Bisnis Lokal, Mengapa Pemasaran Offline Masih Penting

Pemasaran Offline

Meskipun internet dapat membuka peluang global, banyak bisnis pada dasarnya masih sangat sederhana dan lokal. Bahkan jika kamu ingin menjadikannya sebuah produk global pada akhirnya, seringkali lebih mudah untuk memulai bisnis secara lokal terlebih dahulu dan bekerja dengan cara kamu dari sana di lingkaran komunitas kecil menjadi ke komunitas yang lebih besar.

Salah satu keuntungan menjadi (atau memulai) bisnis lokal, adalah memungkinkan untuk menjalin hubungan dunia nyata yang kuat dengan komunitas kamu, menggunakan strategi pemasaran offline yang terbukti dan teruji (dan sangat terjangkau). Menjadikannya permulaan yang bagus untuk membuat bisnis yang memiliki pelanggan setia di komunitas sebuah kota.

Berikut adalah beberapa kiat pemasaran offline yang dapat kamu ikuti untuk mengembangkan bisnis kamu.

1. Buat kalender pemasaran tahunan

Kamu mungkin menetapkan anggaran dan target keuangan kamu per tahun, kuartal, dan bulan (dan mungkin bahkan per minggu), jadi masuk akal untuk melakukan hal yang sama dengan strategi pemasaran kamu.

Tergantung pada pendekatan kamu, kamu mungkin ingin menyebarkan anggaran pemasaran kamu secara merata sepanjang tahun atau fokus pada beberapa acara utama. Bagaimanapun juga, kamu akan ingin memiliki rencana untuk memastikan anggaran pemasaran kamu dihabiskan secara efektif.

Menjalani bisnis lokal yang berfokus pada satu komunitas berarti memberikan timbal balik yang serupa untuk komunitas tersebut. Rancangan pemasaran untuk membuat acara khusus tidak akan membuat bisnismu rugi, malah akan membuat bisnismu semakin dikenal jika kamu bekerja sama dengan komunitas-komunitas lokal yang ada di satu kota tersebut.

2. Hindari membuat konten yang acak

Per poin di atas, tidak apa-apa untuk mengubah perubahan. Pada kenyataannya, sangat disarankan untuk memperkenalkan beberapa variasi ke dalam konten pemasaran kamu. Tetapi kamu harus selalu membuat konten dengan penuh perhatian, daripada hanya melakukan apa pun yang memasuki kepala kamu pada titik waktu tertentu.

Memiliki produk yang memiliki ciri khas akan membantu bisnis kamu dikenal luas oleh komunitas. Jadi, kembangkan ide kreatifmu menjadi produk yang akan kamu jual dan pasarkan ke mereka. Buatlah produk yang dapat dengan mudah dikenal saat mereka melihat seseorang menggunakannya.

Membuat konten acak akan memudarkan ciri khas bisnis kamu dan sebuah konten produk yang acak membuat citramu juga menjadi acak. Lebih baik tentukan produk apa yang akan kamu jual, dari sana, kembangkan lagi produk tersebut dengan peningkatan atau variasi yang tidak meninggalkan pakem produkmu.

3. Tautkan pemasaran offline dan online kamu

Bagi banyak startup dan usaha kecil, bagian dari alasan mereka menggunakan pemasaran offline adalah untuk mendorong orang mengunjungi toko online atau situs web mereka. Jika demikian, buat orang mudah melakukannya dan pastikan detail online perusahaan kamu mudah terlihat dalam konten pemasaran offline kamu. 

Cara sederhana dan berteknologi tinggi untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan kode QR. Cara berteknologi rendah adalah mendaftar detail online kamu. Buatlah kesan ekslusif yang selaras dengan detail perusahaanmu di dunia online.

Pelanggan akan merasa dirinya spesial jika tautan pemasaranmu hanya diperuntukkan oleh pelanggan yang pernah datang ke toko atau bisnis kamu. Jangan malu untuk memberikan informasi mengenai bisnis kamu di situs web, dan buatlah situs webmu menjadi lahan yang informatif untuk pelanggan. Mereka bisa saja menyebarkan situs web bisnis kamu dan memperkenalkannya ke teman-temannya.

Jangan lupa, menyelaraskan informasi di situs web dan citra yang kamu bangun di produk kamu atau bisnis kamu. Jadi, pelanggan tidak bingung akan informasi yang mengenai produk.

4. Gunakan barang dagangan promosi secara strategis

Barang promosi adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan pelanggan yang sudah ada dan potensial, tetapi hanya berfungsi jika dipilih secara strategis. Itu harus berupa sesuatu yang akan digunakan atau dicintai penerima (atau lebih disukai keduanya).

Saat ini, hadiah yang dapat dikonsumsi seringkali merupakan cara utama untuk mempromosikan bisnis karena sifat mereka yang berarti mereka cenderung digunakan dan dinikmati daripada disimpan di suatu tempat (atau diteruskan langsung ke orang lain).

Hadiah konsumsi paling populer, sejauh ini, adalah gula-gula promosi, terutama cokelat, dan ada alasan bagus untuk ini. Ini adalah taruhan yang aman bagi kebanyakan orang, paling banyak sepanjang tahun, dan bahkan jika kamu memberikannya kepada seseorang yang tidak menginginkannya sendiri, kemungkinan mereka dengan senang hati akan memberikannya kepada orang lain.

5. Berteman dengan media lokal kamu

Jika kamu memiliki bisnis lokal, kamu mungkin sudah beriklan di media lokal kamu. Jika tidak, kamu mungkin ingin mengetahui opsi ini karena ini bisa menjadi cara yang sangat murah untuk membuat merek kamu selalu ada di depan pelanggan potensial secara teratur.

Selain itu, kamu mungkin ingin melihat apakah kamu dapat membuat berita utama sendiri, setidaknya dari waktu ke waktu. Ini berarti bahwa kamu harus melakukan sesuatu yang menurut media lokal kamu layak untuk diperhatikan, tetapi hambatan untuk masuk di sini mungkin jauh lebih rendah daripada yang seharusnya untuk media nasional.

Manfaatkan acara khususmu bisa diliput oleh wartawan lokal, undanglah mereka melalui email atau pesan singkat dengan memberikan selembar informasi mengenai acara yang kamu buat dan subjek apa yang bisa diberitakan. Berpikirlah kreatif dan memasarkannya secara luas, di luar kepala. Mintalah bantuan dari komunitas lain untuk menghubungkanmu ke media-media lokal yang ramah akan komunitas tersebut.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, Philip., Keller, K. (2012). Marketing Management Global Edition Publishing as Prentic Hall

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait