Ragam Aplikasi Business Plan untuk Presentasi Bisnis

aplikasi business plan
aplikasi business plan

Hanya dengan menjawab beberapa pertanyaan dan mengisi data, aplikasi business plan bisa langsung membimbing Founder Startup menyusun business plan yang komprehensif. Sebenarnya bagaimana cara kerjanya dan ada apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Apakah Aplikasi Business Plan Itu

Jika entrepreneur milenial punya ide besar untuk bisnis startup tapi nggak punya waktu, tenaga kerja ataupun budget untuk menyusun business plan, sebuah aplikasi business plan bisa membantu merumuskan rencana agar jadi nyata.

Sejumlah aplikasi menyederhanakan proses yang kompleks dan membosankan dalam menyempurnakan sebuan business plan yang lolos seleksi bank dan siap menghadapi investor. Founder startup hanya perlu memberikan informasi, lalu aplikasi itu akan mengaturnya ke dalam bentuk rencana. Kenali beberapa aplikasi business plan berikut ini:

Ragam Aplikasi Business Plan & Cara Kerjanya

Enloop

Ini adalah aplikasi web all-in-one. Cara kerjanya: berdasarkan data yang dimasukkan ke apps, secara otomatis Enloop akan menghasilkan rumusan sales, laba dan rugi, cash flow dan proyeksi, lengkap dengan grafik penjelasan. Enloop juga menyediakan teks standar yang bisa disesuaikan untuk tiap bagian yang berfokus pada informasi penting perusahaan dan data finansial.

Pilihan “Free & Easy” Enloop memiliki sebuah paket business plan satu sistem yang hadir dalam file berformat PDF yang profesional, yang bisa didownload, diprint dan di-share. Versi berbayar lainnya yang lebih penuh dengan fitur tersedia dengan range harga antara USD9,95 (Rp144.000,-) s/d USD39,95 (Rp573.000,-)/bulan, dan memungkinkan user untuk membuat beberapa business plan. Enloop belum tersedia untuk smartphone.

StratPad

Alex Glassey yang mendesain apps iPad ini menggambarkan aplikasi ini sebagai aplikasi “strategic-planning” yang membantu para entrepreneur dalam proses pemikiran dan pengambilan keputusan. Aplikasi ini dipaketkan dengan beberapa fitur pembimbing penggunaan gratis untuk para pemula, termasuk tutorial strategi bisnis 58 halaman , video training, customer service berbasis email, dll. Edisi gratis StratPad dasar juga tersedia untuk para mahasiswa. Yang berbayar, untuk rencana sekali bayar berkisar antara USD9,99 (Rp145.000,-) s/d USD54,99 (Rp 798.000,-). Semakin mahal harganya, semakin advances pilihan business plan yang didapatkan.

Business Plan Premier

Aplikasi ini ditujukan untuk user pengguna perangkat iPad. Tidak cuma membantu menyusun business plan, Business Plan Premier juga menyediakan layanan untuk membantu user mempresentasikan rencana bisnisnya ke 3.000 investor yang tergabung dalam firma Ben Stein & Accredited Members Inc, menetapkan visi – misi, deskripsi produk, rencana pemasaran, analisis SWOT, skema manajemen, identifikasi pengeluaran biaya,  serta mendefinisikan target pasar. Nantinya rencana bisnis akan diekspor ke dalam bentuk dokumen Microfoft Word yang bisa diedit, print, email atau diupload di Dropbox. Business Plan Lite adalah versi aplikasi gratis tapi jauh kurang fungsional.

Business Plan & Start Startup

Aplikasi mobile hasil desain Alex Genadinik ini ditujukan untuk user pengguna smartphone. Sudah didownload 500.000+ downloads dan lebih dari 100.000+ user sudah menyiapkan business plan mereka dengan apps ini.

Keunggulannya:

  • Menyusun business plan secara privat bersama teman atau partner bisnis.
  • Tutorial untuk tiap seksi dari sebuah business plan tipikal.
  • Step by step timeline yang merangkum mulai dari planning hingga bisnis berjalan.
  • Men-download business plan secara gratis.
  • Mendapatkan pertolongan business plan untuk startup komunitas setempat.
  • Menjadi teratur dan termotivasi melalui pembuatan list tugas.
  • Nantinya akan ada network ke entrepreneur di kota user.
  • Video YouTube dan podcasts untuk topik Startup dan bisnis kecil

Komprehensif Dan Impresif 

Hasil kerja semua apps di atas sangat rapi, jelas dan terlihat canggih. Ini bekal penting bagi startup untuk mendapat simpati dan dukungan finansial maupun coaching dari para investor. Selamat memanfaatkan ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait