5 Cara Menarik Banyak Pelanggan di Musim Natal

Musim Natal

Musim Natal penuh dengan antisipasi bagi para pengecer, dan juga sangat kompetitif. Banyak pemilik bisnis bertanya-tanya bagaimana mereka dapat menarik lebih banyak pelanggan selama musim ini.

Musim Natal adalah salah satu waktu paling menguntungkan, tahun bagi pengecer. Menurut penelitian, secara keseluruhan, penjualan liburan mewakili sekitar 20 persen dari penjualan ritel setiap tahun, tetapi angkanya bisa lebih tinggi untuk beberapa pengecer.

Untuk memaksimalkan musim liburan, kamu harus berupaya menarik pelanggan ke toko kamu. Jika kamu ingin meningkatkan pembeli di tokomu, berikut adalah lima tips praktis untuk memulai.

1. Ciptakan Pengalaman Santai di Toko

Penjualan ritel liburan biasanya meningkat pada bulan November dan Desember dan didambakan oleh semua bisnis. Mereka yang mendapat manfaat secara langsung, seperti toko suvenir, toko pakaian, dan lainnya. Dan mereka yang mendapatkan manfaat secara tidak langsung, misalnya restoran, toko perabot, ritel minuman kecil, dan sebagainya.

Meskipun sifat santai dari musim liburan, Natal bisa menjadi periode yang sangat menegangkan bagi semua orang. Kamu dapat menunjukkan bahwa kamu memahami hal ini dengan menyediakan tempat untuk bersantai. Jika kamu memiliki anggaran (dan ruang), pertimbangkan bermitra dengan bisnis lokal lain untuk menawarkan kafe pop-up untuk pembeli yang ingin bersantai dan berbelanja.

Jika itu di luar anggaran kamu, ada cara lain untuk meringankan stres belanja liburan pelanggan kamu. Misalnya, kamu dapat menawarkan layanan pengiriman ke rumah di kota yang sama secara gratis untuk memastikan pengalaman bebas repot untuk pembelian besar. Cara ini dilakukan untuk dapat menarik perhatian konsumen yang ingin berbelanja, namun masih terlalu repot untuk keluar rumah dan berbelanja.

2. Jangan Berhemat pada Pegawai

Selama liburan, pelanggan mengharapkan kenyamanan. Sebagai contoh, penelitian mengonfirmasi, di dalam toko pembeli sangat terbebani oleh antrean panjang dan toko yang berantakan atau padat. Karena alasan ini, layanan pelanggan yang unggul dapat membuat perbedaan besar selama liburan. 

Namun, sangat sulit untuk mencapai ini ketika kamu memiliki antrean yang membentang keluar dari pintu depan, dan tidak ada yang bebas untuk merapikan rak dan display

Jawaban atas keluhan umum ini sederhana, yakni merekrut lebih banyak pegawai sementara selama musim belanja tersibuk tahun ini, khususnya di hari-hari libur nasional. 

Kamu bisa menghubungi agen tenaga kerja untuk mendapatkan pegawai sementara atau part time selama musim Natal. Mungkin tim kamu bersedia untuk mengambil jam tambahan atau lebih dikenal dengan jam lembur. Biaya pegawai tambahan mungkin tampak menakutkan, tetapi dengan prakiraan pelanggan dan pemasaran, itu bisa bermanfaat bagi bisnis kamu.

3. Tawarkan Rekomendasi Hadiah yang Dapat Dibagikan

Belanja Natal bisa jadi sulit. Kita semua memiliki satu orang di daftar kami yang tidak mungkin untuk berbelanja, atau mungkin kamu ingin menemukan sesuatu yang istimewa bagi orang penting kamu, tetapi kamu tetap datang dengan tangan kosong atau tangan hampa.

Membuat panduan hadiah Natal sederhana atau daftar keinginan berdasarkan tema menjelang liburan dengan rekomendasi hadiah bisa sangat membantu, dan relatif mudah diterapkan.

Kamu juga dapat membuat tampilan dalam toko, selebaran, kampanye media sosial, atau kampanye di dalam email dengan hadiah untuk orang-orang tertentu di daftar semua orang (mis., Hadiah untuk ibu, ayah, anak-anak, rekan kerja, dll.). Kamu juga dapat meminta staf kamu untuk membagikan rekomendasi produk yang dibeli oleh mereka.

Pelanggan mungkin tidak membeli produk dan layanan yang tepat untuk itu, tetapi jika kamu terbukti membantu, mereka akan membagikan rekomendasi kamu kepada orang lain dan menulis ulasan secara online. Jangan lupa bahwa jenis pemasaran dari mulut ke mulut berjalan lebih jauh dan cepat menyebar selama liburan.

4. Raih Perhatian Mereka

Tampilan jendela toko depan kamu akan memainkan peran penting dalam strategi pemasaran ritel Natal kamu. Sementara banyak pengecer memilih untuk mengiklankan penjualan atau penawaran di jendela mereka, ini bukan cara terbaik untuk menarik perhatian. Pembeli liburan dibombardir dengan penawaran, jadi satu opsi adalah menampilkan sesuatu yang unik.

Pikirkan ide tampilan jendela yang menarik dan unik untuk Natal. Misalnya, jika kamu memiliki toko buku, pertimbangkan untuk membuat pohon Natal yang terbuat dari buku bertumpuk. 

Pertimbangkan hadiah mengambang yang dipegang dengan tali yang jelas. Jika kamu menjual pakaian pria, buatlah pohon Natal yang penuh ikatan. Mungkin kamu ingin menampilkan tanda yang menawarkan pembungkus kado gratis dengan pembelian minimum. 

Pastikan tampilan jendela memperjelas apa yang kamu jual dan membujuk orang untuk masuk. Dan pastikan tampilan jendela dapat menarik perhatian dan minat calon pembeli.

5. Fokus pada Hubungan Jangka Panjang

Jika kamu mendekati musim liburan dengan pola pikir transaksional untuk membuat orang melewati pintu dan segera menjual produk kepada mereka, kamu tidak akan berhasil.

Lihatlah musim liburan sebagai peluang untuk mendapatkan pelanggan jangka panjang. Dengan pendekatan ini, kamu akan cenderung membuat keputusan terbaik tentang cara memasarkan bisnis kamu selama Natal atau liburan nasional lainnya.

Pelanggan tidak ingin bertemu dengan tenaga penjualan yang agresif atau merasa diabaikan jika mereka tidak melakukan pembelian. Berikan layanan pelanggan yang sangat baik untuk setiap orang yang berjalan melewati pintu kamu. Pertimbangkan menawarkan secangkir teh panas saat walk-in di pintu masuk atau sebuah cokelat kecil saat pelanggan akan checkout. Tunjukkan kepada semua orang di komunitas kamu betapa berharganya mereka bagi kamu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait