5 Faktor Penting yang Harus Ada Dalam Bisnis Plan

bisnis-plan

Ajaib.co.id. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha adalah membuat bisnis plan yang matang untuk menjalankan usahanya. Dengan berbekal visi dan misi yang jelas maka akan lebih mudah bagi pengusaha untuk mengeksekusi idenya. Membuat rencana bisnis secara detail juga diperlukan ketika mencari investor untuk menanamkan modalnya.

Untuk mengawali sebuah usaha, biasanya kita perlu ide yang unik, menarik serta potensial. Namun ide saha tidak cukup untuk memulai usaha melainkan butuh perencanaan bisnis yang matang. Perencanaan itulah yang disebut dengan rencana bisnis atau business plan yang mencakup semua aspek pentingnya mulai dari latar belakang, tujua bisnis, sumber daya manusia sampai dengan perencanaan keuangannya.

Sayangnya tidak banyak pengusaha pemula yang tahu cara membuat bisnis plan yang layak. Akibatnya di pertengahan jalan mereka akan merasa keteteran karena ibaratnya kehilangan panduan dalam menjalankan bisnisnya. Ada baiknya memang bisnis plan disusun secara matang sejak awal karena memang akan menjadi kompas pemandu pengembangan usaha yang kita lakukan.

Apa Saja yang Harus Termuat dalam Bisnis Plan yang Matang?

Bisnis plan atau yang biasa disebut business plan merupakan salah satu aspek kunci dalam berbisnis dan memulai usaha. Selain karakteristik produk atau jasa yang ditawarkan tentunya strategi pemasaran yang optimal juga kunci bisnis sukses. Namun sebagai permulaan, memiliki bisnis plan dengan konsep yang matang adalah langkah yang amat baik.

Tanpa bisnis plan yang matang, bisnis kamu mungkin bisa sukses dengan produk yang berbeda dan kanal pemasaran yang efektif. Namun bisnis yang ada tidak akan memiliki umur yang panjang jika pondasi yang diciptakan atau bisnis planyang ada tidak kuat. Hal ini tidak lain karena fungsi rencana bisnis ini sebagai panduan dan pengingat tujuan bisnis yang sejak awal dicanangkan.

Dalam perkembangannya, bisnis plan juga bisa menjadi ringkasan eksekutif untuk meraih investor. Hal ini dilakukan ketika dalam prosesnya, usaha tersebut membutuhkan tambahan suntikan modal dan keberadaan investor menjadi solusinya. Tentu saja investor harus diyakinkan mengenai potensi usaha tersebut dengan bukti berupa bisnis plan yang matang dan terkonsep.

Lalu, bagaimana membuat bisnis plan yang matang dan faktor pertimbangan apa saja yang harus ada di dalamnya?

1. Nilai

Ketika menyusun sebuah bisnis plan, penting untuk mempertimbangkan bagaimana perusahaan kamu menjalankan nilai-nilai perusahaan. Kamu tentu tahu, mobil Volvo meluncurkan pernyataan nilai yang menonjolkan keamanan dalam kalimat “Safety First. Always.”

Pada bisnis plan mereka, jajaran petinggi Volvo harus mengevaluasi faktor yang mengonfirmasi pernyataan nilai tersebut atau mengindikasikan kebutuhan untuk menyesuaikan dengan pengoperasiannya. Menyamakan bisnis kamu dengan nilai penting dalam business plan karena mendefinisikan dan membentuk kultur kamu.

2. Tujuan

Faktor penting lainnya dalam bisnis plan adalah tujuan bisnis yang ingin kamu capai baik dalam jangka pendek ataupun panjang. Tujuan yang besar sangat dinamis dan memotivasi, sehingga meningkatkan peluang kamu untuk sukses. Jika tujuan kamu gagal melibatkan tim atau struktur organisasi yang kamu miliki, maka perusahaan atau bisnis kamu bisa gagal mencapai tujuan tersebut.

3. Analisis SWOT

Kamu juga harus mempertimbangkan di mana posisi bisnis yang kamu miliki dengan kompetitor ketika merancang business plan. Pertimbangkan untuk melakukan analisis SWOT (strength, weakness, opportunities dan threats) kepada kompetitor dan perusahaan kamu sendiri. Salah satu aspek yang sangat penting adalah adanya analisis keuangan usahamu untuk menjukkan peluangnya menghasilkan profit.

Profil yang nantinya muncul akan menggarisbawahi jurang yang ada di pasar dengan peluang baru untuk organisasi kamu. Penyusunan analisis SWOT juga sekaligus memberikan perspektif baru mengenai usaha yang kamu miliki itu.

Dalam rencana bisnis yang akan dimulai, kamu harus dapat mengatasi kelemahan yang ada dan bisa mengoptimalkan kelebihan yang dimiliki dalam segi internal. Pada sisi eksternalnya, kamu harus memanfaatkan segala peluang yang ada, dan waspada terhadap ancaman yang bisa mengganggu perusahaan kamu.

4. Sumber Daya

Terlepas dari bisnis, pasar atau industri apapun yang menjadi target usahamu, kombinasi sumber daya yang pas adalah kunci menuju kesuksesan. Pada bisnis plan yang kamu susun, pertimbangkan apakah perusahaanmu memiliki kombinasi yang pas dari talenta manusia, teknologi, kapasitas dan sumber daya finansial untuk mencapai tujuan bisnismu.

Evaluasi ini bisa berhasil secara efektif dan efisien dengan melibatkan karyawan teladan di seluruh organisasimu dalam proses membuat bisnis plan. Cara inisekaligus memberikan sudut pandang baru tentang kekuatan dan kelemahan pada analisis SWOT yang sudah kamu susun sebelumnya.

5. Pasar

Pertimbangkan pasar di mana perusahaan kamu beroperasi dan tren terbaru dalam pasar tersebut. Apakah pasar tersebut baru, bertumbuh, bertambah dewasa atau malah tertutup? Jika kamu akan terus beroperasi pada pasar yang sekarang, pertimbangkan apa hal yang perlu diubah untuk meningkatkan performa kamu dengan kompetitor utama.

Penting juga mempertimbangan apa dan bagaimana perkembangan teknologi atau sumber daya non-tradisional dari kompetisi bekerja atau justru melawan bisnis kamu. Aspek pasar memiliki faktor yang sangat besar karena ini merupakan sumber kesuksesan maupun kegagalan bisnis yang kamu rencanakan.

Beberapa faktor di atas adalah aspek kunci untuk membuat bisnis plan yang baik, sehingga penting untuk kamu pertimbangkan agar usahamu berjalan dengan lancar dalam periode waktu yang signifikan. Meskipun terkesan sepele namun merancang bisnis plan yang matang perlu ketelitian mendalam.

Aplikasi yang Bisa Membantu Merumuskan Bisnis Plan

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi yang memudahkanmu untuk menyusun bisnis plan yang matang maupun mempresentasikannnya. Sebagai anak muda yang melek teknologi, kamu wajib memanfaatkan semua bantuan yang bisa digunakan untuk bisnismu termasuk pula aplikasi bisnis plan. Setidaknyanya ada dua aplikasi bisnis plan yang kerap digunakan oleh para pengusaha muda antara lain:

1. Enloop

Ini adalah aplikasi web all-in-one. Cara kerjanya: berdasarkan data yang dimasukkan ke apps, secara otomatis Enloop akan menghasilkan rumusan sales, laba dan rugi, cash flow dan proyeksi, lengkap dengan grafik penjelasan. Enloop juga menyediakan teks standar yang bisa disesuaikan untuk tiap bagian yang berfokus pada informasi penting perusahaan dan data finansial.

Pilihan “Free & Easy” Enloop memiliki sebuah paket business plan satu sistem yang hadir dalam file berformat PDF yang profesional, yang bisa didownload, diprint dan di-share. Versi berbayar lainnya yang lebih penuh dengan fitur tersedia dengan range harga antara USD9,95 (Rp144.000,-) s/d USD39,95 (Rp573.000,-)/bulan, dan memungkinkan user untuk membuat beberapa business plan.

2. StratPad

Alex Glassey yang mendesain apps iPad ini menggambarkan aplikasi ini sebagai aplikasi “strategic-planning” yang membantu para entrepreneur dalam proses pemikiran dan pengambilan keputusan. Aplikasi ini dipaketkan dengan beberapa fitur pembimbing penggunaan gratis untuk para pemula, termasuk tutorial strategi bisnis 58 halaman , video training, customer service berbasis email, dll.

Edisi gratis StratPad dasar juga tersedia untuk para mahasiswa. Yang berbayar, untuk rencana sekali bayar berkisar antara USD9,99 (Rp145.000,-) s/d USD54,99 (Rp 798.000,-). Semakin mahal harganya, semakin advances pilihan business plan yang didapatkan.

Merintis usaha memang tidak mudah salah satunya harus merancang bisnis plan yang matang dan menyeluruh. Namun untuk jalan kesuksesan yang lebih lebar, tak ada salahnya mempersiapkan usahamua sebaik mungkin. Salah satunya dengan menyimak apa saja hal yang harus dimuat dalam business plan rancanganmu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait