Cara Menghasilkan Banyak Uang dari Bisnis Photo Booth

Cara Menghasilkan Banyak Uang dari Bisnis Photo Booth
Cara Menghasilkan Banyak Uang dari Bisnis Photo Booth

Jika kamu sedang menghadiri suatu acara, seperti pernikahan, ulang tahun, dan acara lainnya, pastinya sudah tidak asing lagi dengan photo booth yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara acara. Para tamu bisa berfoto di photo booth, di mana fotonya akan dicetak sebagai souvenir yang bisa dibawa pulang oleh kamu. Bisnis yang satu ini merupakan fasilitas yang selalu ada di setiap acara, dan saat ini bisnis photo booth semakin berkembang. Sebab, bisnis photo booth terbilang cukup menjanjikan. Hal itu dikarenakan banyak orang yang ingin mengadakan acara dan mengabadikan momen tersebut dalam bentuk foto.

Sebelum melihat keuntungan dari bisnis ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Modal untuk membuat bisnis pun cukup besar, setidaknya modal yang dibutuhkan adalah Rp30.000.000. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis atau usaha photo booth, yuk simak dulu ulasannya di bawah ini: Memulai bisnis memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Supaya kamu bisa menghasilkan banyak uang dari bisnis photo booth, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Menyusun Business Plan

Business plan atau perencanaan bisnis merupakan pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis. Business plan berisi strategi atau rencana bisnis yang akan dijalankan untuk mencapai sebuah tujuan. Business plan yang baik dan benar akan membuat siapa saja yang membacanya bisa menjalankan bisnis tersebut dengan tepat.

Menentukan Lokasi Bisnis

Untuk memulai usaha, lokasi menjadi salah satu poin penting yang mempengaruhi perkembangan bisnismu.  Lokasinya yang jelas, mudah diakses, dan memiliki pelanggan yang banyak akan mempengaruhi tingkat penjualan bisnismu. Dengan adanya kemajuan teknologi, kamu bisa memulai bisnis photo booth dengan memanfaatkan internet sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan. Sehingga, kamu tidak perlu lagi merogoh kocek yang besar untuk menyewa lokasi dan pembangunannya.

Mempersiapkan Peralatan

Meskipun bisnis ini terlihat biasa saja, namun kamu harus menyiapkan beberapa peralatan untuk bisa menjalankan bisnis photo booth. Beberapa peralatan yang biasanya digunakan dalam bisnis photo booth adalah:

  • Printer kertas
  • Software photo booth
  • Kamera
  • Laptop
  • Lighting Softbox
  • Stand Background
  • Green Screen

Memiliki Media Promosi

Pemasaran juga bisa menjadi faktor penentu keberhasilan dari sebuah bisnis. Kamu bisa menjalankan pemasaran atau promosi dengan teknologi yang ada, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Saat ini, internet sangat banyak membantu kamu dan aksesnya juga cukup mudah. Media sosial menjadi salah satu sarana promosi yang efektif.

Selain itu, kamu bisa menggunakan marketplace untuk memperluas jaringanmu. Dengan memasarkan produk dan jasa di marketplace, produk kamu akan diketahui oleh publik secara cepat. Jika kedua cara tersebut kurang efektif, kamu bisa membuat blog gratisan melalui media blogger, medium, tumblr, dan lainnya. Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization) melalui Google. Dengan SEO, kamu bisa mempermudah pencarian produk bisnismu di internet.

Menganalisis Biaya

Dengan memulai bisnis, kamu harus mengetahui analisis biaya yang bisa dilihat dari keuntungan terhadap pengeluaranmu. Kamu bisa membuat analisis biaya setelah melakukan survei dari seluruh kebutuhan bisnis photo booth

Membuat Perencanaan Keuangan

Memulai bisnis kecil-kecilan tidak membutuhkan modal yang banyak, tetapi kamu tetap membutuhkan modal awal dan kemampuan untuk mengatasi biaya operasionalmya. Kamu bisa membuat perencanaan keuangan dengan estimasi biaya yang dibutuhkan. Misalnya, biaya izin usaha, peralatan, asuransi, acara pembukaan, dan lainnya. Kemudian, biaya tersebut dilanjutkan dengan biaya operasional, seperti biaya perawatan, sewa lokasi, iklan, biaya produksi, upah karyawan, dan lainnya.

Setelah kamu mengetahui biaya kasarnya, ada beberapa cara untuk memperoleh dana untuk bisnis yang satu ini, seperti:

  • Financing
  • Small Business Loans
  • Small Business Grants
  • Angel Investors
  • Crowdfunding

Kamu juga bisa meminimalisir modal awalmu. Hal itu bertujuan untuk membuat rencana yang sesuai dengan kondisi keuangan dan jumlah pinjamannya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait