5 Langkah Sederhana Menarik Pelanggan dengan Media Sosial

Media Sosial

Mempromosikan bisnis kecil kamu di media sosial tidak berarti harus berjam-jam menghabiskan waktu menjadwalkan ratusan posting atau mencoba menarik ribuan pengikut baru. Ada cara yang jauh lebih cerdas untuk memanfaatkan media sosial membantu membangun bisnis kamu.

Angkat tangan bagi kamu yang memiliki “strategi media sosial” di daftar tugas yang terus berkembang? Jika kamu menjalankan bisnis kecil, kemungkinan kamu menghabiskan beberapa jam di akun media sosial.

Secara naluriah, sebagian besar pemilik usaha kecil fokus pada pertumbuhan pengikut dan lalu lintas. Mereka sering mencoba untuk mencapai tujuan yang tinggi ini melalui campuran penciptaan konten dan keterlibatan berkelanjutan di media sosial. Ini adalah rutinitas tanpa akhir yang disukai, berkomentar, mengikuti, memposting, berbagi, men-tweet, meng-gram ulang.

Sepintas, itu masuk akal. Keluarkan konten kamu di sana berulang kali, libatkan audiensi kamu, dan pelanggan akan berduyun-duyun ke pintu kamu. Tetapi apakah strategi itu berhasil?

Nah, kita yang berupaya keras melakukan pemasaran secara online sangat tahu, bahwa membangun pemasaran di jejaring sosial tidak berarti pelanggan akan serta merta datang. Jika media sosial tidak akan membantu bisnis kamu, mengapa menggunakannya?

Jika kamu tidak melihat daya tarik dalam bisnis kamu dengan pengikut jejaring sosial yang besar, apa yang harus kamu lakukan? Haruskah kamu menggunakan jejaring sosial sama sekali?

Jawaban singkat untuk pertanyaan kedua adalah: Ya. Media sosial berharga untuk bisnis kecil (jika kamu dapat menggunakannya dengan benar). Mengenai pertanyaan pertama, strategi jejaring sosial yang efektif untuk bisnis kecil berarti sedikit perubahan taktik. Ini berarti berfokus pada sejumlah kecil prospek berkualitas tinggi, daripada ribuan pengikut.

Hasil Datang dari Tindakan, Bukan Pemujaan

Tidak seperti bisnis besar yang sudah mapan, yang memiliki kemewahan menggunakan media sosial untuk memperkuat merek yang sudah ada, bisnis kecil sangat bergantung untuk penjualan baru. 

Untuk mencapainya, kamu membutuhkan sesuatu yang lebih strategis daripada pengikut dan branding. Kamu harus membuat pelanggan potensial mengambil tindakan segera setelah mereka menemukanmu.

Menarik Pelanggan di Media Sosial

Menarik pengikut dan mendapatkan pelanggan adalah dua hal yang sangat berbeda. Yang pertama dapat dicapai dengan segala macam kampanye niche, lucu, viral. 

Namun, menarik pelanggan sedikit berbeda. Kamu memenangkan pelanggan bukan melalui “suka” atau “ikuti”, tetapi dengan membawa mereka, mengarahkan mereka ke bagian yang paling mengesankan dari bisnis kamu, dan meyakinkan mereka bahwa kamu adalah solusi yang harus dimiliki.

Berikut cara melakukannya dalam 5 langkah sederhana.

Langkah 1: Buat pesan kamu

Berhentilah berbicara dengan semua orang di media sosial, dan asah pelanggan target kamu dengan pesan sederhana dan kuat yang akan menarik langsung ke mereka. Satu posting media sosial dengan pesan kuat dan efektif bernilai 100 posting umum yang mengisi kalender konten bulanan kamu.

Kampanye jejaring sosial paling sukses menetapkan siapa pelanggan mereka, apa yang mereka butuhkan, dan apa yang menurut mereka menarik. Mereka menulis posting dengan bahasa yang dapat diakses dan posting yang terhubung pada level yang lebih dalam. Mereka menggunakan salinan emosional dan kuat untuk membujuk.

Langkah 2: Buat jalur kamu

Ketika kamu mengirim pengikut media sosial ke situs web kamu, mereka memiliki banyak pilihan untuk dibuat: blog, halaman tentang, layanan, produk. Itu banyak jalan yang berbeda. Apa yang terjadi ketika kamu memberi orang banyak pilihan? Mereka cenderung menemukan yang mengarah ke tombol beli.

Sebuah jalur tunggal, yang ditandai dengan cermat, adalah cara terbaik untuk mengubah pengikut menjadi pelanggan. Itu berarti membangun saluran penjualan media sosial. Saluran mengambil pengikut, mengarahkan mereka ke halaman yang memiliki satu opsi di atasnya (paling umum, formulir pendaftaran) dan menggunakan urutan olah pesan (melalui email atau bot pesan) untuk terhubung dengan orang itu di tingkat yang lebih dalam. 

Ciptakan tautan ke penawaran eksklusif yang tak tertahankan. Ini merupakan metode yang sudah terbukti untuk mendapatkan penjualan baru.

Langkah 3: Buat promosi yang menonjol

Alih-alih merencanakan kalender media sosial 30-60 hari, rencanakan satu profil tinggi dan kampanye pemasaran unik yang berlangsung selama 2-5 hari. Kampanye mini adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian bisnis kamu dan membantu kamu menonjol dari beberapa pesaing besar kamu.

Berikut adalah beberapa ide untuk membantu kamu memulai:

·   Persaingan dengan konten yang dibuat pengguna.

·   Tantangan 5 hari.

·   Hitung mundur pra-peluncuran.

·   Penjualan flash 2 hari.

·   Produk atau layanan edisi terbatas.

Langkah 4: Lacak hasil kamu

Beberapa bisnis kecil meluangkan waktu untuk melacak hasil kampanye online, dan ini merupakan langkah penting jika kamu ingin memahami perilaku audiens kamu. Lacak metrik kunci di seluruh saluran kamu. 

Jangan lupa, tambahkan piksel Facebook ke halaman kamu sehingga saat audiens ini berkurang secara otomatis, kamu dapat menjalankan kampanye iklan yang ditargetkan ulang di masa mendatang.

Langkah 5: Perbaiki dan optimalkan

Tidak ada kampanye media sosial yang sempurna, tetapi trik untuk melakukannya dengan benar adalah dengan menemukan hambatan kamu. Apakah orang mengklik kampanye tetapi tidak menyelesaikan pembelian? Apakah kamu mendapatkan tingkat konversi rendah di halaman arahan kamu? 

Jenis metrik ini akan memungkinkan kamu untuk memecah kampanye dan mencari tahu apa yang harus dilakukan lebih baik di waktu berikutnya. Ini tentang mengoptimalkan upaya kamu di media sosial. Itulah yang akan memberi kamu hasil.

Media Sosial Lebih dari Latihan Branding

Jika kamu menjalankan startup atau bisnis kecil, berhentilah memperlakukan media sosial kamu sebagai tampilan jendela toko dan mulailah merencanakan secara strategis. Petakan beberapa kampanye kecil dan berdampak untuk 3-6 bulan ke depan.

Ingatlah untuk selalu memperhatikan metrik untuk melihat kinerja kampanye tersebut. Kamu akan menemukan bahwa pertumbuhan di media sosial secara alami mencerminkan pertumbuhan penjualan kamu, dan akun media sosial menjadi aset bagi bisnis kamu, daripada tugas yang tak ada habisnya dalam daftar tugas.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait