5 Cara Menabung Cermat Agar Untung Berlipat

cara menabung
cara menabung

Ingin muda kaya raya? Ingin punya passive income? Tetapi ingin jalan tanpa khawatir uang ludes? Ya, menabung. Percaya, deh. Kamu bisa untung berlipat, kalau mengerti cara menabung dengan cermat.

Menabung adalah kegiatan menyimpan uang, yang bisa digunakan untuk keperluan mendatang. Sehingga menabung itu penting. Dengan menabung, kamu bisa merealisasikan rencana kehidupan. Dengan menabung pula, kamu memiliki dana darurat untuk pengeluaran dadakan.

Gimana masih berat buat menabung? Mulai menabung itu mudah. Yang susah adalah menjadikan hal itu rutin setiap bulan. Namun sekarang ada berbagai cara menabung. Bisa pilih tabungan yang cocok buatmu. Sesuaikan cara menabung dengan tujuan yang akan kamu capai.

Cara Menabung Konvensional

Cara paling gampang buat menabung adalah secara konvensional. Kamu bisa menyisihkan uang jajan atau pendapatan dan menyimpannya melalui rekening bank. Buat kamu yang sudah bekerja, paling tidak menabung 10 persen – 20 persen dari penghasilan. Lakukan secara disiplin setiap bulan. Sebisa mungkin, jangan ambil atau jangan ingat tabungan ini. Ambil uang tabungan saat kamu benar-benar membutuhkannya. Misal membayar kuliah, bayar uang muka rumah, atau investasi ke instrumen lain.

Cara Menabung Logam Mulia

Inti dari menabung adalah menyimpan uang. Nah, simpan uangmu dengan cara membeli logam mulia. Kenapa? Karena untuk memiliki logam mulia seperti menggabungkan dua hal, yaitu menabung sekaligus investasi. Pergerakan harga logam mulia cenderung naik dan memberikan nilai pada uangmu. Kalau pun turun, dampaknya tidak signifikan. Misal kamu beli logam mulia 1 gram pada Januari sebesar Rp700 ribu, beberapa bulan kemudian karena harga emas dunia sedang naik, harga logam mulia menjadi Rp750 ribu. Untung? Pasti.

Kalau kamu keberatan dengan hal di atas. Ada alternatif lain. Menabung emas lewat marketplace (Tokopedia, Bukalapak), bank syariah, atau Pegadaian. Melalui tabungan emas, kamu bisa beli emas sesuai kemampuan. Kalau mau wujud emas atau logam mulia, kamu harus mengajukan permintaan kepada pihak bank atau Pegadaian untuk mencetaknya. Tetapi permintaan tersebut dikenakan biaya. Lakukan menabung logam mulia atau emas dengan cermat, biar untung berlipat.

Cara Menabung Deposito

Bagi kamu yang ingin mendapatkan untuk namun dengan risiko yang minim. Salah satu cara menabung yang bisa kamu lakukan adalah dengan memulai deposito. Deposito adalah salah satu produk perbankan yan penyetoran dan penarikannya sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Biasanya jangka waktu deposito dimulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan. Dengan memulai deposito, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dibanding produk bank lain.

Cara Menabung Reksa Dana

Ada cara lain dalam menyimpan uang. Menabung reksa dana. Reksa dana adalah wadah yang menghimpun dana dari masyarakat pemodal, terutama mereka yang ingin berinvestasi tetapi tidak memiliki waktu mempelajari risiko atas investasi atau pengetahuan terbatas. Untuk bisa menabung, kamu harus membuka akun reksa dana dulu.

Membuat akun reksa dana itu gampang, kok. Kamu cukup daftar dan isi formulir melalui portal atau aplikasi reksa dana. Setelah itu, pilih portofolio reksa dana sesuai kebutuhan. Setoran awal dan setoran selanjutnya dimulai dari Rp10.000. Terjangkau buat kantongmu, kan? Bahkan reksa dana kasih untung lebih tinggi daripada tabungan konvensional.

Nah, bagi kamu yang ingin memilih untuk menabung reksa dana, kamu bisa mulai membuka rekening reksa dana kamu dengan mudah melalui platform Ajaib. Di mana, dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa mulai menabung sesuai dengan tujuan keuanganmu. Selain itu, kamu juga tidak perlu lagi melakukan analisa mendalam mengenai perusahaan tersebut. Karena kamu hanya perlu mengecek laporan keuangan dan kinerja dari perusahaan manajer investasi, dan dana yang kamu simpan akan dikelola dengan baik oleh manajer investasi pilihanmu.

Selain itu, untuk menabung reksa dana di Ajaib, kamu juga bisa memulainya kapan dan di mana saja secara online. Dan perlu diketahui juga, untuk investasi reksa dana, kamu juga mungkin bisa mendapatkan risiko. Biasanya, ketika kamu memilih investasi dengan return tinggi, maka risiko yang kamu terima juga bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan kamu memilih jenis reksa dana yang sesuai dengan kondisi keuanganmu.

Menabung Saham

Jangan berpikir kalau dunia saham itu susah. Menabung saham sama seperti menabung logam mulia, yaitu menyimpan uang dan investasi. Kamu bisa memulai menabung saham dengan ikut Sekolah Pasar Modal (SPM) yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Cukup pilih kelas tatap muka atau online dan ikuti prosedurnya. Di SPM, kamu akan mendapatkan ilmu dan teknik menabung saham. Jangan malas buat belajar saham, karena untungnya sangat menjanjikan. Kamu bisa menabung dengan cara manapun. Misalnya hanya menabung logam mulia atau membagi uang ke tabungan konvensional dan reksa dana. Tetapi yang penting adalah lakukan dengan cermat supaya kamu dapat untung berlipat.

Itulah kelima cara cermat untuk menabung. Dengan mulai menabung, kamu bisa membuat anggaran keuangan dengan baik dan lebih hati-hati dalam mengeluarkan uang. Sehingga, kamu bisa menghemat lebih banyak uang demi masa depan terbaik untuk kamu maupun keluargamu! Yuk mulai menabung!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait