Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

cara-memulai bisnis

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Memulai bisnis bagi pemula adalah tantangan tersendiri. Apalagi kalau bisnis ini dilakukan seorang diri. Hal itu terkadang membuat pemula ragu dan bertanya ke orang sekitar, “Bagaimana cara memulai bisnis online dari nol?”.

Mulai dari mana dulu? Dari mana saja boleh. Selama kamu sudah siap membuka usaha, lakukan saja. Karena setiap orang bisa berbisnis secara online dengan biaya minim. Kalau masih ragu atau bingung, kamu bisa ikuti cara memulai usaha online dari nol di bawah ini.

Pilih Bisnis Sesuai Passion

Banyak pengusaha yang sukses karena memulai bisnis sesuai dengan passionnya. Kenapa harus sesuai passion yang dimiliki? Karena jika dilandasi dengan passion, maka apa yang kamu lakukan akan lebih membuatmu penuh semangat dan terasa lebih ringan. Selain itu, dengan passion inilah kamu bisa lebih mengetahui dan memahami seluk beluk bisnis tersebut. Misalnya, ketika kamu menyukai passion di dunia musik, kamu bisa berjualan bisnis kaset, merchandise band, dan sebagainya. Namun, ketika kamu menyukai dunia anak, kamu bisa memulai bisnis jual beli baju anak, mainan anak, dan sebagainya.

Meski direkomendasikan memilih bisnis sesuai passion, kamu tetap bisa memilih bisnis di luar passionmu. Namun, tetap harus memerhatikan tren dan pasar yang ada ya! Jangan sampai kamu salah memilih bisnis yang ingin kamu rintis, karena ketika kamu salah memilih di sini, bisnis kebelakang menjadi lebih sulit untuk dijalankan.

Lakukan Riset Pasar

Pertama kali ingin memulai bisnis pasti kamu akan merasa bingung, “bisnis apa yang cocok buat kamu dan bisa memberikan penghasilan besar”. Ini menjadi impian dan harapan bagi setiap pengusaha pemula. Nah, jika kamu ingin menjalankan bisnis dengan mudah kedepannya, kamu bisa memulai bisnis dengan melakukan riset pasar. Apa saja yang harus kamu riset?

Kamu bisa mulai dengan melihat tren yang ada, misalnya saat ini sedang tren bisnis online jilbab wanita, bagaimana peluangnya menurutmu? Siapa target pasar yang ingin kamu ambil? Berapa persen target pasar ini? Bagaimana behaviour atau kebiasaan mereka ketika ingin membeli jilbab secara online? Apa yang mereka butuhkan? Berapa banyak mereka beli setiap bulannya? Kapan bisnis ini paling diminati? Apa yang mereka cari ketika ingin membeli jilbab, dan sebagainya.

Dengan mengetahui jawaban dari itu semua, kamu tentu bisa dengan lebih mudah menjalankan bisnis kedepannya. Karena dengan inilah kamu bisa membuat rencana bisnis dengan lebih matang dan siap mendapatkan keuntungan maksimal dengan mulai berbisnis.

Persiapkan Model Bisnis

Setelah kamu melakukan riset pasar, hal selanjutnya yang harus kamu persiapkan untuk merintis usaha adalah model bisnis. Menurut Peter Drucker, model bisnis yang andal harus dapat menjawab pertanyaan krusial seperti “siapa pelanggan yang ingin kamu targetkan?” “seberapa penting pelanggan bagi bisnis kamu?” “bagaimana manajemen mampu menghasilkan keuntungan bagi bisnis?” atau “apa yang mendasari manajemen dalam memutuskan kapan dan bagaimana harus memberikan nilai tambah bagi pelanggan?”.

Sedangkan, menurut Casadesus-Masanell and Ricart, terdapat tiga karakteristik utama dalam sebuah model bisnis, yaitu:

1. Model bisnis harus sesuai tujuan perusahaan,

2. Model bisnis harus mampu memperkuat dirinya sendiri, dan

3. Model bisnis harus tangguh dan andal.

Bagaimana kamu mengetahui bahwa model bisnis yang kamu buat itu baik dan? Ada 4 indikator keberhasilan model bisnis yang dilihat dari kemampuannya dalam mengatasi ancaman pesaing, yaitu replikasi, terbacanya kekuatan model bisnis, ketidakfokusan terhadap pasar, dan substitusi, di mana kompetitor mengambil pasar produk yang dimiliki bisnis.

Tentukan Visi Misi Bisnis

Ketika kamu ingin membuat usaha baru, kamu tentu harus menentuan ttujuan bisnis yang ingin kamu capai. Meski bisnisnya hanya dalam skala rumahan, kamu juga wajib menentukan visi misi bisnis. Dengan begitu, kamu bisa membuat rencana bisnis dengan lebih matang dan fokus. Sehingga saat bisnis berjalan, kamu sudah mengetahui kemana arah dan tujuan bisnis secara jelas. Tanpa adanya visi dan misi, juga apa yang menjadi tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan itu menjadi sulit untuk dicapai.

Jadi, pastikan sebelum kamu memulai bisnis, pastikan kamu membuat tujuan bisnis secara tepat, sehingga kamu bisa lebih mudah membuat rencana, juga membuat kamu lebih semangat dalam mencapai bisnis tersebut. Ada banyak tujuan yang bisa kamu capai, namun tentukan 1 fokus tujuan di awal perjalanan bisnis ya.

Hitung Modal yang Kamu Miliki

Modal menjadi salah satu hal penting yang wajib kamu perhatikan ketika ingin memulai bisnis. Meski banyak bisnis yang tidak membutuhkan modal, seperti bisnis dropship, namun alangkah baiknya kamu juga melakukan perhitungan modal dengan baik. Cobalah hitung secara teliti mana saja kebutuhan yang paling penting agar bisnis bisa berjalan. Hindari juga pembelian barang-barang yang dirasa belum terlalu diperlukan. Nah, bagi kamu yang tidak memiliki modal banyak, kamu juga bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah untuk mulai berbisnis seperti halaman, garasi, dapur, peralatan masak, dan lain sebagainya.

Intinya, jangan pernah paksakan ketika modal yang kamu miliki tidak terlalu banyak. Jangan juga mundur ketika dirasa modalmu belum cukup. Karena biasanya banyak orang yang gagal memulai bisnis karena dengan alasan modal yang tidak cukup. Mulai dulu sekarang dan jalankan bisnis dengan maksimal. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pundi-pundi uang yang bisa kamu gunakan untuk menambah modal usaaha di kemudian hari nanti.

Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Syarat utama orang jualan adalah produk atau barang. Kalau kamu buat sendiri produknya, perkirakan ketersediaan barang dan modal usaha yang diperlukan. Hal ini akan mengantisipasi kalau banyak pesanan. Kamu juga bisa pakai sistem pre-order.

Kalau barang dari pihak lain (distributor atau produsen), perkirakan ketersediaan dan daya tahannya (makanan atau minuman). Perhatikan juga kemasan produk & kemasan pengiriman. Supaya barang tetap utuh sampai tangan pelanggan. Kalau ingin diingat pelanggan, bikin desain logo dan kemasan produk yang berbeda dari kompetitor. Kamu bisa mencontoh kemasan dari merek Eatlah, Sorcha, atau Berrybenka. Selain itu, pastikan juga kamu memberikan kualitas produk terbaik untuk membuat pelanggan kamu menjadi loyal dan percaya. Karena biasanya, hal terpenting yang sering membedakan produk kamu dan produk lain yang sejenis adalah kualitas produk dan juga layanan yang kamu berikan.

Terus Belajar

Untuk menjadi pengusaha yang baik, kamu tentu harus banyak belajar, salah satunya dengan kompetitor. Jangan menganggap kalau kompetitor itu lawan, loh. Mereka malah bisa menjadi sumber inspirasi buat kamu. Perhatikan cara kompetitor menjual produknya, apakah produk mereka lebih baik dari produkmu atau sebaliknya, jika sebaliknya kenapa mereka terlihat ramai, apa saja layanan mereka.

Nah, untuk mengetahui keinginan pelanggan, baca testimoni atau blog pelanggan. Kira-kira apa yang mereka butuhkan. Kamu bisa belajar dari kompetitor dan pelanggannya tentang banyak hal. Sedikit tips bisnis, kamu juga bisa beli produk kompetitor sebagai perbandingan.

Selain dengan kompetitor, kamu juga bisa belajar dengan membaca buku, melakukan networking dengan datang ke event atau acara bisnis, atau mungkin saja bertemu dengan teman yang sudah terlebih dulu sukses di dunia bisnis. Karena dengan belajar, kamu bisa mengetahui apa saja yang kurang dan harus diperbaiki. Kamu juga bisa meminta pendapat karyawan, keluarga, atau teman dekat. Dengan terus belajar, kamu berartu sudah membuat bisnis terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

Manfaatkan yang Ada

Saat ini, banyak platform online yang bisa kamu manfaatkan. Ada blog sampai marketplace sebagai tempat memasarkan produk. Bikin blog & tulis tips yang berkaitan dengan produk. Lalu buat akun media sosial (Instagram, Facebook, dan lainnya). Pajang foto semenarik mungkin dan selalu perbarui informasi produk di Instastory. Manfaatkan juga marketplace yang ada seperti, Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya. Kemudian ikuti juga program cashback atau free ongkir dari marketplace tersebut. Ini bisa membantu kamu mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi, dan juga membantu kamu menghemat dalam pemberian ongkir kepada pelanggan. Ketika posting foto produk, jangan lupa tulis informasi secara lengkap. Semua platform online tersebut gratis.

Selain itu, apalagi yang bisa kamu manfaatkan? Tentunya kamu bisa memanfaatkan momen dan tren saat ini. Misalnya, ketika sebentar lagi banyak orang yang merayakan valentine. Kamu bisa membuat produk bundling edisi valentine. Ini tentu bisa membantu kamu menarik pelanggan untuk datang. Misalnya, ketika kamu menjual produk baju, kamu bisa membuat baju couple atau bisa juga beli baju gratis cokelat, dan sebagainya. Sebagai pengusaha, jangan pernah untuk mengabaikan tren dan tools yang ada ya, karena ini biasanya justru yang bisa membuat kamu mendapatkan keuntungan lebih lagi.

Lakukan Branding

Usahamu untuk merintis bisnis online akan tercermin dari review pelanggan. Untuk mendapatkan review bagus, jelas, kamu harus membangun kredibilitas brand dari awal. Supaya brand dikenal lebih luas dan banyak pelanggan yang memakai produkmu.

Mungkin ada waktu di mana kamu bikin kesalahan kepada pelanggan. Ya, akui saja dan minta maaf. Segera perbaiki sistem yang kamu terapkan selama ini, apakah ada kurang atau tidak. Seandainya ada pelanggan marah karena produk, jangan membalasnya dengan marah-marah juga.

Selain itu, dalam membangun bisnis, branding ini juga bisa kamu lakukan dengan cara membuat logo khas dan unik yang menggambarkan bisnis kamu. Dengan begitu, pelanggan maupun target audience kamu jadi bisa dengan mudah mengenali siapa kamu dan apa bisnismu. Hal ini penting untuk menarik pelanggan baru maupun mempertahankan dan menjaga loyalitas pelanggan.

Kamu juga bisa memanfaatkan social media bisnis untuk menjadi salah satu media branding yang murah dan tanpa biaya. Hanya dengan memposting konten setiap harinya, kamu bisa lebih dikenal. Cobalah untuk membedakan social media kamu berbeda dengan kompetitor. Misalnya, ketika kamu menjual baju anak, jangan melulu menshare jualanmu saja. Kamu juga bisa menambahkan gimmick seperti tips memilih baju anak, kado terbaik bagi si kecil usia 2 tahun, perbedaan pola asuh anak laki-laki dan perempuan, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, pelangganmu akan lebih loyal dan melihat bahwa bisnismu adalah bisnis profesional yang juga memerhatikan anak-anak., bukan hanya sekedar menjual baju anak.

Menjadi Unik dalam Persaingan

Cara memulai usaha yang baik bukan hanya dilihat pada saat mendirikannya, tapi juga saat menjalankannya. Salah satu cara menjalankan usaha yang baik adalah membuat produk atau layanan menjadi unik di tengah-tengah persaingan bisnis.

Mungkin saja jenis usaha yang dijalankan saman, namun bisnis kamu harus terlihat unik dibandingkan usaha sejenis. Misalnya, ketika kamu ingin menjual bakso, beberapa hal yang bisa membuat bisnis bakso menjadi unik dan berbeda yaitu:

a. Membuat nama bisnis yang unik, misalnya Bakso Granat Mertua

b. Menjaga kualitas rasa dan cara penyajian

c. Menjaga kebersihan di sekitar tempat usaha

Atau jika kamu menjalankan bisnis online shop, kamu bisa melakukan beberapa tips yang membuat online shop menjadi unik, misalnya:

a. Menawarkan layanan gratis ongkir

b. Mengirim barang secepat mungkin

c. Menjaga kualitas komunikasi dengan konsumen, dan sebagainya.

Buatlah Kolaborasi dengan Pihak Ketiga

Bagaimana cara memulai bisnis online dari nol tapi langsung terkenal? Entrepreneur pemula dengan modal promo besar itu bagus. Karena promosi produk bisa menggunakan influencer atau jor-joran pasang iklan di media sosial. Dengan cara itu, entrepreneur berharap brand terkenal, produk laku. Kalau tidak punya, ubah cara promosi. Misalnya kolaborasi bareng teman sesama pemilik bisnis online.

Kalian dapat mengadakan program giveaway. Misalnya OOTD challenge atau repost foto. Cara dan mekanisme bisa diatur sesuai keinginan, mau mekanisme rumit atau mudah. Sedangkan hadiahnya berasal dari produk kalian. Cara ini dapat membantu brand-mu mendapatkan exposure. Dan bukan tidak mungkin, kamu punya banyak pelanggan.

Pelajari Administrasi dan Keuangan

Hal terpenting lainnya yang harus kamu pikirkan ketika ingin memulai bisnis adalah keuangan. Di mana, keuangan inilah yang menjadi tombak yang menentukan kesuksesan suati bisnis. Meski bisnis yang kamu jalankan hanya sekedar bisnis rumahan, kamu tetap harus mengelola keuangan dan administrasi binis kamu meski hanya dengan cara yang sederhana. Cobalah mulai dengan melakukan pencatatan atas transaksi bisnis, mulai dari barang masuk dan barang keluar, uang masuk dan uang keluar,. Dengan mempelajari administrasi dan keuangan dengan baik, kamu bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah, juga lebih mudah mengembangkan bisnis dengan rencana bisnis yang disesuaikan dengan keputusan yang tepat berdasarkan data keuangan yang kamu miliki.

Fokus Pada Satu Bisnis

Banyak pengusaha baru yang gagal menjalankan bisnis hanya karena tidak fokus. Mereka sering membuka bisnis baru ketika dirasa bisnis yang dijalankan tidak berkembang ataupun ketika bisnisnya sudah berjalan. Dengan alasan ingin meraih keuntungan besar, ini justru bisa membuat kamu gagal dan kehilangan semua bisnis yang sudah kamu miliki. Jadi, untuk menghindari kesalahan yang sama, janganlah terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua dan seterusnya. Pastikan bisnis yang kamu kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari permasalahan modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Salah satu kunci kesuksesan adalah “proses belajar”. Jadi, ketika kamu sudah memutuskan untuk memulai bisnis jangan pernah untuk berhenti belajar, salah satunya dengan melakukan evaluasi terhadap bisnis yang kamu jalankan. Cobalah mulai dengan menerima kritik dan nasihat dari orang lain, seperti pengusaha lain, pelanggan, keluarga, dan sebagainya. Dengan kritik inilah kamu bisa lebih mudah mengembangkan bisnis dan membenahi setiap kekurangan pada bisnis yang kamu jalankan. Teruslah belajar dari setiap langkah perjalanan bisnis kamu, dan jangan pernah puas ketika kamu meraih kesuksesan.

Latih Mental yang Kuat

Seorang pengusaha harus memiliki mental baja. Ini menjadi salah satu modal yang harus dimiliki sejak dini. Kenapa? Karena tidak semua yang kamu inginkan akan tercapai dengan mudahnya. Tidak ada yang tau apa yang terjadi pada kamu dan bisnismu di masa depan. Mungkin saja sebelum kamu meraih kesuksesan, kamu akan ditemui oleh beberapa rintangan, misalnya, produk yang kamu jual ditolak oleh pasar, banyak pelanggan yang komplen terhadap layanan dan produk kamu, sulit mendapatkan tambahan modal usaha, munculnya kompetitor sejenis yang justru lebih sukses, dan masih banyak lagi tantangan yang mungkin akan kamu hadapi.

Karena itulah, sebagai pengusaha kamu harus memiliki mental yang kuat untuk terus melangkah dan bertahan dalam persaingan bisnis. Dan tanamkan pada diri kamu bahwa bukan hanya bisnismu yang pernah mengalami masa-masa sulit, hanya mereka yang bermental kuatlah yang dapat tetap bertahan di tengah persiangan. Jadi, untuk memperkuat mentalmu sebelum memulai, cobalah untuk mencari informasi terlebih dulu dan tanyakan pada diri sendiri, apa saja kemungkinan yang terjadi di kemudian hari, apa saja tantangan yang akan dihadapi, dan sebagainya. Dan perlu diketahui juga bahwa merintis usaha dari nol bukanlah perkara mudah, dibutuhkan pengorbanan tenaga, waktu, pikiran, dan tenaga yang tidak sebentar. Inilah yang membedakan mental karyawan dan pengusaha.

Mudah, kan, memulai bisnis online? Yang penting, jalani bisnis dengan fokus dan jangan ragu-ragu. Lalu bagaimana ketika mengalami kegagalan? Setiap pengusaha pasti pernah mengalami kegagalan ketika menjalankan usahanya. Jika ini terjadi padami, janganlah pernah putus asa dan menyerah. Untuk memajukan usaha, kamu harus terus fokus dan semangat untuk mencapai keinginan kamu, yaitu memiliki bisnis yang sukses.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait