

Mungkin bukan sesuatu yang baru jika rotan dibuat menjadi beraneka ragam kerajinan tangan. Tapi, apakah pernah terpikir olehmu untuk membuat peralatan rumah tangga dengan bahan yang satu ini?Ya, peralatan rumah tangga dengan bahan rotan ternyata banyak dicari oleh masyarakat karena kekuatannya.

Meski demikian, kebanyakan pelaku usaha membuat peralatan rotan dengan bentuk yang kaku. Dengan ide kreatif, kamu sulap peralatan rumah tangga dari rotan ini dengan membuatnya lebih menarik. Tambahkan karakter-karakter menggemaskan, seperti Sponge Bob, Teddy Bear, atau tokoh kartun lucu lainnya.

Ide kreatif ini bisa diaplikasikan untuk kotak aksesoris, tempat mainan, tempat tisu, tempat lampu, keranjang baju kotor, dan lain sebagainya yang terbuat dari rotan. Untuk harganya, kamu bisa menjual barang-barang rumah tangga yang unik tersebut seharga Rp50.000 sampai jutaan rupiah.

Bahkan jika pandai mencari aksesnya, kamu bisa menjual produk ini hingga ke luar negeri. Masyarakat Eropa dan Amerika Serikat sendiri saat ini semakin gandrung dengan produk berbasis alam. Hal ini dibuktikan dengan rak rotan yang dibandrol dengan harga $500 di akun e-bay.

2. Katering

Bisnis katering sudah bukan bisnis sepele lagi. Bisnis ini memiliki tantangan yang tidak kalah dari bisnis lainnya. Dalam menjalankan bisnis katering pastinya kamu harus mampu memenuhi selera setiap orang yang berbeda-beda.

Ada orang yang suka pedas, ada orang yang tidak tahan pedas sama sekali. Ada orang yang lebih suka rasa manis, ada pula orang yang lebih menyukai makanan gurih. Karena itu, pebisnis katering dituntut kreatif meramu menu untuk memenuhi selera orang banyak sekaligus.

Tentunya ini tidak mudah. Tapi kalau kamu berhasil melakukannya, maka katering yang menjadi usaha kamu akan selalu direkomendasikan oleh para klien yang terpuaskan. Kamu bisa menambahkan katering yang unik bagi dari segi desain maupun tampilan.

Salah satu ide usaha kreatif dalam bidang kuliner yang sudah sukses ialah tumpeng mini. Berbeda dari sebelumnya, tumpeng dengan konsep seperti ini memungkinkan tampilannya terlihat modern sehingga pembeli lebih tertarik.

3. Jasa Foto Latar Belakang Unik

Swafoto alias selfie dan foto bersama alias groupie masih menjadi tren hingga kini. Ini merupakan peluang usaha buat kamu dengan membuka studio foto berlatar belakang yang unik. Misal, studio foto dengan tema dunia atau rumah terbalik. Ini konsep unik yang patut dicoba.

Di sini kamu bisa menyediakan spot foto unik untuk para pengunjung. Pengunjung bisa mengambil foto dalam ruangan terbalik. Sofa, tempat tidur, meja makan, lemari dan lain sebagainya akan ditempel di langit-langit dan perlu dilakukan oleh profesional jika kamu ingin memastikan semua pengunjung aman saat mengambil foto.

Untuk membuka usaha ini sudah dipastikan kamu memerlukan modal yang cukup banyak. Mungkin kamu harus mencari rekan kerja jika ingin mencoba bisnis ini. Untuk para pengunjung yang tertarik untuk masuk kesini, kamu bisa mengenakan tarif sebesar Rp80.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp40.000 untuk anak-anak.

Amati pergerakan tren yang sedang terjadi. Jangan ragu jika harus mengubah tema foto yang ditawarkan sehingga lebih up to date. Konsumen akan hilang jika kamu terlalu terpaku pada satu mode tertentu tanpa memperhatikan tren sama sekali.

4. Desainer Pakaian

Beberapa orang tidak ingin malu karena datang ke satu pesta menggunakan pakaian yang sama. Beberapa yang lain juga ingin tampil berbeda dengan yang lainnya. Inilah yang membuat profesi desainer pakaian akan selalu dicari oleh pecinta fashion.

Di luar itu, setiap orang memiliki gaya berbusana ideal yang terkonsep di dalam kepalanya. Sayangnya mereka tidak bisa menuangkannya dalam sebuah produk jadi. Peran desain pakaianlah yang membuatnya menjadi nyata dan dikenakan. 

Apabila kamu akan menjadi seorang desainer pakaian, maka itulah tugas kamu. Tugas kamu adalah menerjemahkan keinginan dan selera dari klien, yang terkadang mereka sendiri kesulitan untuk menjelaskannya, hingga menuangkannya menjadi sebuah pakaian yang unik dan eksklusif untuk sang klien.

Apabila kamu mampu menerjemahkan keinginan setiap klien dengan baik, maka para klien ini akan berubah menjadi sahabat baru bagi kamu. Kamu bisa membuka jasa desain pakaian misalnya untuk pernikahan, tunangan, wisuda atau ulang tahun. Dengan pemahaman akan jenis kain dan melek mode maka kamu akan bisa menjadi desainer yang sukses.

5. Desain Case Handphone

Saat ini sudah hampir semua orang memiliki smartphone. Beberapa smartphone memang dilengkapi berbagai fitur menarik yang membuat orang-orang merasa terdorong untuk memilikinya. Namun semakin canggih, smartphone tetap saja akan rusak ketika terjatuh. 

Oleh karena itu, banyak orang yang membutuhkan case untuk melindungi smartphone-nya. Ini peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya dengan menjual case yang bisa dikostumisasi. Jadi, setiap orang bisa memiliki case dengan desain yang mencerminkan seleranya masing-masing.

Kalau kamu punya ketrampilan menggambar atau desain yang unik bisa pula memberikan tawaran desain yang berbeda dari biasanya. Semua orang pasti senang bisa memiliki produk yang berbeda dari orang lain termasuk pula case handphone miliknya.

Kelima ide usaha kreatif itu bisa kamu coba untuk mewujudkan keinginanmu berbisnis. Membuka usaha memang tidak gampang namun asalkan kamu bekerja keras dan kreatif maka tidak ada hal yang tidak mungkin. Hal terpenting, kamu selalu mau belajar untuk menambah pengetahuan dan keahlianmu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait