Instagram Bisnis Hadir Membawa Keuntungan Bagi Bisnis Online

Instagram Bisnis Hadir Membawa Keuntungan Bagi Bisnis Online
Instagram Bisnis Hadir Membawa Keuntungan Bagi Bisnis Online

Sebagai pemilik bisnis online pasti kamu pernah mendengar istilah Instagram bisnis? Inovasi terbaru dari instagram yang diluncurkan pada 2016 ini sangat membantu dan memudahkan kamu terutama bagi pelaku bisnis online. Selain fitur baru yang memungkinkan kamu melihat insight dari followers-mu, sebenarnya fungsi utama dari akun Instagram tidak jauh berbeda. Pengguna Instagram bisnis cukup menyediakan Facebook Page dan kontak yang bisa dihubungi. Karena 2 (dua) hal tersebut merupakan syarat utama untuk menjalankan Instagram bisnis.

Apa Kehebatan Instagram Bisnis?

Jika kamu sedang menjalani bisnis online sebaiknya gunakan Instagram bisnis karena kamu dapat melihat insight dari followers, hal yang tidak dapat kamu temukan di akun Instagram personal. Inovasi terbaru dari instagram ini memudahkan pelaku bisnis online dalam menyempurnakan kiatnya dalam memasarkan produk dan memuaskan keinginan konsumennya.

Apa yang Harus Disempurnakan?

Beberapa pebisnis online, terutama online shopping, masih menggunakan akun private untuk melindungi foto-foto barangnya. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi mengamankan foto barangnya agar tidak dicuri akun lain. Sehingga followers masih perlu meminta izin untuk dapat melihat foto-foto dari barang penjualan si pemilik akun. Beberapa akun online shop menyiasati kekurangan ini dengan rutin mengubah setting status akun, bolak-balik, dari yang sebelumnya private, menjadi tidak private, lalu private lagi, dan seterusnya. Cara ini dipercaya mampu menambah followers dari online shop tersebut.

Aktivitas Bisnis yang Paling Cocok?

Instagram bisnis sangat tepat untuk dioptimalkan sebagai media pemasaran produk atau jasa apapun yang memiliki kekuatan daya tarik pesan visual & audio, karena memiliki fasilitas yang baik untuk menampilkan foto & video. Tapi hal itu bukan berarti ia tidak baik untuk yang lainnya. Dari jenis bisnis online fashion, beauty care, kuliner, musik, trevel, elektronik, hingga home applience, otomotif, gardening, petshop, dan sebagainya. 

Bagaimana Cara Daftarnya?

1. Daftar untuk akun Instagram dan pilih user name yang bisa dengan jelas mewakili bisnis kamu.

2. Tambahkan foto profil, biografi, dan link ke situs web kamu.

3. Edit kembali ke profil bisnis. Ketuk ikon roda gigi di kanan atas, ketika keluar pilihan, ketuklah untuk beralih ke profil bisnis. Syarat: bisnis kamu harus memiliki halaman Facebook untuk bisa beralih ke profil bisnis.

4. Link-kan akun kamu ke situs share media sosial lain yang kamu punya juga akunnya, seperti Line, Twitter dan lain sebagainya. Share foto produk jualan kamu ke sana sehingga akan membuat Instastory baru di Instagram bagi siapapun yang mengikuti kamu di Facebook dan telah me-link-kan Facebooknya ke Instagram. 

5. Umumkan ke follower Facebook kamu bahwa kamu ada di Instagram, beritahukan user name Instagram kamu dan tunjukkan pada follower non smartphone tentang lokasi di mana mereka dapat melhat foto Instagram kamu.

6. Gunakan dan cari tanda untuk terhubung dengan followers kamu. Coba tips cara menggunakan tagar atau hashtag. 

7. Mulailah berbagi foto di Instagram dan berbagai jaringan lainnya. Periksa Blog Instagram for Business untuk contoh tentang bagaimana brand-brand menggunakan Instagram. 

8. Tinjau wawasan di profil bisnis kamu agar lebih paham keinginan pemirsa kamu dan jenis konten mana yang paling diminati. 

9. Mulai promosikan upload-an kamu yang paling tinggi view-nya langsung dari aplikasi seluler ini. 

Itulah beberapa fitur baru Instagram bisnis. Selain itu, Instagram bisnis selalu memperbarui fiturnya di Instagram, jadi alangkah baiknya kamu memfollow akun @instagram untuk mendapatkan info terbaru terkait update aplikasi. Dengan begitu, kamu bisa lebih maksimal dalam menjalankan bisnis onlinemu dengan bantuan aplikasi bisnis.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait