Bisnis Plan dan Faktor Penting yang Harus Ada di Dalamnya

bisnis-plan

Bisnis plan atau yang biasa disebut business planmerupakan salah satu aspek kunci dalam berbisnis dan memulai usaha. Selain karakteristik produk atau jasa yang ditawarkan tentunya strategi pemasaran yang optimal juga kunci bisnis sukses.

Tanpa bisnis plan yang matang, bisnis kamu mungkin bisa sukses dengan produk yang berbeda dan kanal pemasaran yang efektif, namun bisnis yang ada tidak akan memiliki umur yang panjang jika pondasi yang diciptakan atau bisnis plan yang ada tidak kuat.

Lalu, bagaimana membuat bisnis plan yang matang dan faktor pertimbangan apa saja yang harus ada di dalamnya?

Nilai

Pada business plan, penting untuk mempertimbangkan bagaimana perusahaan kamu menjalankan nilai-nilai perusahaan. Kamu tentu tahu, mobil Volvo meluncurkan pernyataan nilai yang menonjolkan keamanan dalam kalimat “Safety First. Always.” Pada bisnis plan mereka, jajaran petinggi Volvo harus mengevaluasi faktor yang mengonfirmasi pernyataan nilai tersebut atau mengindikasikan kebutuhan untuk menyesuaikan dengan pengoperasiannya. Menyamakan bisnis kamu dengan nilai penting dalam business plan karena mendefinisikan dan membentuk kultur kamu.

Tujuan

Faktor penting lainnya dalam bisnis plan adalah tujuan yang ingin kamu capai baik dalam jangka pendek ataupun panjang. Tujuan yang besar sangat dinamis dan memotivasi, sehingga meningkatkan peluang kamu untuk sukses. Jika tujuan kamu gagal melibatkan tim, maka perusahaan atau bisnis kamu bisa gagal mencapai tujuan tersebut.

Analisis SWOT

Kamu juga harus mempertimbangkan di mana posisi bisnis yang kamu miliki dengan kompetitor ketika merancang business plan. Pertimbangkan untuk melakukan analisis SWOT (strength, weakness, opportunities dan threats) kepada kompetitor dan perusahaan kamu sendiri. Profil yang nantinya muncul akan menggarisbawahi jurang yang ada di pasar dengan peluang baru untuk organisasi kamu.

Dalam rencana bisnis yang akan dimulai, kamu harus dapat mengatasi kelemahan yang ada dan bisa mengoptimalkan kelebihan yang dimiliki dalam segi internal. Pada eksternalnya, kamu harus memanfaatkan segala peluang yang ada, dan waspada terhadap ancaman yang bisa mengganggu perusahaan kamu.

Sumber Daya

Terlepas dari bisnis, pasar atau industri, kombinasi sumber daya yang pas adalah kunci menuju kesuksesan. Pada bisnis plan Kamu, pertimbangkan apakah perusahaan Kamu memiliki kombinasi yang pas dari talenta manusia, teknologi, kapasitas dan sumber daya finansial untuk mencapai tujuan Kamu. Evaluasi ini bisa berhasil secara efektif dan efisien dengan melibatkan karyawan teladan di seluruh organisasi Kamu dalam proses membuat bisnis plan, sekaligus memberikan sudut pkamung baru tentang kekuatan dan kelemahan pada analisis SWOT.

Pasar

Pertimbangkan pasar di mana perusahaan kamu beroperasi dan tren terbaru dalam pasar tersebut. Apakah pasar tersebut baru, bertumbuh, bertambah dewasa atau malah tertutup? Jika kamu akan terus beroperasi pada pasar yang sekarang, pertimbangkan apa hal yang perlu diubah untuk meningkatkan performa kamu dengan kompetitor utama dan bagaimana perkembangan teknologi atau sumber daya non-tradisional dari kompetisi bekerja atau justru melawan bisnis kamu.

Beberapa faktor di atas adalah aspek kunci untuk membuat bisnis plan yang baik, sehingga penting untuk kamu pertimbangkan agar bisnis kamu berjalan dengan lancar dalam periode waktu yang signifikan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait