Milenial

7 Cara Liburan Seru Meski dengan Budget Pas-pasan

liburan

Ajaib.co.id – Liburan atau berwisata setelah penat bekerja di ibu kota adalah alternatif yang cukup bijaksana untuk merelaksasi pikiran. Dengan berlibur beberapa waktu, tentunya kamu bisa melupakan beragam distorsi yang muncul baik dari pekerjaan, kehidupan pribadi dan lingkungan kamu yang membosankan.

Dengan menjalani liburan, tentunya ada banyak hal positif yang bisa kamu peroleh. Misalkan saja pikiran kamu lebih rileks dan siap menghadapi tantangan baru, kemudian kamu juga bisa lebih produktif dalam menjalani hari–hari kedepan tentunya dengan pemikiran yang lebih positif.

Walau demikian, banyak orang yang mengira bahwa berwisata akan memakan biaya yang tidak sedikit dan hanya akan membuat kondisi kantong semakin tipis. Nah, ini tentunya anggapan yang salah, karena tidak semua yang namanya liburan harus memakan budget yang berlebihan.

Kamu bisa memanfaatkan budget seadanya untuk menjalani masa liburan tentunya dengan memangkas beberapa kebutuhan yang kira–kira tidak perlu dikeluarkan. Misalkan saja berlibur ke pantai ataupun ke kawasan pegunungan, selain biayanya murah pemandangan alam nyatanya bisa membuat relaksasi.  

Memang tidak mudah untuk berlibur dengan budget pas–pasan, namun tentunya itu semua ada tips dan triknya. Nah, lalu apa strategi untuk berwisata dengan budget pas–pasan ? Ajaib merangkum 7 cara liburan hemat yang bisa kamu lakukan, antara lain:

Survei Lokasi Liburan

Ada banyak orang yang langsung memutuskan untuk datang ke lokasi wisata, namun bingung sesampainya di lokasi tersebut. Ini terjadi karena sebelum mereka pergi, tidak melakukan survei terlebih dahulu, sehingga bingung harus mengunjungi tempat wisata di daerah tersebut.

Maka dari itu agar berwisata kamu bisa berjalan lancar, ada baiknya jika kamu melakukan browsing terlebih dahulu sebelum sampai di tempat tujuan. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah merencanakan liburan kamu, dari mulai tempat wisata, transportasi dan penginapan.

Membawa Uang yang Cukup

Saat berwisata , hal pertama dan paling penting adalah membawa uang yang cukup. Kamu bisa menyisihkan uang cash untuk biaya–biaya kecil seperti makan dan minum saat perjalanan. Sementara itu, kamu juga harus menyiapkan dana tabungan yang bisa kamu cairkan sewaktu–waktu.

Sementara itu, jika kamu dihadapkan dalam kondisi yang mendesak. Tentunya kamu harus memiliki dana cadangan misalkan saja kartu kredit. Dengan kecukupan uang saat liburan, tentunya akan memudahkan kamu untuk mencukupi biaya selam berwisata, termasuk biaya untuk membeli oleh–oleh.

Mencari Tiket Pesawat

Sebelum memutuskan untuk liburan, pastikan dulu biaya atau harga transportasi dari dan menuju daerah tempat liburan kamu. Persiapkan tiket dengan sebaik mungkin. Kalau bisa memanfaatkan promo dari jasa travel, sehingga kamu bisa memperoleh harga diskon.

Jika kamu belum yakin dengan harganya, maka ada baiknya jika kamu memesan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Apalagi jika liburan yang kamu rencanakan bertepatan dengan hari – hari besar atau liburan nasional.

Pilih Perjalanan Liburan yang Nyaman

Memang melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat akan memangkas waktu perjalanan lebih cepat, namun biaya yang kamu keluarkan tentunya akan lebih mahal. Maka dari itu, jika alternatif moda transportasi lain cukup nyaman, tidak ada salahnya beralih.

Misalkan saja menggunakan kereta api, kapal laut ataupun bus. Dengan begitu, kamu juga bisa menikmati pemandangan selama perjalanan bukan ? Harganya juga lebih terjangkau, sehingga bisa menghemat pengeluaran kamu.

Berlibur Bukan Saat Musim Liburan

Selanjutnya, biar liburanmu murah, ada baiknya jika kamu berlibur saat bukan musim liburan. Umumnya perusahaan transportasi dan akomodasi akan memanfaatkan musim liburan untuk memperoleh pendapatan yang maksimal daripada biasanya, maka dari itu harga transportasi dan akomodasi cenderung akan naik saat musim liburan.

Jika kamu berlibur bukan saat musim liburan, maka kamu dapat menghemat biaya kamu, karena tentunya harga tidak akan melejit jika dibanding dengan musim liburan. Hanya saja jika berlibur tidak pada saat musim liburan, mungkin suasananya cenderung sepi. Ini tentunya tidak menjadi masalah, apalagi tujuan berlibur kamu adalah untuk me-refresh pikiran.

Manfaatkan Layanan Gratis Liburan

Tidak hanya mencari hotel yang bagus, lihat juga tarif kamarnya, siapa tahu ada penawaran khusus, seperti menginap dua malam, bakal mendapat gratis satu malam. Atau layanan spa gratis untuk yang sudah memesan kamar. Dengan begitu pastikan berlibur kamu pasti akan jauh lebih menarik.

Untuk mendapatkan harga spesial dan layanan seperti ini, tentunya kamu harus sering-sering melakukan survei dengan internet.

Sewa Kendaraan

Biaya liburan juga bisa kamu hemat dengan menyewa kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor. Kamu bisa bertanya kepada pihak hotel ataupun travel untuk kebutuhan transportasi kamu.

Apalagi jika jarak antara hotel dan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi tidak terlalu jauh, menyewa kendaraan sendiri tentunya akan lebih hemat daripada kamu harus berpergian dengan menggunakan taksi.

Namun demikian, pada umumnya dalam menyewa transportasi kamu harus pintar–pintar bernegosiasi dengan harga yang pantas. Selain itu, jika kamu menyewa mobil, pastikan biaya kamu mencukupi untuk keperluan bahan bakar dan makan sopir.

Namun, apabila kamu memilih untuk menyewa sepeda motor, kamu tentunya harus menyiapkan perlengkapan seperti SIM (Surat Izin Mengemudi) dan memastikan sepeda motor yang kamu gunakan tidak menunggak pajak.

Selain itu, jika tempat yang kamu tuju merupakan lokasi yang kamu tidak pahami, ada baiknya untuk menggunakan GPS atau peta agar kamu tidak nyasar.

Artikel Terkait