Cara Jitu Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

cara-memulai bisnis

Memulai bisnis bagi pemula adalah tantangan tersendiri. Apalagi kalau bisnis ini dilakukan seorang diri. Hal itu terkadang membuat pemula ragu dan bertanya ke orang sekitar, “Bagaimana cara memulai bisnis online dari nol?”.

Mulai dari mana dulu? Dari mana saja boleh. Selama kamu sudah siap membuka usaha, lakukan saja. Karena setiap orang bisa berbisnis secara online dengan biaya minim. Kalau masih ragu atau bingung, kamu bisa ikuti cara memulai bisnis online dari nol di bawah ini.

Produk

Syarat utama orang jualan adalah produk atau barang. Kalau kamu buat sendiri produknya, perkirakan ketersediaan barang dan modal usaha yang diperlukan. Hal ini akan mengantisipasi kalau banyak pesanan. Kamu juga bisa pakai sistem pre-order.

Kalau barang dari pihak lain (distributor atau produsen), perkirakan ketersediaan dan daya tahannya (makanan atau minuman). Perhatikan juga kemasan produk & kemasan pengiriman. Supaya barang tetap utuh sampai tangan pelanggan. Kalau ingin diingat pelanggan, bikin desain logo dan kemasan produk yang berbeda dari kompetitor. Lihat saja kemasan Eatlah, Sorcha, atau Berrybenka.

Belajar dari Kompetitor

Jangan menganggap kalau kompetitor itu lawan, loh. Mereka malah bisa menjadi sumber inspirasi buat kamu. Perhatikan cara kompetitor menjual produknya, apakah produk mereka lebih baik dari produkmu atau sebaliknya, jika sebaliknya kenapa mereka terlihat ramai, apa saja layanan mereka.

Nah, untuk mengetahui keinginan pelanggan, baca testimoni atau blog pelanggan. Kira-kira apa yang mereka butuhkan. Kamu bisa belajar dari kompetitor dan pelanggannya tentang banyak hal. Sedikit tips bisnis, kamu juga bisa beli produk kompetitor sebagai perbandingan.

Manfaatkan yang Ada

Saat ini, banyak platform online yang bisa kamu manfaatkan. Ada blog sampai marketplace sebagai tempat memasarkan produk. Bikin blog & tulis tips yang berkaitan dengan produk. Lalu buat akun media sosial (Instagram, Facebook, dan lainnya). Pajang foto semenarik mungkin dan selalu perbarui informasi produk di Instastory. Manfaatkan juga marketplace (Tokopedia, Shopee, Lazada, dll) & ikuti program cashback atau free ongkir. Ketika posting foto produk, jangan lupa tulis informasi secara lengkap. Semua platform online tersebut gratis.

Branding

Usahamu untuk merintis bisnis online akan tercermin dari review pelanggan. Untuk mendapatkan review bagus, jelas, kamu harus membangun kredibilitas brand dari awal. Supaya brand dikenal lebih luas dan banyak pelanggan yang memakai produkmu.

Mungkin ada waktu di mana kamu bikin kesalahan kepada pelanggan. Ya, akui saja dan minta maaf. Segera perbaiki sistem yang kamu terapkan selama ini, apakah ada kurang atau tidak. Seandainya ada pelanggan marah karena produk, jangan membalasnya dengan marah-marah juga.

Kolaborasi

Bagaimana cara memulai bisnis online dari nol tapi langsung terkenal? Entrepreneur pemula dengan modal promo besar itu bagus. Karena promosi produk bisa menggunakan influencer atau jor-joran pasang iklan di media sosial. Dengan cara itu, entrepreneur berharap brand terkenal, produk laku. Kalau tidak punya, ubah cara promosi. Misalnya kolaborasi bareng teman sesama pemilik bisnis online.

Kalian dapat mengadakan program giveaway. Misalnya OOTD challenge atau repost foto. Cara dan mekanisme bisa diatur sesuai keinginan, mau mekanisme rumit atau mudah. Sedangkan hadiahnya berasal dari produk kalian. Cara ini dapat membantu brand-mu mendapatkan exposure. Dan bukan tidak mungkin, kamu punya banyak pelanggan.

Mudah, kan, memulai bisnis online? Yang penting, jalani bisnis dengan fokus dan jangan ragu-ragu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait