Wajib Tahu, Ini Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

kepuasan pelanggan
kepuasan pelanggan

Dalam sebuah usaha dan bisnis, kepuasan pelanggan adalah hal yang paling utama. Sehingga muncul istilah pembeli adalah raja. Tak heran setiap ragam usaha dan bisnis selalu mengedepankan pelayanan yang maksimal kepada konsumennya.

Saat ini, berbagai bisnis mengedepankan reputasi untuk perkembangan perusahaan. Tolak ukur reputasi ini bergantung pada kepuasan pelanggan. Maka dari itu, kepuasan pelanggan adalah faktor penting dalam kemajuan bisnis/usaha kamu.

Jika pelanggan kamu puas dengan layanan yang kamu berikan, maka pelanggan akan loyal dalam meningkatkan pendapatan kamu dimana ini sekaligus mendorong kelangsungan bisnis dan perusahaan kamu akan unggul di tengah persaingan usaha.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kepuasan konsumen kamu? Dan apa saja yang mempengaruhi kepauasan ini terhadap barang yang kamu jual? Berikut beberapa faktor-faktor yang mesti kamu ketahui sebagai ilmu bisnis.

Faktor Kepuasan Pelanggan

Kualitas Produk

Pelanggan kamu akan merasa puas jika produk yang digunakan memiliki kualitas yang baik. Hal ini karena pelanggan sudah memberikan kepercayaan kepada kamu untuk menggunakan produksi kamu, sehingga adalah hal yang setimpal jika pelanggan juga mendapatkan kualitas produk yang baik.

Saat ini sudah masanya, pelanggan cenderung memilih barang dengan harga paling murah dan memiliki kualitas terbaik. Walau ironi, namun kenyataan ini tak bisa dihindari, oleh sebab itu pintar-pintarlah kamu dalam mengeloka selisih untung kamu.

Kualitas Pelayanan

Pelanggan adalah raja, dimana pelanggan sangat senang jika dilayani dengan baik. Tak hanya berlaku untuk bisnis jasa, pelayanan yang baik kini mencakup banyak aspek. Terlepas dari apakah kamu memiliki kualitas produk atau tidak, ketersediaan produk atau tidak, jika kamu bersikap baik dan ramah pada pelanggan kamu, maka pelanggan kamu akan kembali lagi atau merekomendasikan bisnis kamu.

Harga

Selain faktor pelayanan dan kualitas. Hal yang tidak kalah penting adalah harga. Pelanggan cenderung membandingkan harga antara beberapa produk yang pada dasarnya sama. Jika produk kamu lebih murah dan memiliki kualitas sama, maka otomatis pilihan akan jatuh pada kamu.

Kemudahan

Pelanggan pastilah ingin memperoleh sebuah produk atau jasa dengan mudah. Maka dari itu, Ada baiknya jika kamu tidak membuang waktu dalam menjual produk kamu. Terlebih jika kamu fast response dalam menghadapi pelanggan, maka pelanggan akan sangat senang.

Pengalaman

Di era canggih saat ini usaha online yang menjamur sangat membutuhkan testimony atau ulasan dari orang-orang yang sudah menggunakan produk kamu. Ini akan sangat bermanfaat karena pelanggan kamu selanjutnya akan percaya bahwa kamu benar-benar mempunyai produk berkualitas.

Nah, itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk kamu. Tunggu apa lagi ? Mulailah memperbaiki berbagai hal untuk kepuasan pelanggan yang berkontribusi pada kelangsungan bisnis kamu serta menjadi unggulan ditengah persaingan usaha.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait