Bisnis & Kerja Sampingan

Ingin Tahu Cara Menghasilkan Uang Sambil Liburan? Coba 5 Hal Ini

Ajaib.co.id – Siapa yang tidak menyukai berlibur? Apa lagi menghasilkan uang sambil liburan. Bayangkan saja kamu melupakan hingar bingar pekerjaan dan menghabiskan waktu bersama keluarga di sebuah vila yang disewa privat, lengkap dengan fasilitas kolam renang dan ruang tamu yang besar. Menyenangkan sekali, bukan?

Meskipun menyenangkan dapat menjauh dari pekerjaan untuk beberapa saat, berlibur cukup menguras kantong, terlebih jika kamu tidak memiliki tabungan khusus yang bertujuan untuk budget liburan. Kini liburan tidak hanya sekadar dipandang sebagai aktivitas untuk melepas penat, tetapi sebagai aktivitas yang tidak terlalu penting karena menghambur-hamburkan uang untuk beberapa orang.

Menariknya, tidak banyak yang mengetahui jika cara menghasilkan uang sambil liburan sangat bisa dilakukan. Singkatnya kamu berlibur, mengeluarkan uang, tetapi juga bisa menghasilkan uang, dan tidak membutuhkan usaha yang besar dan waktu yang banyak. Bagaimana caranya? Berikut 4 cara yang bisa kamu coba untuk mendapatkan keuntungan selagi bersantai dan menikmati deburan ombak bersama keluarga di pantai.

Menyewakan Rumah melalui Airbnb

Salah satu paling sederhana untuk cara menghasilkan uang sambil liburan adalah menggunakan jasa Airbnb untuk mengiklankan properti milikmu dan membiarkan orang lain menyewanya. Airbnb memungkinkan penggunanya untuk menyewa properti, entah itu apartemen atau rumah milikmu. Prosesnya yang mudah dan transparan membuat Airbnb menjadi pilihan traveler dalam menyewa tempat tinggal.

Airbnb juga menjadi platform yang aman bagi pemilik properti karena setiap pengguna yang ingin menyewa harus memiliki identitas diri yang jelas dan fitur reputasi memudahkan pemilik properti menyaring calon penyewa. Untuk setiap pesanan yang berhasil, kamu berhak mendapatkan 97% dari biaya dan 3% digunakan untuk jasa iklan melalui Airbnb.

Kamu juga bisa membangun reputasi yang baik untuk properti yang kamu daftarkan dan nantinya akan mendapatkan predikat “Super Host” yang memberi nilai tambah bagi calon penyewa. Predikat ini merupakan keistimewaan karena pada umumnya properti yang host-nya adalah Super Host akan muncul paling di atas di fitur pencarian.

Jual Foto Perjalanan ke Website Stok Gambar

Tidak banyak yang menyadari bahwa cara menghasilkan uang sambil liburan bisa memanfaatkan foto-foto kamu ambil ketika menjelajahi sebuah negara. Dibandingkan kamu unggah di media sosial dan hanya mendapatkan likes atau komentar, kamu bisa menjadikan foto-foto tersebut menjadi investasi yang menghasilkan keuntungan.

Website seperti Shutterstock, iStock, atau Getty Images merupakan website yang menerima foto dari penggunanya yang nantinya bisa dijual. Untuk setiap foto yang kamu kirim harganya bisa bervariasi, mulai dari beberapa sen hingga puluhan dolar untuk satu unduhan dari pengguna lain. 

Jika kamu bukan pengguna kamera digital dan hanya menggunakan smartphone untuk mengambil foto, kamu bisa menggunakan Foap, aplikasi yang memungkinkan penggunanya mengirim foto yang bisa dijual. Uniknya, aplikasi ini sering menyelenggarakan kompetisi foto dengan hadiah mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp5.000.000.

Mengunggah Foto Barang yang Dibeli ke CoSign

Tidak banyak yang tahu jika membeli barang dari liburan, seperti oleh-oleh atau pakaian bisa cara menghasilkan uang. Kamu hanya perlu memfoto barang-barang yang kamu beli di saat berbelanja kemudian unggah ke CoSign, dengan catatan belum diunggah di Facebook, Twitter, atau Instagram.

Tentu kamu bertanya-tanya bagaimana bisa mengeluarkan uang untuk membeli barang lalu memfoto barang tersebut dan mendapatkan uang? Model bisnis ini menggunakan foto unggahan kamu sebagai “iklan”. Umumnya, tanpa tag foto tersebut ke CoSign, ini akan seperti iklan gratis.

Namun, ketika kamu menggunakan CoSign, setiap kali pengguna lain membeli produk yang terhubung dengan foto barang yang diunggah, kamu akan mendapatkan sekitar 30% hingga 60% yang merupakan komisi penjualan dari CoSign. Ini seperti cara menghasilkan uang sambil liburan dengan cara yang mudah, bukan?

Selesaikan Misi Singkat di Aplikasi Gigwalk

Ada banyak cara yang menyenangkan yang bisa dilakukan untuk cara menghasilkan uang sambil liburan, salah satunya dengan mengunduh Gigwalk dan mendaftar sebagai pengguna. Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengisi form pendaftaran yang kompleks, karena proses pendaftarannya singkat dan sederhana.

Gigwalk merupakan aplikasi simulasi yang memungkinkan penggunanya melakukan misi singkat melalui peta yang sudah disediakan. Peta tersebut akan memberi petunjuk ke pengguna tentang misi apa saja yang harus dilakukan, misalnya mengambil foto interior sebuah gedung atau mengecek menu sebuah restoran terbaru.

Periksa misi yang terdekat dari lokasi saat ini dan pilih misi yang paling mudah untuk dilakukan. Berbekal smartphone, koneksi internet yang kecil, dan misi yang menyenangkan mendapatkan keuntungan tidak pernah semudah dan semenyenangkan ini.

Menyewakan Mobil

Jika kamu pergi berlibur menggunakan transportasi umum atau menggunakan mobil, tetapi masih memiliki mobil lain yang tidak terpakai. Pertimbangkan untuk menyewakan mobil tersebut ke orang terdekat yang nantinya bisa digunakan untuk menjadi taksi online.

Pastikan mobil tersebut disewakan ke orang terdekat, entah itu tetangga atau keluarga yang intensitas bertemunya tinggi untuk meminimalisasi risiko yang akan terjadi. Jika mereka tertarik, kamu bisa menawarkan opsi pembayaran di awal atau berbagi keuntungan dari total hasil menjadi taksi online.

Selain mendapatkan keuntungan dengan mudah karena kamu hanya menerima uang masuk ke rekening, menyewakan mobil ke orang yang tepat dapat meringankan beban seseorang secara tidak langsung. Misalnya, jika ada tetangga yang baru terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan bingung untuk mencari uang karena tidak ada kendaraan, menyewakan mobil dengan sistem pembayaran di akhir bulan bisa menjadi langkah yang tepat. Kamu mendapatkan dua keuntungan: cara untuk menghasilkan uang dan memberi bantuan untuk orang lain.

Sumber: Relax and Reap The Benefits: Ways To Earn Money While On A Holiday, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait