Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja

Benarkah Survey Strategi Pemasaran yang Baik untuk Bisnis

Kritik dan saran yang disampaikan oleh seorang pelanggan atas kepuasaan menggunakan jasa bisnis kamu, perlu kamu nilai sebagai hal yang positif bagi kelangsungan bisnismu tersebut. Mengapa? Karena bentuk kepedulian dari seorang pelanggan terhadap bisnis yang kamu jalankan tersebut. Mereka saat ini bisa dengan mudah menyampaikan kritik dan saran kepada bisnis kamu melalui sebuah survey atau kuesioner baik itu secara langsung ataupun online.

Menerima kritik dan saran dari pelangganmu memang merupakan hal yang pasti tidak kamu sukai. Walaupun demikian penyampaian kritik dan saran melalui survey atau kuesioner ternyata dapat meningkatkan kualitas pelayanan di bisnismu. Bahkan di era digitalisasi seperti sekarang, survey bukan hanya digunakan sebagai wadah untuk menerima kritik dan saran dari pelanggan saja, tetapi sudah digunakan secara masif sebagai suatu strategi pemasaran dalam menentukan segmentasi pasar.

Apakah Manfaat Survey dan Kuesioner Hanya Digunakan Sebagai Kritik dan Saran dari Pelanggan Saja?

Walaupun bisa dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan suatu bisnis, namun survey juga digunakan oleh perusahaan atau bisnis saat ini untuk menentukan segmentasi pesar seperti mengetahui perilaku, karakteristik, kebutuhan, dan apa yang dinginkan oleh pasar.

Di era teknologi yang berkembang pesat seperti saat ini, kamu sudah tidak perlu bingung lagi ketika ingin mengetahui segmentasi pasar, yaitu pengelompokan pembeli berdasarkan perilaku konsumen, karakteristik, kebutuhan, hingga apa yang mereka butuhkan.

Semua itu bisa kamu dapatkan melalui survey yang dilakukan secara online melalui platform-platform survey online yang tersedia. Sebut saja Google Form, SurveyMonkey, dll.

#Apa itu Survey?

Survey merupakan suatu kegiatan untuk melakukan penelitian atau pemeriksaan dengan cara yang kompeherensif (meliputi seluruh aspek). Kegiatan survey dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu wawancara langsung dan melalui online. Yang mana, hasil survey ini nantinya bisa dijadikan data pendukung untuk perusahaan mengambil langkah terkait harga, strategi pemasaran, anggaran, dll. 

Pentingnya Melakukan Survey Bisnis

Meski sudah dijelaskan di atas, di bawah ini akan dijabarkan lagi mengapa survey cukup penting untuk menyusun ulang strategi perusahaan atas produk yang akan dijualnya.

Mengetahui Kualitas Produk

Saat ini, pelanggan memiliki peranan penting dalam menentukan seberapa berkualitas kah produk atau barang kamu tersebut. Mengapa? Kualitas produk ditentukan oleh konsumen bukan dari pihak yang membuat produk tersebut.

Jika kamu mengatakan produk kamu tersebut sudah jempolan tetapi konsumen berkata tidak, apakah produk kamu tersebut bisa laris di pasaran? Pasti pembelinya sedikit. Walaupun demikian harga juga menjadi bahan pertimbangan ketika konsumen ingin membeli produk kamu.

Sebagai Bahan Evaluasi

Hal ini menyangkut perbaikan terus-menerus yang harus kamu lakukan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada konsumen.

Sehingga hasil survey yang telah diisi oleh pelanggan bisa kamu gunakan sebagai bahan evaluasi yang menyangkut kualitas produk, penjualan, dll. Namun, semua hal tersebut harus berorientasi kepada pelanggan.

Mengetahui Pesaing atau Kompetitor

Memiliki database pelanggan merupakan suatu hal yang paling berharga dalam dunia pemasaran, karena pelanggan adalah raja.

Kamu bisa memanfaatkan survey kepada pelanggan pesaing kamu untuk mendapatkan feedback darinya. Walaupun produk kamu laris dan bagus di mata konsumen, percayalah bahwa di dalam kelebihan pasti terdapat kekurangan, begitupun sebaliknya.

Itulah informasi yang Ajaib bisa sampaikan terkait penggunaan survey sebagai strategi pemasaran yang berkembang pesat saat ini dengan semakin canggihnya teknologi dan utilitas internet.

Ingat! Tidak ada satupun produk di dunia ini yang menang dalam segala aspek, sehingga tidak ada kata terbaik yang ada hanyalah lebih baik.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, Philip., Keller, K. (2012). Marketing Management Global Edition Publishing as Prentic Hall

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait