Tertarik Investasi Emas? Pelajari Dulu Berita Emas Hari Ini!

Turun Drastis, Kapan Harga Emas Bersinar Lagi?

Bagi sebagian orang, emas memang menjadi pilihan investasi yang sangat menggiurkan, terutama berita emas hari ini yang jarang sekali negatif serta harganya yang cenderung lebih stabil dibanding investasi lainnya. Berita emas hari ini pun menjadi topik yang kian dicari banyak orang.

Oleh karena itu, penting untuk terus mengetahui berita emas hari ini jika kamu memang tertarik untuk berinvestasi emas. Yuk, simak apa saja yang perlu dipelajari terkait harga emas.

Harga Emas Per Agustus 2019

Untuk mengetahui berita emas hari ini, perlu melihat pergerakan harga emas bulan Agustus 2019. Di awal pekan terakhir bulan, harga emas sempat melesat tajam. Diketahui harga emas dunia menguat lebih dari 1%, sementara emas Antam sempat menguat bahkan lebih dari 3% di angka 725,000.

Harga emas sempat naik turun secara tidak begitu signifikan di pekan terakhir Agustus namun tetap di angka yang kuat dikarenakan kondisi pasar dunia yang sedang tidak begitu kondusif.

Sempat Turun, Kenapa?

Melonjaknya harga emas dunia dan domestik dipengaruhi oleh faktor perkiraan perang dagang antara Amerika Serikat dan China akhir-akhir ini yang tengah saling mengancam satu sama lain untuk menaikkan bea masuk.

Bea masuk yang direncanakan untuk naik oleh pemerintah Tiongkok antara lain adalah tarif sebesar 5-10% untuk impor yang dilakukan dari Amerika Serikat, 25% untuk mobil buatan Amerika Serikat, serta 5% untuk suku cadangnya. Hal ini terkait ancaman Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menetapkan tarif baru USD300 miliar untuk produk impor dari Cina.

Akan tetapi, ketegangan antara kedua negara sempat mereda dikarenakan keduanya berencana untuk kembali merundingkan kebijakan ini. Rencananya, Amerika Serikat dan Cina akan melakukan dialog dagang di bulan September. Meredanya situasi ini kembali menurunkan harga emas.

Emas Antam VS Emas UBS

Emas di Indonesia pada umumnya berupa emas Antam yang dikeluarkan PT Antam dan UBS oleh PT Untung Bersama Sejahtera. Emas Antam terdiri dari pecahan minted bar 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram. Sedangkan emas UBS berupa pecahan emas batangan 0,5 gram, 1 gram, 2gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Keduanya memiliki kadar emas 99,99% dengan harga emas Antam cenderung lebih mahal dibanding harga emas UBS. Emas Antam dilengkapi dengan sertifikat internasional LBMA, sedangkan emas UBS bersertifikat nasional yang dikeluarkan PT UBS.

Dimana Sebaiknya Membeli Emas?

Anda bisa membeli emas Antam langsung di kantor Antam Pulogadung, Jakarta Timur, ataupun di Pegadaian untuk emas Antam dan UBS. Pembelian di Pegadaian akan lebih mahal dibanding membeli langsung. Namun, ketika kamu membeli langsung, biasanya akan mengantri lebih panjang.

Demikian berita emas hari ini, semoga bermanfaat untuk pertimbangan investasi emas.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait