Perencanaan Anggaran Untuk Liburan

Ajaib: Perencanaan Anggaran Untuk Liburan
Ajaib: Perencanaan Anggaran Untuk Liburan

Hari Raya bisa sangat menyenangkan dan bisa sangat menegangkan. Hari Raya adalah musim memberi yang sering kali berarti juga merupakan musim pengeluaran. Jika Anda sering kali mengeluh setiap tahun tentang betapa banyaknya uang yang harus dihabiskan untuk Lebaran, Natal atau Tahun Baru Imlek, Anda tidak sendirian. Hal-hal seperti hadiah, dekorasi, perlengkapan acara atau pakaian baru memang menghabiskan banyak uang. Tetapi apakah event selebrasi yang menyenangkan ini harus dirusak? Apakah ada cara untuk menghemat uang untuk acara Hari Raya? Bagaimana kita bisa melakukan perencanaan anggaran untuk acara tersebut?

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membuat Hari Raya Anda menjadi jauh lebih mudah adalah membuat dan tetap berpegang pada anggaran. Membuat rencana pengeluaran akan mengurangi stres Anda dan memastikan Anda tidak berhutang musim liburan ini.

# Langkah Satu: Buat Daftar!

Tindakan menuliskan apa yang perlu Anda dapatkan atau lakukan akan membuat Anda merasa lebih tenang dan lebih memegang kendali. Jadi sebelum Anda berangkat ke pusat perbelanjaan dan mulai mengambil barang-barang dan membayarnya ke kasir, ambil pena dan selembar kertas dan buat daftar semua pengeluaran yang harus Anda pertanggungjawabkan. Dalam daftar ini juga termasuk hadiah untuk teman dan keluarga Anda, tetapi pastikan untuk memasukkan barang-barang lain yang mungkin tidak terpikirkan pada awalnya, seperti pakaian baru untuk pesta kantor, dekorasi untuk rumah Anda, dan bahkan bensin yang diperlukan untuk membawa Anda ke rumah keluarga besar Anda.

# Langkah Dua: Tentukan Berapa Banyak Uang yang Dapat Anda Habiskan

Tujuan dari langkah ini adalah supaya Anda tidak perlu berhutang untuk menikmati liburan Anda. Lihatlah berapa banyak uang yang Anda miliki di bank saat ini dan seberapa banyak yang Anda antisipasi dari gaji, bonus, dan pendapatan Anda lainnya hingga kewajiban belanja liburan Anda selesai. Kurangi pengeluaran rutin Anda, seperti tagihan, cicilan, uang belanja Anda dan lainnya. Jujurlah dengan diri Anda sendiri dalam melakukan perhitungan ini. Jumlah uang yang tersisa akan menjadi apa yang dapat Anda alokasikan untuk pengeluaran liburan.

# Langkah Tiga: Tetapkan Jumlah Rupiah untuk Setiap Item dalam Daftar Anda… dan Tetap Gunakan Mereka!

Sekarang kembali ke daftar pengeluaran termasuk barang-barang yang harus Anda beli selama liburan dan alokasikan batas maksimal Rupiah untuk setiap item. Anda mungkin akan membelanjakan paling banyak untuk hadiah, tetapi jangan lupa kategori pengeluaran Anda yang lain.

Ketika Anda berbelanja di liburan, anggap hal itu sebagai sebuah permainan. Pastikan Anda tidak “melewati batas”. Manfaatkan diskon, kupon, dan cara kreatif lainnya untuk menghemat uang pada hal-hal yang ingin Anda beli. Sebagai contoh, Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional adalah peluang besar untuk mendapatkan harga murah untuk pembelian hadiah Anda. Jangan lupa untuk mencari kode pengiriman gratis dan hitung waktu yang dibutuhkan agar barang tersebut sampai sebelum Hari Raya tiba.

Saya sendiri lebih menyukai untuk menggunakan uang tunai untuk membelanjakan anggaran. Saya cenderung untuk melampaui anggaran yang sudah dibuat jika berbelanja menggunakan kartu debit atau kredit. Terkadang saya menyiapkan sejumlah amplop untuk setiap hadiah yang ingin saya beli. Misalnya, saya akan mengambil tiga amplop dan memasukkan batas pengeluaran di dalam amplop tersebut untuk membeli tiga hadiah. Hal ini akan membantu saya untuk tetap berbelanja dalam batas anggaran yang sudah saya buat.

# Mulailah Berhemat dari Januari

Tentu saja, hal yang paling bertanggung jawab untuk dilakukan adalah mulai menabung untuk hari raya Anda. Setiap bulan, sisihkan sedikit uang. Setiap 1 juta yang Anda hemat setiap bulan akan memberi Anda lebih 10 juta untuk dibelanjakan ketika bulan Desember tiba.

Anda juga bisa membeli gift card atau voucher sebesar 200 ribu dari Supermarket atau department store setiap bulannya. Menjelang hari raya tiba, Anda bisa menggunakan voucher tersebut untuk membeli baju baru atau hadiah untuk saudara-saudara Anda. Hal ini juga ide bagus untuk mempertahankan anggaran.

Banyak orang menunggu hingga 1 Januari untuk mulai membuat anggaran. Namun, pada minggu-minggu menjelang Tahun Baru, mereka membelanjakan uang seperti pelaut yang mabuk. Kalau dipikir-pikir, hal ini tidak jauh berbeda dengan kebiasaan makan saat berlibur. Banyak orang makan dengan kalap saat berlibur dan berjanji untuk memulai diet baru segera setelah kembang api pertama menyala pada tahun baru.

Menciptakan anggaran untuk membantu Anda melewati liburan akhir tahun atau liburan lainnya tidak hanya akan membantu Anda menghemat uang sekarang, tetapi juga akan membangun kebiasaan baik yang dapat Anda bawa ke tahun baru. Hal itu juga kemungkinan akan mengurangi stres keuangan yang Anda hadapi selama liburan. Artikel ini akan membantu Anda membuat anggaran sederhana untuk liburan.

Share to :
Tags: , , ,
Artikel Terkait