5 Bisnis Kuliner Kekinian dengan Modal Kecil

bisnis kuliner
bisnis kuliner

Sama halnya dengan dunia teknologi yang selalu mengalami perkembangan dan inovasi terus-menerus, bisnis kuliner pun juga demikian di mana saat ini kamu dapat menemukan dan mencicipi berbagai macam usaha kuliner kekinian yang sedang menjadi tren populer di kalangan anak muda zaman now.

Tentu saja, hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai sebuah peluang atau ide bisnis kuliner yang menjanjikan cuan walaupun dengan modal yang tidak besar. Jika kita melihat model usaha kuliner saat ini, hampir semua bisnis kuliner kekinian menyasar target pasar anak muda di Indonesia. Mengapa?

Sebab, anak muda di Indonesia memiliki keingintahuan yang besar terdapat berbagai macam hal yang baru, tak terkecuali urusan perut yakni mencicipi kuliner kekinian. Selain itu, kaum anak muda juga memiliki budaya konsumtif yang sangat tinggi sehingga dirasa menjadi suatu peluang usaha yang menjanjikan bagi kamu yang ingin membuka usaha kuliner sendiri.

Berdasarkan penelusuran Ajaib, setidaknya para pemilik usaha kuliner di Indonesia mampu meraup keuntungan hingga 50% untuk satu porsi makanan yang dibeli oleh pelanggan. Jadi, tidak usah heran jika saat ini banyak anak-anak muda Indonesia yang lebih memilih menjadi seorang pebisnis muda dalam dunia kuliner.

Nah berikut 5 daftar inspirasi atau ide bisnis kuliner kekinian 2020 yang bisa kamu jalankan dengan modal awal yang kecil yakni di bawah Rp10 juta dan cocok sekali bagi kamu yang baru mulai terjun dalam dunia usaha.

Bisnis Franchise Makanan Ala Gerobak

Jika kamu masih belum memiliki konsep bisnis kuliner yang ingin dijalankan, ada baiknya kamu bisa mempertimbangkan dan memilih bisnis franchise makanan ala gerobak yang kini sudah banyak tersedia di pasaran.

Selain modal awal yang perlu siapkan tidak besar, kamu juga tidak begitu memusingkan terkait persoalan di mana kamu ingin berjualan. Mengapa?

Karena membuka bisnis kuliner ala gerobak tidak memerlukan luas lahan yang besar, kamu hanya membutuhkan luas lahan untuk jualanmu sebesar 2-3 meter persegi saja. Umumnya pilihan lokasinya bisa di depan minimarket yang ramai pengunjung dan pembeli.

Salah satu pilihan franchise makanan ala gerobak dengan modal kecil adalah Mister Jagung Manis, kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp3,5 juta saja untuk membuka usaha kuliner makanan ini.

Franchise Minuman

Indonesia memang merupakan negara tropis yang memiliki cuaca yang cukup panas, di mana membuka usaha kuliner minuman menjadi opsi yang bisa kamu pertimbangkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari berjualan minuman.

Jika kamu memiliki modal hanya sekitar Rp3 juta saja, kamu tidak perlu berkecil hati. Mengapa? Karena, modal yang kamu miliki tersebut masih bisa kamu gunakan untuk membuka bisnis franchise minuman.

Salah satunya jika kamu sedang berkendara di jalanan saat siang hari, kamu pasti kerap kali melihat ada pedagang yang berjualan cappucino cincau. Bagi kamu yang ingin membuka bisnis kuliner minuman tersebut, kamu perlu menyiapkan modal sebesar Rp2 juta saja dengan merek Cappucinno Cincau Tempo Doeloe.

Model waralaba minuman ini tanpa gerobak ya guys, jadi kamu tinggal menyiapkan tempat berjualannya saja seperti meja dan kursi.

Bisnis Kuliner Martabak Kekinian

Siapa yang tidak kenal dengan makanan cemilan manis satu ini dengan topping seperti keju, cokelat, pisang, kacang dan sebagainya. Bisnis kuliner makanan ini memang benar-benar sangat lezat dan disukai oleh semua orang, apalagi jika kamu mencicipinya saat sedang baru disajikan.

Jika dulu, varian rasa dari martabak hanya terdiri dari cokelat dan keju saja, saat ini varian rasa yang ditawarkan lebih banyak dan beragam.

Pilihan inspirasi bisnis untuk martabak kekinian saat ini yang bisa kamu pilih, salah satunya Martabak Mini Rainbow dengan harga franchise mulai dari Rp5,7 juta – Rp8,8 juta saja. Yang mana, martabak kekinian ini disajikan dalam ukuran loyang kecil dengan berbagai macam topping pilihan.

Kelebihan dari membuka bisnis franchise martabak ini, kamu tidak akan dikenakan bagi hasil antara franchise dan franchisor.

Angkringan

Bagi para pekerja kantoran, sepertinya angkringan bukanlah tempat yang asing bagi mereka. Mengapa? Sebab, angkringan seringkali dijadikan tempat untuk melepas penat dan lelah setelah satu harian bekerja. Salah satu menu yang selalu dipesan oleh para pekerja tersebut adalah susu jahe.

Bisnis kuliner makanan seperti angkringan bisa kamu lirik sebagai usaha yang menjanjikan, hal ini dikarenakan makanan atau minuman yang dijual di sana relatif terjangkau dari segi harga. Misalkan saja, susu jahe berkisar Rp8 ribu dan nasi kucing seharga Rp3 ribu saja.

Untuk membuka usaha kuliner angkringan ini, setidaknya kamu perlu memiliki modal setidaknya Rp10 juta, di mana kamu bisa memilih untuk membuka angkringan secara franchise ataupun tidak.

Jika kamu memilih membuka angkringan secara franchise, kamu perlu menyiapkan modal awal hingga Rp8 juta, itu semua sudah termasuk resep makanan dan gerobak dengan nama merek dagang Angkringan Nasi Kucing 78.

Namun jika hanya memerlukan resepnya saja, kamu hanya akan dikenakan biaya awal sebesar Rp2,5 juta, dengan catatan seluruh gerobak dan sebagainya ditanggung oleh kamu sendiri.

Donat Bakar

Nama makanannya saja sudah bikin kita ngeleng-ngeleng kepala ya guys, Biasanya donat akan disajikan dengan cara digoreng namun kini donat pun dapat disajikan dengan cara dibakar.

Jika kamu ingin membuka bisnis kuliner makanan seperti dokar atau donat bakar ini, kamu perlu menyiapkan modal sebesar Rp7,5 juta dengan melakukan kemitraan secara franchise dengan Donat Bakar, semua biaya yang kamu keluarkan tersebut sudah mencakup seluruh kebutuhan dan peralatan berjualan dari Donat Bakar.

#Bisnis Kuliner Kini Menargetkan Pasar Anak Muda

Saat ini semua konsep usaha kuliner baik itu minuman ataupun makanan ingin menjangkau anak-anak muda Indonesia dengan konsep rumah makan yang cozy dan asyik untuk bersantai-santai di sana. Tak lupa, harga makanan yang dijual di tempat-tempat tersebut juga masih tergolong ramah bagi kantong para generasi milenial yang ingin mencicipi lezatnya makanan yang disajikan mulai dari harga Rp20 ribu – Rp50 ribu saja per porsi.

Setelah kamu membaca artikel ini sampai selesai, bisnis kuliner mana yang ingin kamu jalankan dalam waktu dekat ini? Jika kamu membutuhkan modal tambahan untuk membuka usaha kulinermu tersebut, kamu bisa memulai investasi reksa danamu bersama Ajaib mulai dari sekarang secara rutin setiap bulannya dan jika dana hasil investasi reksa danamu sudah dirasa cukup, kamu bisa menariknya kapan pun dan di mana pun sesuai keinginanmu sebagai dana tambahan untuk menambah modal investasimu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait