Teknik Sederhana untuk Strategi Pemasaran Produk

strategi pemasaran
strategi pemasaran

Pemasaran produk merupakan sebuah hal yang amat vital dalam sebuah usaha atau bisnis. Tanpa teknik atau strategi pemasaran yang baik, maka sebuah usaha atau bisnis akan berujung pada kebangkrutan.

Tidak jarang sebuah perusahaan baru memikirkan bentuk strategi pemasaran untuk sebuah produk baru sambil berjalan. Bahkan ada juga perusahaan yang mengikuti teknik pemasaran yang dilakukan kompetitornya.

Cara seperti itu tidaklah efekstif, karena bisnis kamu akan dianggap tidak orisinil atau plagiat. Maka dari itu, teknik pemasaran yang tepat guna akan menciptakan sebuah brand awareness yang menjadikan bisnis kamu semakin dikenal di pasaran, diingat dan muncul sebagai brand yang kuat di mata masayarakat.

Teknik atau strategi pemasaran produk sangat penting, dimana akan menentukan sukses atau tidaknya bisnis kamu ke depan, Berikut beberapa penjelasan mengapa teknik dan strategi pemasaran perlu dilakukan :

Sebuah Produk Membutuhkan Segmentasi Pasar

Hal paling utama yang nantinya sangat penting dalam membuat teknik pemasaran adalah dengan menentukan target pasar yang akan ditembus oleh produk yang kamu jual. Karena setiap produk memiliki pasarnya masing-masing dan tidak semua produk dibutuhkan semua orang.

Persuasi dalam Mengenalkan Produk

Target pasar yang jelas, pastilah kaan memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli, karena kamu sudah mengetahui karakteristik dari market kamu. kamu juga bisa menjelaskan keunggulan produk dengan bahasa yang sesuai dengan target pasar kamu dengan bahasa, budaya, karakter dan kebiasaan dari target market kamu.

Koordinasi Internal Lebih Mudah

Tak hanya menguntungkan bisnis atau usaha dari sisi konsumen saja, namun strategi dalam pemasaran produk juga sangat menguntungkan orang yang akan berhadapan langsung dengan pembeli.

Dengak koordinasi tim internal yang solid, maka langkah dalam memasarkan produk ke konsumen akan semakin mudah, karena seluruh tim memiliki cara pkamun, persepsi atau pemikiran yang sama.

Nah, itulah mengapa teknik pemasaran sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan yang sedang menjalankan bisnisnya. Lalu apa saja teknik pemasaran yang sangat penting untuk marketing produk ? simak penjelasan berikut :

Kualitas

Kualitas adalah sebuah teknik pemasara yang bersifat pasti. Mengapa? Karena dengan kualitas unggul dalam sebuah produk, tidak peduli dengan harganya, masyarakan akan berusaha untuk memilikinya.

Produk dengan kualitas tinggi, umumnya tidak butuh teknik marketing yang terlalu rutin. Ini karena masyarakat sudah yakin bahwa kualitasnya sangat reputable. Dalam hal ini kamu tidak perlu banyak bicara untuk meyakinkan konsumen bahwa produk kamu bagus, nyatanya kualitas tidak akan membohongi.

Target Market

Dengan mengenali, target pasar kamu, maka produk akan lebih mudah untuk dipasarkan karena memang target yangkamu bidik membutuhkan produk tersebut. Tinggal bagaimana kamu menjalankan penjualan produk kamu semenarik mungkin.

Mempelajari Teknik Marketing Kompetitor

Mempelajari teknik marketing kompetitor bukan berarti kamu akan akan meniru strategi marketing orang lain, namun kamu akan melihat bagaimana competitor kamu bisa menarik sejumlah konsumen dalam rentan waktu lebih cepat dari kamu. Ini bisa kamu pelajari, hanya saja jangan meniru dan mencari peluar baru yang lebih efektif dalam pemasaran.

Manfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial dalam beriklan adalah suatu yang sangat umum dewasa ini. Mengingat pengguna sosial sangatlah banyak dan beragam, kamu dapat mulai menjalankan teknik pemasaran di sosial media dengan content-content yang kreatif. Apalagi saat ini media sosial juga memiliki fungsi sebagai etalase bisnis, dimana produk unggulan bisnis bisa dilihat siapa saja melalui visualisasi yang apik.   

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait