Pentingnya Branding Bagi Pemasaran Produk Startup

pemasaran produk
pemasaran-produk

Apakah branding Itu?

Di tengah pasar yang kompetitif, sebuah produk –berkualitas ataupun tidak – harus memiliki keunggulan untuk bersaing. Aktivitas pemasaran produk berupa penamaan, simbol dan desain untuk mengidentifikasi dan secara jelas membedakan sebuah produk dari produk lainnya, disebut branding.

Mengapa Branding Diperlukan

Ini adalah tentang siapa, bukan apa. Siapa yang akan terangkul ke dalam sebuah makna. Tujuan branding adalah menghidupkan sebuah kisah nyata bermakna dan menarik, yang mampu mengajak pemimpin eksekutif, staf pemasaran, penjualan, produk, pendukung, operasional, budaya perusahaan dan konsumen untuk bersatu, setia mengikuti, mempercayai, merayakan dan menyiarkannya, agar semua bergerak bersama dalam satu pemikiran.

Aspek-aspek Dalam Branding  

Branding bukan brand. Branding adalah rangkaian proses yang harus dilalui demi melahirkan sebuah brand. Pemilik produk harus melakukan penelitian tentang kebutuhan teraktual calon konsumen, agar ia bisa melakukan penyempurnaan produknya relevan dengan itu.

Juga penelitian tentang kompetisi langsung sekategori, maupun kompetisi tak langsung. Setelah mendapatkan hasil pemetaan peluang, ia bisa melakukan penempatan brand (brand positioning) yang efektif, dengan beberapa pilihan metode yang dibuat oleh pakar pemikir kelas dunia.

Brand Positioning akan diperkuat brand identity, yaitu:

  • • Penamaan brand: bisa mewakili nama pemilik, cita-cita, idealisme, dan lain-lain.
  • • Desain bentuk, warna dan typografi: elemen visual yang memperkuat karakter brand.
  • Brand equity: nilai-nilai yang dipegang brand, yang mewakili keunggulan tangible (kasat mata) seperti skala keuntungan atau pemasaran, atau keuntungan intangible (tak kasat mata) berupa social currency, kepercayaan diri, dll.

Metode Yang Dipakai Dalam Strategi Penempatan Brand (Brand Positioning)

1.  Product attributes model

Metode ini mengevaluasi brand positioning sebuah produk. Bekerja berdasarkan pemikiran literature Lancester (1966, 1971, 1979) “Attributes of Products”, dimana metode berusaha menemukan sebuah atribut, dari sekian banyak atribut yang dimiliki sebuah produk, yang paling relevan dengan atribut produk idaman para calon konsumen. Metode ini membutuhkan penelitian kuantitatif skala besar dan menjadi favorit para marketer karena reliabilitasnya.

2. The “Surrogate” positioning  

Ada beberapa metode pengganti metode nomor 1, seperti “Surrogate Positioning” yang mengizinkan produsen mengkomunikasikan atribut produk tanpa harus menjabarkannya, malahan memperbolehkan penjelasan itu dipaparkan sesuai dengan harapan tiap individu yang membaca iklannya.

3 Konsep Brand Personality

Metode ini menggunakanlima kepribadian utama manusia sebagai skala acuan untuk menarik persamaan dengan kepribadian brand. Karena brand definisinya berorientasi pada konsumen, dimensinya berasal dari survey konsumen berskala besar.

4 Personal Repertory Grid Method

Metode ini mengusulkan metode kualitatif termasuk cara samplingnya, interview, analisa prosedur, kemudian mendiskusikan hasil. Metode ini dibangun berdasarkan kerangka pemikiran bahwa tiap individu hidup dalam realitas subyektif mereka, dan pemahaman seseorang tentang sesuatu diperoleh dengan cara membandingkannya dengan hal lain yang sudah mereka pahami sebelumnya.

Berapa Lama Umur Sebuah Brand?

Ciptakanlah sebuah brand positioning dengan brand equity yang penuh makna dan relevan dengan harapan konsumen sepanjang masa. Nah, selama itulah sebuah brand akan terus eksis, sehat wal afiat.

Untuk kamu yang ingin mencoba berbisnis, apalagi membangun startup, kamu harus bisa menciptakan pembeda melalui branding ini sebagai pemasaran produk yang kamu komunikasikan. Dengan begitu, kamu bisa mengambil berbagai peluang usaha yang ada di depan mata.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , ,
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait