Cara Menyusun Anggaran Liburan Bebas Keluhan

Pemandangan mobil vw combi yang digunakan selama merayakan liburan impian di pantai
Ajaib: Perencanaan Anggaran Untuk Liburan
Ajaib: Perencanaan Anggaran Untuk Liburan

Masa liburan bisa sangat menyenangkan dan bisa sangat menegangkan. Pasalnya, masa ini juga menjadi musim dengan banyaknya pos pengeluaran. Banyak dari kita yang kemudian malah pusing menyusun anggaran liburan daripada merencanakan tempat wisata yang ingin dituju.

Jika kamu sering kali mengeluh setiap tahun tentang betapa banyaknya uang yang harus dihabiskan untuk menjadi melepaskan penat dan menyegarkan diri maka kamu tidak sendirian. Perencana keuangan sekaliber apapun tidak bisa menghindari untuk mengeluarkan dana untuk liburan. Mulai dari biaya transportasi, biaya makan atau untuk menyewa akomodasi tetap harus dialokasikan.

Tetapi apakah momen yang menyenangkan ini harus dirusak? Apakah ada cara untuk menghemat uang biaya liburan namun tetap puas berkunjung ke lokasi wisata? Bagaimana kita bisa melakukan perencanaan anggaran untuk acara tersebut? Jawabannya adalah bisa dan caranya mudah sekali.

Tips Anggaran Liburan Agar Tak Kebobolan

Dana liburan seringkali menghabiskan uang lebih daripada yang seharusnya. Apalagi jika kamu berlibut ke luar negeri yang harganya bisa saja meleset dari penggaranmu. Untuk menghindari kantong jebol dan pusing selepas berlibur karena bangkrut maka penting sekali untuk disiplin pada anggaran belanja yang dibuat.

Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk membuat liburan menjadi jauh lebih mudah adalah membuat dan tetap berpegang pada anggaran. Membuat rencana pengeluaran akan mengurangi stres dan memastikan kamu tidak berhutang musim liburan ini.

# Langkah Satu: Buat Daftar!

Tindakan menuliskan apa yang perlu kamu dapatkan atau lakukan akan membuatmu merasa lebih tenang dan lebih memegang kendali. Jadi sebelum berangkat ke pusat perbelanjaan dan mulai mengambil barang-barang dan membayarnya ke kasir, ambil pena dan selembar kertas dan buat daftar semua pengeluaran yang harus dipertanggungjawabkan.

Dalam daftar ini juga termasuk hadiah untuk teman dan keluarga tetapi pastikan untuk memasukkan barang-barang lain yang mungkin tidak terpikirkan pada awalnya, seperti pakaian baru untuk pesta kantor, dekorasi untuk rumah, dan biaya untuk makan bersama di restoran yang menarik di lokasi wisata.

# Langkah Dua: Tentukan Berapa Banyak Uang yang Dapat Dihabiskan

Tujuan dari langkah ini adalah supaya kamu tidak perlu berhutang untuk menikmati liburan. Lihatlah berapa banyak uang yang dimiliki di bank saat ini dan seberapa banyak yang diantisipasi dari gaji, bonus, dan pendapatan lainnya hingga kewajiban belanja liburanmu selesai.

Kurangi pengeluaran rutin seperti tagihan, cicilan, uang belanjamu dan lainnya. Jujurlah dengan diri sendiri dalam melakukan perhitungan ini. Jumlah uang yang tersisa akan menjadi apa yang dapat dialokasikan untuk pengeluaran liburan.

# Langkah Tiga: Tetapkan Jumlah Rupiah untuk Setiap Item dalam Daftarmu… dan Tetap Gunakan Mereka!

Sekarang kembali ke daftar pengeluaran termasuk barang-barang yang harus dibeli selama liburan dan alokasikan batas maksimal rupiah untuk setiap item. Kamu mungkin akan membelanjakan paling banyak untuk oleh-oleh, tetapi jangan lupa kategori pengeluaran yang lain seperti dana jika menggunakan transportasi pribadi dengan menyewa mobil di lokasi wisata.

Ketika berbelanja di liburan, anggap hal itu sebagai sebuah permainan. Pastikan tidak “melewati batas”. Apalagi saat ini banyak barang yang bisa dibeli secara online. Manfaatkan diskon, kupon, dan cara kreatif lainnya untuk menghemat uang pada hal-hal yang ingin dibeli.

Fokus pada kegiatan wisata di lokasi liburan dan bukannya malah asyik berbelanja. Kecuali memang liburanmu kali ini khusus ditujukan sebagai wisata belanja yang tentunya butuh penggaran yang berbeda.

Uang tunai lebih disarankan untuk membelanjakan anggaran. Pasalnya, orang-orang cenderung untuk melampaui anggaran yang sudah dibuat jika berbelanja menggunakan kartu debit atau kredit. Cobalah untuk menggunakan sejumlah amplop untuk setiap pos anggaran liburan yang akan dikeluarkan.

Misalnya, ambil tiga amplop dan memasukkan batas pengeluaran di dalam amplop tersebut untuk membeli biaya hotel, biaya makan, dan membeli oleh-oleh. Hal ini akan membantu untuk tetap berbelanja dalam batas anggaran yang sudah dibuat.

# Mulailah Berhemat dari Januari

Tentu saja, hal yang paling bertanggung jawab untuk dilakukan adalah mulai menabung untuk anggaran liburanmu. Setiap bulan, sisihkan sedikit uang. Setiap 1 juta yang dihemat tiap bulan akan memberimu lebih 10 juta untuk dibelanjakan ketika akhir tahun atau masa liburan tiba.

Manfaatkan berbagai penawaran dari e-commerce atau penyedia layanan lainnya untuk mencari voucher agar bisa melakukan penghematan. Misalnya voucher tiket pesawat terbang atau promo hotel yang bisa digunakan saat waktunya tiba. Hal ini juga ide bagus untuk mempertahankan anggaran.

Ide perencanaan anggaran liburan ini juga bisa diberlakukan ketika menyusun anggaran hari raya. Perayaan seperti Lebaran, Natal, dan Imlen bagi orang Indonesia juga identik dengan besarnya pengeluaraan untuk mendapatkan kado dan oleh-oleh bagi keluarga dan kerabat serta pengeluaran lainnya.

Banyak orang menunggu hingga 1 Januari untuk mulai membuat anggaran. Namun, pada minggu-minggu menjelang Tahun Baru, mereka membelanjakan uang seperti pelaut yang mabuk. Kalau dipikir-pikir, hal ini tidak jauh berbeda dengan kebiasaan makan saat berlibur. Banyak orang makan dengan kalap saat berlibur dan berjanji untuk memulai diet baru segera setelah kembang api pertama menyala pada tahun baru.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait