Milenial

10 Destinasi Prioritas Indonesia untuk Rekomendasi Liburan

Ajaib.co.id Pariwisata merupakan salah satu sektor penting untuk meningkatkan devisa negara. Memiliki sumber daya yang melimpah mulai dari manusia, alam, hingga keanekaragaman budaya, sektor pariwisata dianggap mampu menjadi magnet untuk menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

Melihat potensi tersebut, pemerintah pun terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisata dalam negeri. Pada 2018, sektor pariwisata mampu menghasilkan devisa mencapai US$ 17 miliar, dengan jumlah wisatawan mencapai 16 juta jiwa. Melihat hal tersebut, pada 2019 pemerintah Indonesia mulai menargetkan pendapatan hingga US$ 20 miliar untuk valuta asing dengan 20 juta pengunjung.

Salah satu destinasi liburan di Indonesia yang terkenal di dunia adalah Bali. Meski menjadi pusat pariwisata kelas dunia, Indonesia tentunya memiliki banyak daerah wisata lain yang terus bertambah dan patut dieksplor lebih jauh. Melihat target ambisius tersebut, pemerintah lalu meluncurkan proyek 10 destinasi prioritas yang disebut, “10 Bali Baru”.

Apa sebenarnya proyek 10 Bali Baru? Proyek ini tidak dimaksudkan untuk mendevaluasi pusat wisata Bali yang ada, tetapi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan menciptakan lebih banyak lapangan kerja, meningkatkan infrastruktur & akses serta untuk mengakomodasi hingga 20 juta kunjungan asing pada tahun 2020.

Kementerian Pariwisata Indonesia pun menetapkan 10 destinasi prioritas, berdasarkan potensi luar biasa setiap daerah yang diharapkan mampu menarik perhatian wisatawan. Setiap tempat yang dipilih pun memiliki ciri khusus yang berpotensi menjadi destinasi wisata kelas dunia berikutnya di Indonesia. 10 destinasi prioritas juga bisa menjadi tips liburan baru untuk kamu. Daerah apa saja yang masuk ke dalam 10 destinasi prioritas?

1. Lombok Mandalika

Membentang dari pantai selatan Lombok di sepanjang garis pantai menuju tempat favorit untuk berselancar “Grupuk Village,” Mandalika menjadi zona ekonomi pariwisata yang dirancang khusus oleh pemerintah. Terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, destinasi prioritas yang pertama ini dibuat dekat dengan bandara internasional dan sirkuit Moto GP kelas dunia untuk semakin menarik minat wisatawan internasional.

2. Borobudur

Nama Borobudur sebelumnya memang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Menampung sekitar 2.672 relief dan 504 patung Buddha, kompleks candi Borobudur ini bahkan masuk dalam warisan budaya dunia, bersama dengan kuil-kuil Old Bagan yang terkenal di Myanmar dan Angkor Wat di Kamboja.

3. Danau Toba (Sumatera Utara)

Danau terbesar di Indonesia yang dikenal sebagai “kaldera” (kawah hasil letusan gunung berapi) ini terletak di daerah yang sangat tenang dan memiliki pantai yang indah. Danau Toba menjadi bagian dari destinasi prioritas bersama Mandalika dan Borobudur, kamu bisa berwisata di Danau Toba dengan berkeliling menggunakan perahu, menikmati pemandangan hutan pinus di sekeliling danau, hingga mengikuti tur domestik dan belajar tentang cara hidup penduduk lokal.

4. Kepulauan Seribu (Jakarta)

Jangan salah, Jakarta juga memiliki destinasi prioritas yang bisa kamu kunjungi. Terletak di ujung utara teluk Jakarta, terdapat hamburan 110 pulau kecil yang terbentang sekitar 45 kilometer di Laut Jawa. Terdiri dari 11 kepulauan berpenduduk, daerah Kepulauan Seribu sudah dikembangkan menjadi resor dan area taman nasional. Di Kepulauan Seribu kamu bisa menikmati keindahan pantai sekaligus berwisata di cagar budaya, kamu juga bisa menemukan sisa-sisa sejarah yang tertinggal dari benteng kolonial Belanda, hingga objek wisata edukasi di pusat studi rumput laut.

5. Pantai Tanjung Kelayang (Kepulauan Bangka Belitung)

Sebagai negara kepulauan, tidak mengherankan jika Indonesia memiliki tempat wisata yang selalu berkaitan dengan pantai. Masuk ke proyek 10 destinasi prioritas, Pantai Tanjung Kelayang dipenuhi dengan formasi batuan mempesona di sekitar pantai yang bergabung dengan perairan sebening kristal. Bersama garis pantainya yang masih terjaga serta mercusuar putih di tepinya, hal itu menjadikan Tanjung Kelayang sebagai lokasi yang menawan untuk menghabiskan liburan.

6. Tanjung Lesung (Banten)

Terletak di ujung barat Jawa, hanya 160 kilometer dari DKI Jakarta. Destinasi prioritas yang lagi-lagi berupa pantai ini, telah memiliki sejumlah akomodasi liburan yang bisa kamu coba, mulai dari jet-ski, berselancar, snorkeling, atau melakukan perjalanan untuk melihat Gunung Berapi Krakatau dengan menaiki perahu.

7. Gunung Bromo (Jawa Timur)

Bagian dari lintasan Cincin Api Pasifik, Gunung Bromo adalah keajaiban alam dan hutan belantara yang sempurna bagi para pencari petualangan. Menawarkan hiking sebagai bagian wisata utamanya, pengunjung dapat memilih untuk mendaki gunung berapi secara berkelompok atau secara mandiri. Sebagai destinasi prioritas, wisata ke Gunung Bromo adalah episentrum potensial yang sangat indah dalam perjalanan petualangan seumur hidup.

8. Wakatobi (Sulawesi Selatan)

Ingin menikmati keindahan terumbu karang dan kehidupan bawah laut? Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Karibia, karena menikmati liburan mewah nan bersahaja bisa kamu lakukan di Wakatobi. Sebagai destinasi wisata, Wakatobi menyediakan resor penyelaman eksklusif yang bersifat self-style, serta akomodasi eksekutif bagi kamu yang ingin menikmati oasis pantai terumbu karang penuh warna.

9. Pulau Morotai (Maluku Utara)

Bagian paling utara dari kepulauan Indonesia yang dulu dikenal sebagai “Kepulauan Rempah-Rempah” ini, populer bagi mereka yang tertarik untuk menyelam atau memancing di pinggiran taman lautnya. Morotai adalah pulau dengan pemandangan indah dan pantai serpih putih sepanjang 16 km yang seolah tak berujung. Jika kamu butuh relaksasi dan rehat dari penatnya ibu kota, berlibur ke Pulau Morotai bisa jadi pilihan terbaik.

10. Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur)

Labuan Bajo merupakan desa nelayan yang terletak di sisi barat Pulau Flores. Berwisata ke sana tentunya akan menawarkan liburan yang tak terlupakan, terlebih dengan interaksi bersama penduduk setempat. Kamu bisa melakukan perjalanan dengan perahu, wisata ke sekolah, menangkap ikan, hingga berenang di pinggiran dermaga. Tertarik mencoba?

Sudah menentukan destinasi untuk liburan kamu? Kalau sudah, yuk kumpulkan uangmu dengan cara berinvestasi. Karena dengan berinvestasi, uang yang kamu simpan akan berkembang di kemudian hari. Salah satu cara terbaik untuk berinvestasi adalah dengan menginvestasikan uang kamu lewat Ajaib.

Ajaib memiliki berbagai produk reksa dana yang sangat terjangkau, mulai dari Rp10.000 saja. Kamu juga bisa membuka rekening saham tanpa setoran minimal, sehingga cocok untuk para investor pemula. Yuk, mulai berinvestasi di Ajaib!

Artikel Terkait