3 Hobi Berpenghasilan yang Cocok untuk Milenial

hobi berpenghasilan
hobi berpenghasilan

Semua orang memiliki hobi dan banyak yang tak segan mengeluarkan dana besar untuk melakukannya. Ambil contoh penghobi kendaraan sport yang rela membeli spare-part harga jutaan rupiah. Namun kamu akan menjadi milenial yang sangat cerdas apabila bisa memiliki hobi berpenghasilan.

Di era ketika cuan menjadi tujuan dari banyak orang, rasanya tak ada salahnya jika bisa menghasilkan uang dari hobi. Cara ini menjadi alternatif bagi sebagian kalangan yang merasa pendidikan yang dimilikinya tak terlalu efektif untuk mendapatkan uang. Misalnya saja seorang sarjana pertanian yang ternyata tak begitu suka bercocok tanam dan kemudian beralih ke bidang desain grafis.

Kelebihan lainnya, hobi biasanya dilakukan dengan sukarela. Karena itu, kita mengerahkan segala daya upaya dan biaya untuk hasil karya terbaik. Kita juga tidak merasa terpaksa untuk menjalaninya karena memang menyukai hal tersebut. Meskipun hobi diniatkan untuk mendapatkan rasa senang dan refreshing tidak salahnya mendapatkan hasilnya dengan cara berbeda misalnya penghasilan tambahan.

Misalnya saja orang yang memiliki hobi menulis novel pasti akan berusaha keras untuk menghasilkan fiksi yang menarik dibandingkan sekedar paper kuliahnya. Di masa depan, bisa saja orang ini menjadi penulis handal dengan pengalaman yang didapatnya melalui jenis hobi ini.

Sudah banyak publik figur terkenal yang terbukti mendapatkan penghidupan dari hobi yang dijalani dan bukan dari pendidikan yang dienyamnya. Atau bisa pula memiliki pekerjaan dan usaha yang berbeda dengan memiliki kemampuan tambahan dari hobi ini. Salah satu contohnya Penyanyi Tompi yang bukan hanya pandai melantunkan nada indah namun juga berprofesi sebagai seorang dokter bedah dan fotografer jempolan.

Semua itu didapatkan dari kerja keras dan usaha serta bisa memaksimalkan hobinya untuk mendapatkan penghasilan lebih optimal. Kamu juga bisa melakukannya dengan memiliki hobi berpenghasilan.

Rekomendasi Hobi Berpenghasilan Kekinian, Paling Pas Bagi Anak Muda

Hobi adalah salah satu keterampilan yang kamu sukai, tidak peduli berapa jam yang kamu habiskan, kamu tidak akan kelelahan untuk terus melakukannya. Alih-alih mencoba mencari waktu untuk apa yang kamu sukai, kamu dapat menjalani hobi kamu dengan menjadikannya profesi penuh. Seiring berkembangnya zaman, makin banyak hobi berpenghasilan yang bisa dilakukan.

Abad ke-21 memberi kamu platform untuk menghasilkan uang di zona nyaman kamu. Kamu dapat menghasilkan uang melalui apa pun yang kamu suka melalui hobi berpenghasilan. Karena itu, menjalani hobi berpenghasilan menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan, terkhusus untuk milenial yang lebih melek dengan kemajuan zaman.

Dari banyaknya hobi berpenghasilan, tiga hal ini yang paling sering ditemui dalam kehidupan bisnis milenial.

1. Fotografi

Jangan berpuas diri hanya denan ratusan like di sosial media karena foto yang kamu unggah. Jadikan hasil karyamu lebih bermanfaat dengan menjadikannya hobi berpenghasilan. Kamu bisa menawarkan diri sebagai fotografi misalnya saja untuk event pra wedding, kelahiran atau foto khusus hewan peliharaan.

Jika kamu memiliki pengetahuan yang baik tentang keterampilan kamera, roll, dan fotografi, kamu dapat meninjau gambar orang lain dan bertanya apakah mereka membutuhkan saran dan kursus profesional. Pekerjaan ini masih jarang ditemui namun bayak orang membutuhkannya.

Membagikan hasil-hasil fotomu di platform media sosial, juga akan mendatangkan calon pelanggan yang potensional. Banyak dari media atau kalangan profesi profesional (seperti penyanyi atau pegiat seni lainnya) membutuhkan foto yang bisa kamu tawarkan secara online. Kamu bisa menawarkan diri sebagai fotografer pribadi mereka atau di event khusus.

Fotografi bagi sebagian besar orang dimulai sebagai hobi sampingan yang dianggap remeh, hingga muncul tawaran, yang menghasilkan banyak uang. Banyak fotografer terkenal saat ini memulai kariernya hanya berbekalkan hobi memotret saja lho.

2. Memasak dan Membuat Kue

Hobi memasak dann berkutat di dapur? Kamu jelas punya peluang untuk hobi berpenghasilan lainnya. Jika resep kamu bisa membuat keluargamu mau lagi dan lagi, maka ini bisa memberi kamu peluang untuk penghasilan yang signifikan.

Orang-orang di seluruh dunia kebanyakan adalah pecinta kuliner, mereka menyukai berbagai hidangan. Kamu dapat memulai sebagai usaha kecil, untuk lingkungan sekitarmu dan menjadikannya lebih besar.Kamu dapat mulai dengan layanan makan siang untuk karyawan-karyawan perusahaan, atau mengambil satu spesialisasi kamu dan menjualnya secara profesional. Seperti cookie, kue mangkuk, kue kering, dan lainnya.

Bisa pula membuka bisnis cake ulang tahun dengan hiasan tematik. Kamu bisa membuat desain yang menarik dan unik sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Tentu saja ini bisa menjadi peluang bisnis yang bagus untuk kamu kembangkan.

3. Seni Kerajinan Tangan

Mengetahui cara menggunakan jarum bukanlah segalanya yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis kerajinan, yang seharusnya terampil dan efisien dalam pekerjaan kamu. Untuk memulai bisnis, dapatkan pengetahuan sebanyak mungkin tentang hal yang sama.

Ada perbedaan antara keluarga yang mendukung pekerjaan kamu dan menghargainya tetapi pertanyaan utamanya adalah akankah orang lain mendukungnya? Mulailah dengan membuat hadiah atau barang yang disesuaikan. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial dengan baik untuk memulai bisnis ini.

Kalau kamu pandai berkreasi dengan tanganmu, niscaya banyak orang akan mencari jasamu. Misalnya saja membuat sketsa yang ditawarkan secara online atau menghias hantaran pernikahan yang dijamin laris ketika musim nikahan tiba.

Kamu juga dapat menggunakan situs online untuk menjual produk kamu dan untuk menarik pelanggan untuk membeli barang-barang buatan tanganmu sendiri. Kamu dapat memulai pelatihan untuk mengajar siswa tentang keterampilan dan menciptakan karya seni. Ini bisa menghasilkan keuntungan yang sama besarnya.

Tiga hobi di atas adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu jadikan alternatif sumber penghasilan. Namun sebenarnya pilihannya tak hanya terbatas pada tiga hal itu saja. Apapun hobimu sebenarnya bisa kamu optimalkan menjadi sumber cuan asalkan kamu kreatif. Coba kulik lebih dalam hobi yang kamu lakukan sekarang dan potensinya untuk dijadikan profesi ya.

Jadi, hobi berpenghasilan apa yang paling cocok untuk kamu?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait